Naskah dan SK Pelantikan Dewan Ambalan Pramuka

naskah pelantikan dewan ambalan pramuka

Update Terakhir: 11 Februari 2022 oleh Abdul Jalil

Pelantikan Dewan Ambalan Pramuka tingkat penegak adalah salah satu kegiatan yang begitu berkesan. Karena anggota calon dewan ambalan yang terdaftar dalam naskah SK Pelantikan akan di pertanyakan kesiapannya dalam sesi tanya jawab. Lalu bagaimana kesiapan sebelum pelantikan dewan ambalan itu? Berikut penjelasan dan contoh naskahnya.

Sebagai calon pengurus Ambalan penegak maka harus mempersiapkan segala macam persiapannya. Beberapa yang perlu tersiapkan setiap individunya adalah mental, pengetahuan, dan waktu.

Kesiapan mental berhubungan dengan psikologi setiap individu. Dengan mental yang kuat maka seorang anggota dewan dapat memenuhi tanggungjawabnya dengan nyaman. Serta tanpa sebuah beban. Dengan begitu kinerjanya akan selalu memuaskan. Pelantikan dewan ambalan Pramuka pun bisa menjadi awal persiapannya.

Kaya akan pengetahuan. Dengan pengetahuan maka akan tercipta berbagai macam pemikiran. Pemikiran dari setiap anggota yang terorganisasikan menghasilkan ambalan yang di idamkan. Dengan inovasi – inovasi yang relevan dengan kebutuhan ambalan.

Tersedianya waktu. Anggota yang rela menjadi anggota dewan dalam pelantikan ambalan Pramuka berarti ia memiliki waktu. Mau memanfaatkan waktunya untuk mencari ilmu dan pengalaman baru. Dengan waktu anggota akan berkolaborasi untuk menembus ruang yang tidak menentu.

Baca Juga:

Simple Calculator Lite

Pelantikan Ambalan

Kepengurusan ambalan sebagai organisasi Pramuka umumnya hanya memiliki waktu selama satu periode atau satu tahun. Ketika masa jabatan sebagai dewan sudah akan berakhir maka harus segera melakukan musyawarah ambalan. Dengan musyawarah ambalan para anggota akan menentukan para calon dewan.

pemangku adat dalam pelantikan dewan ambalan
Pengukuhan Dewan Ambalan Pramuka – MAN 1 Sleman

Calon dewan hasil musyawarah akan bertugas melanjutkan kepengurusan selama satu tahun kedepan. Kepengurusan akan berjalan setelah melaksanakan serangkaian prosesi adat pelantikan ambalan Pramuka.

Baca Juga:

Tidak berbeda jauh dengan pelantikan tingkatan penegak, pelantikan ambalan pada intinya akan menanyakan kesanggupan. Kesanggupan calon dewan akan di pertanyakan melalui serangkaian tanya jawab dalam naskah pelantikan yang di pimpin oleh pembina ambalan.

Anggota dewan yang sudah tertulis namanya dalam SK (Surat Keputusan) dan siap untuk resmi mengemban amanah akan menucapkan janji Pramuka. Janji itu ada dalam kode kehormatan Pramuka yakni TRI SATYA yang nilai moralnya begitu tinggi.

Saat sudah resmi menjadi dewan anggota tersebut akan menerima hak dan tugasnya dalam ambalan. Seperti berhak mengenakan tanda jabatan sebagai dewan. Serta menjalankan tugasnya untuk mengelola kegiatan yang terprogram dalam ambalan.

Berikut adalah contoh naskah teks tanya jawab dan SK pelantikan dewan ambalan Pramuka. Dan silahkan edit sesuai kebutuhan.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →