Tanda Penghargaan Pramuka: Jenis dan Peruntukannya

Update Terakhir: 22 Oktober 2021 oleh Abdul Jalil

Fungsi dan tujuan utama pemberian tanda penghargaan bagi anggota Pramuka adalah untuk meningkatkan motivasi agar selalu berkarya dan belajar. Bentuk penghargaan yang dapat di peroleh anggota Pramuka pun sangatlah beragam. Contoh penghargaan yang dapat di peroleh anggota Pramuka adalah Lencana Pancawarsa hingga Bintang Mahaputera.

Tanda Penghargaan

Semua orang pasti mengetahui apa itu tanda sebuah tanda penghargaan. Bahkan pernah memperolehnya. Seperti halnya medali olahraga dalam ajang pekan olahraga nasional atau internasional. Atau penghargaan dalam bentuk piala atau piagam karena prestasi atau jasa yang sangat berguna bagi masyarakat sekitar.

Lalu Apakah Ada Tanda Penghargaan Dalam Kegiatan Pramuka?

Untuk lebih lengkapnya yuk simak ulasan singkat berikut. Bersumber dari SK Kwarna Gerakan Pramuka No. 175 tahun 2012. Mengenai pentunjuk penyelenggaraan tanda penghargaan.

Pengertian

Tanda penghargaan menjadi sebuah tanda dengan nilai kebanggaan bagi seorang anggota Pramuka. Namun, tidaklah semua anggota mampu memperolehnya dengan Cuma – cuma. Penghargaan hanya akan di serahkan kepada anggota yang mempunyai banyak jasa, kesetian dan lain – lain. Semua bentuk kinerja, pengabdian dan prestasinya sangatlah penting untuk kemajuan dan perkembangan kepramukaan.

Fungsi dan Tujuan Tanda Penghargaan Pramuka

Pada dasarnya sebuah fungsi dan tujuan tanda penghargaan adalah untuk memberikan suntikan semangat dan memotivasi anggota Pramuka. Melalui sebuah penghargaan maka anggota dapat lebih bersemangat lagi dalam menjalankan baktinya dan terus untuk belajar. Manfaatnya pun sangatlah besar baik untuk diri sendiri dan lingkungan masyarakat sekitarnya.

Contoh Lencana Tanda Penghargaan

Organisasi Pramuka menjadi salah satu organisasi pendidikan non akademik yang ada di seluruh dunia. Atau umumnya kita kenal sebagai organisasi kepanduan sedunia (World Organization of the Scout Movement/WOSM). Untuk penghargaan pada tingkat internasional sangatlah beragam, antara lain: Bronze Wolf Award, Chairman’s Award, dan Pingat Semangat Padi.

Untuk penghargaan dari dalam negeri dapat berasal dari Negara dan Pemerintah Republik Indonesia dan badan atau organisasi lain. Contoh penghargaan dari negara dan pemerintahan yang umum kita kenal adalah Bintang Mahaputera, Lencana Karya Satya dan lain – lain. Sedangkan dari badan atau organisasi lain seperti tanda penghargaan donor darah dari PMI dan lain sebagainya. Pemberian lencana penghargaan bagi anggota Pramuka atau tokoh – tokoh sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

contoh lencana pancawarsa tanda penghargaan tujuan dan fungsi pramuka
Lencana Pancawarsa

Pemberian penghargaan pun tidak hanya diperuntukan bagi yang anggota aktif saja. Namun, orang umum pun dapat memperoleh sebuah lencana penghargaan. Orang umum yang berhak itu adalah seseorang yang telah menyumbangkan materi maupun pemikiran. Sumbangannya tersebut sangat penting bagi perkembangan kepramukaan.   

Contoh tanda penghargaan yang peruntukannya bagi orang yang tidak tergabung dalam gerakan Pramuka adalah lencana Satyawira, Darma Bakti dan Melati.

Macam – Macam Tanda Penghargaan

Setiap pemberian lencana tanda penghargaan tidaklah serta merta tanpa adanya pertimbangan bahan pertimbangannya berupa rekam jejak baik prestasi, pengabdian, dan kesetiaan.

Dari berbagai macam pertimbangan maka kita akan menemukan lencana penghargaan dengan berbagai macam nama. Ada yang bernama Bintang Tahunan Pramuka, Lencana Pancawarsa, Lencana Jasa dan lain sebagainya.

Berikut beberapa penjelasan dari berbagai macam nama tanda penghargaan yang ada di Indonesia.

Bintang Tahunan Pramuka

Tanda yang untuk anggota muda Gerakan Pramuka sebagai penghargaan atas kesetiaan kepada organisasi dan keaktifannya. Yaitu keaktifan sebagai anggota Gerakan Pramuka selama satu tahun atau kelipatannya.

Lencana Pancawarsa

Merupakan tanda penghargaan bagi anggota dewasa Gerakan Pramuka. Sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka. Selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

Lencana Karya Bakti

Adalah tanda penghargaan bagi anggota yang dengan keikhlasan, pengorbanan, disiplin, dan keberaniannya. Telah terlibat langsung dan aktif dalam upaya penanggulangan bencana yang merupakan bencana nasional. Sehingga bermanfaat bagi kepramukaan, masyarakat, bangsa, dan negara.

Pada pelaksanaannya pemberian penghargaan menyesuaikan dengan usia seorang anggota yang aktif yaitu anggota muda dan dewasa.

Adapun lencana dan tanda penghargaan bagi anggota muda antara lain sebagai berikut:

  1. Bintang Tahunan untuk Pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega
  2. Lencana Wiratama yang peruntukannya bagi Pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega
  3. Teladan bagi Pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega

Berikut Lencana penghargaan untuk anggota dewasa antara lain sebagai berikut:

  1. Pancawarsa
  2. Karya Bakti
  3. Wiratama
  4. Jasa

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tanda penghargaan bagi seorang anggota Pramuka. Untuk lebih lengkapnya dapat kakak akses pada Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 175 Tahun 2012 Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

About Adha Susanto

Pandega Bala Shark Racana Diponegoro Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →