4 Cabang Lomba Pesta Siaga Seru dan Lucu

lomba pesta siaga

Update Terakhir: 30 Januari 2022 oleh Adha Susanto

Kegiatan lomba untuk tingkat SD atau Pramuka siaga berfungsi untuk melatih ketangkasan, dan emosional. Salah satu wadah untuk melatih ketangkasan dan emosional peserta didik ada dalam kegiataan perlombaan pesta siaga. Lalu apa saja game atau cabang lomba Pramuka pesta siaga paling seru dan lucu untuk melatih ketangkasan dan emosional?

Pada artikel kami akan merekemondasikan beberapa lomba untuk anak SD tingkat siaga yang paling seru. Selain seru kegiatan lomba juga sangat menggemaskan bagi Anda yang bertugas mendampinginya. Bahkan sangat ingin untuk menjadi pemain dalam lomba tersebut.

Kegiatan lomba pesta siaga

Pertemuan tingkat siaga pada umumnya berbentuk kegiatan lomba atau game Pramuka yang seru dan lucu. Penyelenggaraan kegiatan pesta siaga umumnya setiap satu tahun sekali pada tingkat Kwartir Ranting atau Cabang.

Selain berisikan dengan kegiatan yang seru. Pesta siaga juga berfungsi untuk mencapai Syarat Kecakapan Umum atau pun Kecakapan Khusus anggota. Serta untuk melatih agar anggota mau berinteraksi dalam menjalin hubungan sosial dengan memperluas pertemanannya.

Nah berikut ini kita akan merekomendasikan beberapa kegiatan cabang lomba Pramuka yang ada dalam pertemuan pesta siaga. Apabila Anda ada rekomendasi lainnya saat penyelenggaraan kegiatan maka tidak salah pula untuk mencobanya. Dengan catatan kegiatan lomba sesuai dengan tujuan dan metode dalam kepramukaan.

Simple Calculator Lite

Baca Juga:

Cabang lomba pesta siaga

Pada umumnya setiap cabang lomba bersifat individu dan kelompok. Lomba dengan sifat individu akan mengukur tingkat pengetahuan dan ketangkasan anggota. Sedangkan yang sifatnya kelompok membutuhkan kerjasama tim untuk melatih kecerdasan emosional anggota.

cabang lomba pramuka pesta siaga
Cabang lomba Pramuka / unsplash

Dengan dua sifat tersebut. Maka beberapa rekomendasi cabang lomba atau game Pramuka yang seru dan lucu terdiri dari: 

Memasukkan bola dalam ring

Apa yang akan Anda rasakan saat melihat peserta didik sangat kesulitan memasukkan bola ke dalam ring basket? Padahal hanya bola plastik dengan ring yang tidak terlalu tinggi. Apakah gemas, grigitan, sebel, atau campur aduk? Yah kemungkinan itu semua pernah Anda rasakan. Pastinya game atau lomba Pramuka ini sangat seru dan lucu pada pesta siaga.

Lomba memasukkan bola dalam ring ini memang salah satu cabang yang seru. Dalam permainan ini anggota yang terdiri dari 10 anggota akan melemparkan bola untuk masuk ring. Saat hendak memasukkan bolanya anggota siaga tidak boleh melewati garis batas untuk melempar.

Dalam lomba ini yang akan menjadi pemenang adalah tim siaga yang berhasil memasukkan bola terbanyak dalam waktu tertentu. 

Peta buta

Cabang lomba peta buta ini dapat kita memiliki dua sifat sekaligus. Semua tinggal ketetapan peraturan permainan yang tersepakati. Apakah permainan harus berkelompok atau individu dengan tingkat kerumitan yang terukur.

Wilayah administrasi Kwartir Ranting, Cabang, dan Daerah adalah cakupan dalam peta buta. Tujuannya agar anggota mengenal wilayah administrasinya.

Agar memberikan kesan tertantang maka lomba peta buta terdapat batasan waktu untuk menyelesaikannya. Jadi tim siaga yang menang adalah mereka yang berhasil menyusun peta buta dengan waktu cepat dan benar.

game lomba pramuka seru lucu untuk sd
Lomba pramuka peta buta / ramukaminsungaisipai

Bola gembira

Game yang seru dan lucu selanjutnya pada kegiatan Pramuka siaga adalah bola gembira. Pada game ini anggota akan melatih ketangkasannya untuk memindahkan bola dari satu cup ke cup lainnya.

Pada game ini sifatnya berkelompok. Jika terdapat sepuluh anggota dalam satu tim maka cup yang harus tersedia sebanyak sepuluh cup pula.

Peraturan dalam cabang lomba pesta siaga ini adalah tim harus mampu memindahkan bola hingga waktu tertentu.

Setiap cup harus terisi air untuk dapat memindahkan bola. Maka setiap anggota harus bisa mengisi cup dengan air dan memindahkan bola dengan cepat. Dan pemenangnya adalah tim yang berhasil mengeluarkan bola dari cup yang terakhir.

Estafet bola

Lomba pesta siaga terakhir yang kami rekomendasikan dan tak kalah seru adalah estafet bola. Bahkan lomba ini tidak hanya untuk anak SD, tapi juga cocok untuk orang dewasa.

Permainan ini akan memindahkan bola dan mengumpulkannya dalam satu tempat dengan waktu terbatas. Dan bola hanya dapat berpindah menggunakan piring yang berada pada atas kepala setiap anggota.

Peraturan permainan pada cabang lomba estafet bola adalah sebagai berikut:

  1. Peserta tidak boleh memindahkan bola dengan tangannya
  2. Apabila bola jatuh saat perjalanan maka akan terdiskualifkasi
  3. Piring harus senantiasa berada pada atas kepala

Pemenang cabang lomba estafet bola pada kegiatan pesta siaga adalah tim yang berhasil mengumpulkan bola terbanyak.

Itulah tadi empat lomba Pramuka seru dan lucu yang dapat kami rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →