Kwarcab Kota Bogor dan Diskominfo Kota Bogor Mengembangkan Aplikasi Pramuka

Update Terakhir: 13 Juni 2022 oleh Abdul Jalil

KOTABOGOR – Sesuai arahan Ketua Kwartir Cabang Kota Bogor, bahwa salah satu Identitas Kota Bogor adalah smart city, Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bogor bersama Kwarcab Kota Bogor mendukung Pemerintah Kota Bogor untuk menciptakan dan meningkatkan inovasi layanan Anggota, Administrasi Gugus Depan dan Pengembangan Website.

Dalam mewujudkan hal tersebut Komisi Hubungan Masyarakat dan Media Informasi menggelar Rapat koordinasi dengan pengurus Kwarcab serta Dinas Komunikasi Informasi Kota Bogor di Gedung Diskominfo Kota Bogor, Kamis 9 Juni 2022.

Hadir dalam kegiatan ini Sekertaris Hubungan Masyarakat dan Media Informasi Kak Abdul Manan Tampubolon, S.Sos menyapaikan bahwa Smart city kuncinya bukan pada teknologi, tetapi bagaimana inovasi, Termasuk didalamnya inovasi memanfaatkan teknologi itu menjadi suatu pertimbangan selanjutnya khususnya di Gerakan Pramuka Kota Bogor.

Dalam kegiatan ini ada 3 point yang menjadi fokus yaitu registrasi anggota, administrasi Gugus Depan dan Pengembangan Website.

Memandu Rakor ini Andalan Cabang Urusan Kajian Pengembangan Tekhnologi Informasi dan Kehumasan, Kak Achmad Sandy Bukhori, S.Kom menuturkan Pramuka sebagai generasi penerus bangsa yang saat ini dituntut untuk menguasai tentang teknologi dunia informasi dan komunikasi.

“Selain penguasaan teknologi, Pramuka juga harus melakukan pengabdian di masyarakat. Dalam melakukan pengabdiannya, seorang Pramuka memiliki 5 peran yang harus dimainkan seperti, Pramuka menjadi Agent of Change, Guardian of Value, Iron Stock, Moral Force, dan Sosial Control,” ungkapnya.

Simple Calculator Lite

Pada awal aktivitas Kwarcab dan Diskominfo akan mengembangkan Sistem Registrasi Anggota Pramuka, hal ini dilatar belakangi pengiriman data potensi serta registrasi anggota pramuka masih konvensional dan di akhir tahun 2021 sudah mulai dikembangkan sistem regisrasi online yang memudahkan Anggota maupun Gugus Depan dalam mengelola administrasi potensi anggotanya.

Hadir dalam kegiatan ini juga Kak Andri Gosepta, Kak Aris dan Kak Irwan dari Komisi Orgakum, Kak Idam dan kak Riski dari Diskominfo Kota Bogor yang sama sama sharing kebutuhan awal dalam membangun serta mengintegrasikan sistem aplikasi yang sudah ada.

Inti dari pertemuan ini adalah pembangunan sistem haruslah mudah dan berdaya manfaat untuk semua pihak baik dalam Gerakan Pramuka maupun seluruh lapisan masyarakat.

Sumber Asli: Pramuka Jabar

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →