4 Permainan Mencari Jejak: Tujuan dan Fungsi

contoh kegiatan permainan mencari jejak

Update Terakhir: 2 September 2022 oleh Adha Susanto

Permainan mencari jejak adalah contoh kegiatan yang memiliki tujuan untuk bisa mengenal, membuat, dan mengetahui fungsi dari tanda jejak. Lalu tanda jejak seperti apa saja yang bisa dibuat dan tersimulasikan dalam bentuk permainan? Simak jawabannya hanya pada artikel ini ya kak.

Pada umumnya permainan adalah kegiatan yang sangat menarik dan menantang. Serta memiliki tujuan untuk mendidik anggota Pramuka agar kompak dan kritis dalam menentukan tindakan.

Seperti dalam kegiatan mencari tanda jejak di alam bebas. Pada permainan ini anggota harus mengenal tanda alam dan arah mata angin dengan tepat sebagai bekal sebelum terjun mengembara.

Oleh karena itu, dalam kegiatan mencari tanda jejak yang tersimulasikan dalam bentuk games seru memiliki beberapa tujuan seperti:

  1. Melatih kepekaan indera penglihatan dan pendengaran
  2. Mengenal dan mampu memanfaatkan alam sebagai tanda
  3. Meningkatkan jiwa kreativitas
  4. Melatih jiwa kepemimpinan
  5. Peka terhadap suara – suara sekitar

Walau permainan ini tidak sepenuhnya seperti mencari jejak pada alam bebas. Namun, dengan mengenal beberapa tanda jejak yang bisa dibuat secara sederhana dan memiliki fungsi penting akan sangat bermanfaat.

Lalu apa saja tanda jejak yang bisa dibuat sebenarnya pada alam bebas? Adapun beberapa tanda jejak yang memiliki fungsi untuk menemukan posisi dan penunjuk jalan bisa berupa:

Simple Calculator Lite
  1. Membuat asap
  2. Pohon atau ranting yang sengaja di potong
  3. Batu atau kayu yang dibuat dengan formasi khusus sebagai tanda jejak

Contoh permainan simulasi mencari tanda jejak

Ada beragam games untuk mengsimulasikan mencari tanda jejak pada alam bebas dengan fungsi dan tujuan yang sama penting.

Namun, kami mencoba menuliskan empat contoh permainan yang simpel dan tidak harus membutuhkan lingkungan luas.

tujuan kegiatan permainan tanda jejak yang bisa dibuat dengan sederhana
Anak – anak sedang bermain – Unsplash

Mendaki gunung

Saat pagi hari, tiga anggota Pramuka mendapatkan tugas menjadi kelinci dan bersembunyi pada balik gunung. Setelah sarapan, sekumpulan anjing bersiap untuk menemukan kelinci sebelum waktu yang telah tersepakati berakhir.

Jika anjing menemukan mereka, sekalipun dengan teropong. Maka anjing tergolong berhasil tapi dengan syarat mereka dapat menyebutkan dengan tepat posisi kelinci.

Untuk menciptakan simulasi mencari jejak dalam bentuk permainan mejadi lebih menantang. Membuat batas – batas wilayah yang tidak boleh terlewati sangat penting. Siapa pun yang melanggar dari batas, akan dikeluarkan, diikat, dan terdiskualifikasi.

Patroli malam

Salah satu agenda kegiatan malam perkemahan yang menarik untuk dilakukan adalah permainan patroli malam. Permainan ini sangat berfungsi untuk melatih indera penglihatan dan pendengaran anggota Pramuka.

Dalam permainan ini anggota Pramuka berperan sebagai penjaga yang berdiri atau berkeliling. Sedangkan anggota lainnya berusaha untuk menguntitnya.

Jika penjaga itu mendengar suatu bunyi, ia akan memanggil atau bersiul. Anggota Pramuka yang menguntit harus berhenti dan tiarap saat itu pula.

Kemudian dalam contoh permainan mencari jejak ini, Pembina menghampiri penjaga. Lalu menanyakan arah bunyi yang ia dengar.

Jika ia benar, penjaga itu menang. Namun, jika penguntit dapat mendekat hingga jarak 13 meter dari penjaga tanpa ketahuan. Ia harus mengambil sesuatu dari tempat itu. Misalnya sapu tangan, kemudian menjauh lagi.

Selanjutnya, ia mengeluarkan suara untuk membuat sang penjaga membunyikan alarm. Ketika pembina datang, ia akan menjelaskan yang ia lakukan.

Menentukan arah utara

Ketika mencari dan membuat tanda jejak, maka anggota Pramuka harus mengenal arah mata angin. Oleh karena itu, permainan menentukan arah utara atau selatan pun sangat berfungsi untuk melatih anggota dalam mencari jejak.

Permainan ini pun tidak membutuhkan ruangan yang luas. Bahkan bisa menjadi salah satu permainan dalam kelas yang mengasikkan.

Agar permainan lebih mengasikkan dan menantang. Setiap anggota Pramuka matanya harus dalam keadaan tertutup. Kemudian pelatih atau Pembina menempatkan Pramuka menghadap ke lokasi tertentu sebagai penunjuk arah.

Setelah itu anggota Pramuka maju kedepan sekitar satu meter lalu meletakkan tongkatnya ke arah yang yang telah ditentukan. Kemudian mundur sebanyak tiga langkah.

Pemenang dari permainan sebagai latihan simulasi mencari jejak ini berdasarkan kedekatan hingga ketepatan meletakkan tongkat. Sesuai dengan arah yang telah terperintahkan.

Menentukan arah kompas

Contoh kegiatan games lainnya yang seru dengan tujuan melatih kemampuan anggota mencari jejak adalah menentukan arah kompas.

Pada permainan ini setiap anggota membawa tongkat untuk disusun seperti bintang pada lantai atau tanah. Semua tongkat mengarah ke bagian pusat. Sedangkan salah satu tongkat mengarah ke utara. Tiap anggota mengambil posisi pada ujung setiap tongkat dan mewakili satu dari delapan titik kompas.

Sebagai salah satu simulasi untuk mencari jejak dalam bentuk permainan. Pembina sebagai orang tua anggota peserta didik Pramuka bertugas menyerukan arah.

Dalam permainan ini Pembina menyerukan dua arah mata angin secara acak atau sembarang. Kemudian dua anggota Pramuka yang berdiri pada titik itu harus segera bertukar tempat.

Peraturan dalam perpindahan tempat ini tidak boleh menyebrangi tongkat. Tetapi harus berjalan dari luar lingkaran pemain. Anggota yang meninggalkan posisinya padahal titik yang terwakilinya tidak tersebutkan.

Ketika salah berpindah tempat, atau ragu – ragu, maka akan kehilangan poin. Jika kehilangan sebanyak tiga poin, maka ia harus keluar dari simulasi mencari jejak dalam bentuk permainan ini.

Seiring berjalannya permainan, akan muncul ruang kosong. Hal itu akan membuat tingkat kesulitan tersendiri. Nah, untuk membuat permainan semakin sulit dan menantang, gunakanlah enam belas titik.

Dan permainan ini pun bisa teraplikasikan dalam indoor atau outdoor yang tidak terlalu luas. Namun, cukup untuk menampung pemain dalam jumlah cukup banyak.

Baca Juga:

Kesimpulan permainan mencari jejak

Tanda jejak yang bisa kita buat dalam permainan mencari jejak ini adalah arah angin. Menentukan arah angin yang tepat baik tanpa alat atau menggunakan alat seperti kompas akan sangat membantu untuk mencari jejak.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →