4 Game Seru dan Lucu di Perkemahan Pramuka

game_pramuka_seru

Update Terakhir: 30 Januari 2022 oleh Adha Susanto

Berkemah dan bermain game seru adalah kegiatan favorit bagi setiap anggota Pramuka. Tapi apa sajakah game seru dan lucu yang bisa kelompok dan individu saat kegiatan perkemahan? Apakah permainan jika maka saat kegiatan api unggun atau penampilan seni? Mungkin itulah yang membuat Anda sebagai pembina untuk mencari tahu.

Kali ini Anda berada pada artikel yang tepat. Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi kegiatan game yang seru dan lucu saat berkemah. Yang dapat di mainkan secara kelompok atau individu.

Selain itu game seru yang kami rekomendasikan dapat Anda aplikasikan kepada anggota penggalang, penegak dan pandega.

Sebelum terlalu jauh ke peraturan permainan atau game ada baiknya Anda mengenal definisi berkemah.

Pengertian Berkemah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemah (kata benda) adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda. Sedangkan lokasi berkemah umumnya berada pada lapangan terbuka dengan pemandangan bagus dan terdapat fasilitas umum seperti toilet.

Simple Calculator Lite

Ketika sudah mendapatkan lokasi perkemahan yang ideal. Selanjutnya siapkan beberapa rencana kegiatan nantinya. Seperti merencanakan game yang menantang, seru, dan lucu bersama peserta didik Pramuka. 

Baca Juga:

Game Seru Saat Perkemahan Pramuka

Berikut beberapa rekomendasi game yang cocok saat kegiatan berkemah yang sifatnya kelompok dan individu. Untuk jumlah anggota kelompok dengan jenis permainan dapat Anda sesuaikan dengan keadaan lapangan dan perlengkapannya.

game pramuka seru
Game SeruRacana Diponegoro

Puzzle Piring

Sama halnya dengan game yang ada pada gadget Anda. Namun, game ini tidak di gerakkan dengan jari – jari Anda sendiri sambil tiduran. Melainkan harus menggunakan kekuatan fisik dan strategi tim yang kompak.

Sifat dari game lucu ini adalah kelompok. Serta sangat cocok untuk kegiatan outbond pada pagi atau sore hari. Game seru ini dapat di mainkan oleh beberapa anggota Pramuka dengan jumlah ganjil atau genap. Semuanya tergantung pada perlengkapan yang ada.

Perelengkapan arena permainan

  • Piring

Piring yang menjadi perlengkapan utama harus Anda siapkan dengan jumlah anggota yang akan bermain. Kelompok atau tim dalam sekali bertanding sebanyak dua tim. Maka siapkanlah dua jenis warna piring.

  • Tali rafia

Fungsi utama tali rafia adalah untuk membentuk arena permainan. Arena permainan puzzle berbentuk kotak – kotak yang menyesuaikan jumlah anggota kelompok.

Misalnya dalam dua kelompok terdiri dari tiga orang anggota. Maka kotak yang harus kita siapkan sebanyak sembilan kotak.

Jadi untuk membuat arena game seru ini banyaknya jumlah anggota Pramuka yang bermain di kali tiga.

Peraturan permainan

Pertama. Piring tidak boleh langsung di susun dalam satu kolom kotak. Artinya kelompok akan saling menutup kotak dalam satu kolomnya.

Kedua. Tim tidak boleh menendang atau menyingkirkan piring lawannya.

Ketiga. Perpindahan anggota yang satu dengan yang lainnya harus menyentuh tangan rekan setimnya dahulu.

Keempat. Posisi kaki anggota tim yang akan menyusun piring selanjutnya tidak boleh keluar garis start.

Untuk lebih lengkapnya dapat Anda simak vidio pada menit ke lima.

Pemenang dari game seru ini adalah kelompok Pramuka yang berhasil menyusun piring dalam satu warna pada satu kolom.

Baca juga:

Game Seru Piramida Gelas

Game seru lainnya yang cocok saat kegiatan berkemah adalah piramida gelas. Pada game ini akan melatih ketangkasan untuk menyusun gelas yang terhampar hingga ke bentuk piramida.

game kelompok pramuka
Game Kelompok Piramida Gelas – Racana Diponegoro

Untuk menyusun hingga menjadi bentuk piramida hanya satu anggota. Anggota lainnya memegang anggota yang menyusun agar tidak terjatuh menggunakan kain sarung.

Perlengkapan game piramida gelas terdiri dari:

  • Gelas sembilan buah
  • Sarung

Peraturan permainan

Dua aturan permainan piramida gelas terdiri dari:

  1. Tangan penyusun tidak boleh menyentuh tanah dan
  2. Kaki penyusun dan penahan tidak boleh melewati garis batas

Pemenang dari game seru piramida gelas adalah kelompok tercepat yang berhasil menyusun piramida dalam waktu yang telah di tentukan.

game berkemah dan permainan jika maka
Layout Game Berkemah

Permainan Jika Maka

Salah satu tujuan permainan jika maka adalah untuk melatih kecerdasan nalar anggota Pramuka. Permainan atau game seru ini kami rekomendasikan saat kegiatan api unggun perkemahan. Sebab dalam ‘Permainan Jika Maka’ ini memanfaatkan api unggun sebagai perlengkapannya.

Selain perlengkapan fisik ‘Permainan Jika Maka ini membutuhkan kreativitas nalar yang tinggi. Game seru bagi anggota Pramuka ini berbentuk soal cerita yang telah di siapkan oleh pembina.

Kapten tim akan membacakan soal cerita yang telah telah berisikan nama dari anggota timnya. Sebagai catatan kapten tim membacakan naskah dan sekaligus ikut dalam permainan.

Pembacaan naskah cerita permainan ini sangatlah terbatas. Misalnya selama tiga menit maka posisi kapten dan anggotanya harus berada sesuai arahan dari naskah.

Contoh naskah ‘Permainan Jika Maka’

Malam ini kami dari sangga A yang beranggotakan Ani, Ana, Anu, Aru, Alu, dan Aku akan berdiri melingkari api unggun. Serta saling berhadapan secara berpasangan. Jika Ana berdiri di utara menghadap api unggun, maka Alu berada di sebelah kanan Ana. Pada saat Alu berhadapan dengan api unggun, maka di balik api unggun itu pula Anu berada. Aru berdiri di barat laut, maka Aku akan…………

Sedangkan pemenang dari game seru ini adalah adalah kelompok atau tim Pramuka yang tercepat menyelesaikannya dengan benar. 

Peraturan ‘Permainan Jika Maka’

  1. Kapten dan anggotanya berada pada tempat yang berbeda
  2. Naskah langsung saja di bacakan oleh kapten

Cepat Tangkap Botol

Saat malam hari yang cerah dengan terangnya sinar api menjadi suasana yang cocok menguji ketangkasan dan konsentrasi. Maka satu game seru yang kami rekomendasikan saat perkemahan Pramuka adalah ‘Cepat Tangkap Botol’.

Now I’ve Seen Everything Channel

Peraturan permainan

Game ‘Cepat Tangkap Botol‘ adalah game yang bersifat individu. Artinya setiap kelompok Pramuka hanya mengirimkan satu delegasi untuk bermain.

Saat satu permainan berlangsung maksimal hanya dari tiga tim saja, jika merebutkan satu botol. Namun, jika sebanyak lima tim maka jumlah botol yang harus di perebutkan sebanyak lima buah. Begitu pula seterusnya, bisa Anda atur sesuai keinginan.

Pemimpin dalam game seru ‘Cepat Tangkap Botol’ dapat dari pembina atau salah satu perwakilan anggota kelompok Pramuka. Sebagai pemimpin game maka akan bertugas menyanyikan lagu dengan lirik kepala, pundak, lutut kaki, yang tak lama kemudian menyebut botol.

Sedangkan untuk pemain harus menyentuh bagian tubuh menggunakan tangannya sesuai nyanyian dari pemimpin. Ketika terjadi kecurangan dari salah satu pemain, maka pemimpin permainan dapat langsung mendiskualifikasinya.

Tim yang menang adalah tim yang berhasil mengambil botol lebih cepat sesuai intruksi. Sedangkan yang kalah akan gugur atau dapat pula mendapatkan sanksi seperti menampilkan yel – yel kelompoknya.

Kesimpulan Game Seru Pramuka

Begitu beragamnya game seru saat perkemahan, maka Anda sebagai pembina harus mempertimbangkan beberapa tujuannya. Serta selalu menerapkan metode kegiatan Pramuka untuk meningkatkan kecerdasan dan keterampilan peserta didik.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →