Kegiatan Menarik Penegak Pandega

kegiatan menarik penegak pandega

Update Terakhir: 7 Maret 2022 oleh Adha Susanto

Perkemahan Bhakti, Musppanitera dan Kursus Mahir Dasar Pramuka adalah tiga contoh kegiatan Penegak dan Pandega yang menarik. Mengapa kegiatan tersebut menarik? Simak uraian singkatnya dengan lengkap ya!

Kegiatan penegak dan pandega yang telah tersebutkan pada pembuka artikel ini hanya tiga dari berbagai macam kegiatan lainnya. Karena masih banyak kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik.

Tetapi ketiga contoh ini menggambarkan terstrukturnya kegiatan kepramukaan Indonesia. Mulai dari cara membina, menyusun perencanaan dan mengaplikasikan pengetahuannya.

Mengapa terstruktur? Untuk lebih jelasnya simak uraian ini dengan runtut ya!

Kegiatan Kursus Mahir Dasar Pramuka Penegak dan Pandega

Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar atau KMD adalah dasar untuk mencari ilmu dalam membina Pramuka. Karena KMD bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dalam membina Pramuka.

Simple Calculator Lite

Selama kursus para peserta harus menempuh 72 jam mata pelajaran. Pada setiap mata pelajaran kursus akan membahas tuntas mengenai teori dan praktis dalam membina.

Setiap mata pelajaran selalu terkemas dengan menarik dan menggunakan pendekatan adragogi, interaktif dan progresif. Dan yang menjadi menarik kegiatan ini boleh di ikuti anggota Pramuka penegak untuk mengenal bagaimana cara membina dengan praktis.

kursus mahir dasar pramuka penegak pandega
Kegiatan Kursus Mahir Dasar – PGSD Unej

Melalui kegiatan kursus para peserta akan menempuh pelajaran dalam membina dengan cara:

  1. Diskusi kelompok
  2. Demonstrasi
  3. Bermain peran
  4. Meta plan
  5. Debat
  6. Simulasi
  7. Rencana tindak lanjut

Kegiatan Musppanitera

Musppanitera adalah kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega yang berbentuk musyawarah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyusun perencanaan pembinaan. Penyusunan perencanaan pembinaan mencakup pada tingkat wilayah Kwartir untuk satu waktu masa bhakti. Kemudian dari hasil musyawarah dapat naik menjadi bahan kegiatan musyawarah tingkat Kwartir.

Baca Juga:

Pelaksanaan Musppanitera Penegak dan Pandega terbilang menarik karena pada kegiatan ini seorang anggota Pramuka dapat menyampaikan gagasannya. Gagasannya tumbuh dari sebuah studi kasus dan pengalaman setiap anggota dalam lapangan saat membina.

Gagasan yang masuk kemudian tersaring ke pembahasan lanjut. Dan menjadi sebuah serangkaian bahan pemecahan masalah yang bertujuan untuk mengembangkan pembinaan Pramuka.

Perkemahan Bhakti

Setelah mendapatkan ilmu dan praktik dalam membina dan merencanakan pembinaan. Maka kegiatan selanjutnya adalah mengaplikasikannya kepada masyarakat luas. Dalam kegiatan Perkemahan Bhakti anggota Pramuka Penegak dan Pandega dapat mengaplikasikan ilmunya dengan menarik, kreatif dan inovatif.

perkemahan bhakti dan musppanitera pramuka
Perkemahan Bhakti dan Musppanitera Pramuka – Kwarran Candisari

Baca Juga:

Selain mengaplikasikan ilmunya. Pada kegiatan menarik ini anggota Pramuka tingkat Penegak dan Pandega dapat memperoleh manfaat lainnya seperti:

  1. Menambah relasi sesama anggota Pramuka
  2. Menjadi bahan rujukan kegiatan pengembangan pembinaan berikutnya
  3. Mengenal kehidupan masyarakat lebih dekat
  4. Dapat menjadi referensi penelitian
  5. Mengembangkan minat dan bakat dan lain sebagainya

Dan tentunya kegiatan ini selalu berisi kegiatan menarik yang dapat menambah keeratan anggota. Serta menciptakan kesan mendalam bersama masyarakat sekitar.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →