Pertemuan Pramuka Tingkat Siaga – Pandega

pertemuan pramuka

Update Terakhir: 16 November 2021 oleh Abdul Jalil

Gerakan Pramuka adalah kegiatan kependidikan yang memiliki berbagai jenis pertemuan. Adapun beberapa pertemuan Pramuka yang populer adalah Raimuna, Perkemahan Wirakarya, dan Jota Joti. Namun, apakah kegiatan pertemuannya hanya itu saja? Yuk simak untuk lebih lengkapnya.

Pertemuan Pramuka adalah salah satu bentuk kegiatan rutin dalam kepramukaan. Dengan adanya pertemuan anggota memiliki wadah untuk berkumpul dan mengikuti kegiatan dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Kegiatan pertemuan pada umumnya selalu terlaksana secara rutin. Pelaksanaannya berdasarkan pada setiap jenjang tingkat. Misalnya tingkat siaga memiliki kegiatan pertemuan yang berbeda dengan tingkat penggalang, penegak maupun pandega.

Adapun beberapa kegiatan pertemuan Pramuka berdasarkan tingkatan adalah sebagai berikut:

Pertemuan Pramuka Tingkat Siaga

Pramuka siaga yang beranggotakan peserta didik dengan usia 7 – 10 tahun mempunyai waktu yang relatif lebih singkat. Kegiatan berjalan dengan durasi maksimal sehari saja. Seperti halnya kegiatan perkemahan sehari dan pesta siaga.

Baca Juga:

Pesta Siaga Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Pertemuan Tingkat Penggalang

Tingkat penggalang memiliki kegiatan pertemuan yang durasinya lebih panjang dari siaga. Kegiatan pertemuannya pun bertingkat dari gudep hingga nasional.

pertemuan pramuka penggalang jambore raimuna
Pertemuan penggalang – Unsplash

Adapun beberapa kegiatan pertemuan penggalang adalah sebagai berikut:

  • Jambore

Kegiatan yang pertemuan anggota Pramuka penggalang dengan bentuk perkemahan besar. Pertemuannya selalu terselenggara dari tingkat ranting hingga nasional.

  • Lomba tingkat (LT)

Berdasarkan nama kegiatannya lomba tingkat adalah bertemunya regu-regu Pramuka penggalang dari berbagai satuan Pramuka dengan bentuk perlombaan. Kegiatan perlombaan di kemas dalam kegiatan yang kreatif, rekreatif dan edukatif.

Penyelenggaraan kegiatan lomba tingkat terbagi menjadi lima yaitu sebagai berikut:

Pertama. Merupakan LT – I dengan pihak penyelenggaranya dari gugus depan.

Kedua. Merupakan LT – II dengan nama Lomba tingkat regu Pramuka penggalang dua. Penyelenggara LT – II adalah Kortan atas nama Kwarcab.

Ketiga. Merupakan LT – III dengan pihak penyelenggara lomba adalah Kwarcab.

Keempat. Merupakan LT – IV dengan pihak penyelenggara lomba adalah Kwarda.

Kelima. Merupakan LT-V dengan pihak penyelenggara lomba adalah Kwarnas.

  • Gladian Pemimpin Regu (DIANPINRU)

DIANPINRU adalah kegiatan pertemuan Pramuka penggalang untuk membekali pemimpin regu dan wakil pemimpin regu. Pembekalan bagi pemimpin dan wakil regu penggalang berisikan materi – materi kepramukaan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dari DIANPINRU, kemudian dapat teraplikasikan untuk mendampingi teman – temannya ketikan latihan rutin bersama.

Pertemuan Pramuka Tingkat Penegak

Beberapa kegiatan pertemuan tingkat penegak adalah sebagai berikut:

  • Perkemahan Wirakarya

Salah satu kegiatan yang berasal dari gagasan Kak Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tahun 1971 adalah Perkemahan Wirakarya. Gagasan tersebut bermula dari The Trends in Scouting. Artinya Pramuka tidak hanya dididik menjadi warga negara yang baik, tetapi juga menjadi manusia pembangun yang baik.

kegiatan pertemuan pramuka perkemahan wirakarya jota joti
Pramuka Penegak – SMAN 1 Mendo Barat

Kemudian Kak Sri Sultan HB IX memaparkan bahwa gagasan Perkemahan Wirakarya tersebut yaitu melakukan pembangunan di pedesaan untuk membantu masyarakat. Sebagai perwujudan Dasa Dharma Pramuka yaitu menolong sesama hidup.

  • Raimuna

Kata Raimuna terdiri dari “Rai” dan “Muna” yang berasal dari bahasa Ambai, Kepulauan Yapen, Papua. “Rai” adalah sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang di tetapkan bersama. Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.

Maka arti kata “Raimuna” adalah sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan di jiwai oleh sesuatu daya kekuatan. Yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Pelaksanaan Raimuna sebagai kegiatan pertemuan Pramuka terselenggarakan dari tingkat Kwartir Ranting hingga Kwartir Nasional. Tingkat kwartir ranting terkenal dengan sebutan Raimuna Ranting (Rairan).  Pada tingkat cabang populer dengan nama Raimuna Cabang (Raicab). Sedangkan tingkat Kwartir Daerah populer dengan nama Raimuna Daerah (Raida).

  • Jota Joti

Jamboree On The-Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI) adalah kegiatan pertemuan anggota Pramuka seluruh dunia dari daerah geografis yang berbeda-beda.

Kegiatan JOTA pertama kali terlaksana pada tahun 1958 dan JOTI pada tahun 1997. Dalam pelaksanaannya JOTA adalah kegiatan pertemuan yang menggunakan Radio Amatir dan kegiatan JOTI menggunakan Internet. Jadi pertemuannya melalui dunia maya yang hanya mendengar suara atau melihat dari layar monitor.

Pelaksanaan JOTA-JOTI rutin setiap tahunnya pada minggu ketiga bulan Oktober. Kegiatannya berlangsung pada hari Jumat tengah malam sampai hari Minggu tengah malam atau selama 48 jam.

Pertemuan Tingkat Pandega

Kegiatan pertemuan tingkat pandega pada umumnya sama dengan penegak. Seperti halnya kegiatan Raimuna, Perkemahan Wirakarya, dan Jota Joti.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →