Jiwa Ksatria Adalah Prinsip Seorang Anggota Pramuka

prinsip ksatria pramuka yang sopan

Update Terakhir: 4 Juni 2022 oleh Adha Susanto

Sopan, setia, dan baik hati adalah beberapa perilaku dan prinsip dari seorang anggota Pramuka yang memiliki jiwa ksatria. Lalu apa saja sifat ksatria lainnya yang harus ada pada anggota Pramuka? Berikut beberapa prinsip dan sifat anggota Pramuka menurut Baden Powell.

Pada zaman dahulu kesatria adalah seorang pemimpin regu, sedangkan prajurit bersenjata merupakan seorang Pramuka.

Tetapi untuk sekarang ini kita telah menjadi pemimpin regu dan seorang Pramuka. Karena itu, kita pun sudah sangat mirip dengan ksatria dan prajuritnya.

Dan seyogyanya kita sebagai Pramuka untuk menerapkan jiwa ksatria dalam kehidupan sehari – hari untuk diri sendiri dan orang lain.

Jiwa kesatria Pramuka

Be Prepared untuk selalu menjaga kehormatan dan melakukan yang terbaik dalam menolong sesama hidup adalah Moto Kesatria (Pramuka).

Simple Calculator Lite

Sedangkan pedoman seorang ksatria sejak zaman dahulu adalah sebagai berikut:

  1. Selalu siap, perisai selalu ada pada tangan, kecuali jika beristirahat pada malam hari
  2. Dalam usaha apa pun, pertahankan kehormatan dan junjunglah kejujuran
  3. Membela kaum yang miskin dan lemah
  4. Jangan menyakiti atau mengganggu orang lain
  5. Jangan melanggar janji
  6. Bekerjalah demi kehormatan, bukan keuntungan
  7. Lebih baik mati mulia daripada hidup terhina
  8. Jagalah kehormatan negara dengan nyawa

Itulah beberapa pedoman utama yang merupakan titik tolak kesatria zaman dulu. Dan kemudian menjadi awal mula Dharma Pramuka yang sekarang untuk menciptakan anggota ksatria yang baru.

jiwa ksatria anggota pramuka
Jiwa ksatria anggota Pramuka – Freepik

Dan berikut adalah beberapa sifat ksatria yang harus ada dalam jiwa seorang anggota Pramuka menurut kepanduan Baden Powell.

Baca Juga:

Tidak egois dan tidak emosional

Terlahir sebagai mahluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Maka menanamkan sikap yang tidak egois dan tidak emosional menjadi prinsip seorang Pramuka yang bermanfaat bagi orang lain.

Selalu berbuat baik pada orang lain dan berjiwa penyabar dalam menghadapi situasi yang memancing amarah merupakan kewajiban kita.

Salah satu contohnya adalah bersabar untuk menghadapi berbagai perilaku orang yang menjengkelkan.

Jiwa ksatria Pramuka yang selalu sopan

Sopan santun menjadi salah satu prinsip yang sangat penting bagi seorang ksatria pada kehidupan bersosialisasi sehari – hari. Karena seorang yang bersikap santunlah yang dapat dihargai dan disenangi keberadaanya sebagai makhluk sosial dimanapun ia berada. 

Rela berkorban

Bersedia dengan ikhlas dan senang hati untuk membantu sesama teman merupakan bagian dari jiwa Pramuka yang ksatria.

Pengorbanan yang ikhlas dari seorang ksatria merupakan pengorbanan yang tidak mengharapkan imbalan. Walau rela berbagi sebagian yang ia miliki walau menimbulkan pendertiaan baginya.

Baik hati dan rendah hati

Rendah hati dan berbaik hati merupakan nilai kebaikan yang harus terpupuk dalam jiwa ksatria seorang anggota Pramuka.

Serta sanganlah mengira bahwa kita memiliki hak dalam dunia ini, kecuali apa yang kita peroleh sendiri. Kita pun berhak untuk dipercayai jika yang kita lakukan itu benar. Dan demikian pula sebaliknya.

Karena ada banyak orang yang sesumbar tentang hak mereka, padahal mereka tidak pernah melakukan apa pun untuk memperoleh hak itu. Maka tunaikanlah kewajiban kita terlebih dahulu, baru kemudian kita akan memperoleh hak.

Seperti berbuat baik hatilah kepada siapa pun yang membutuhkan pertolongan kita. Walau itu cuman membantu nenek untuk menyebrangi jalan yang ramai. Sebab seorang Pramuka yang memiliki jiwa ksatria akan melakukan kebaikan sepanjang hidupnya tanpa membeda – bedakan.

Jujur

Menjadi bagian dari kehormatan kejujuran akan selalu tertegakkan oleh seorang ksatria. Karena kehormatan merupakan hal yang suci baginya.

Selain itu menjunjung tinggi nilai kejujuran merupakan kehormatan di atas segalanya. Seorang yang jujur akan mendapatkan tempat yang baik dan di percayai dimanapun ia berada.

Tetapi orang yang tidak jujur atau berbuat curang akan mendapatkan tempat yang sempit karena tidak ada yang mempercayainya.

Jiwa ksatria seorang Pramuka selalu bersikap adil

Memiliki sikap yang adil merupakan prinsip yang ada dalam jiwa anggota Pramuka. Adil bukan berarti membagi rata sesuai jumlahnya. Namun, membagi sesuai dengan kebutuhannya atau sesuai dengan bagiannya.

Seorang anggota Pramuka yang berjiwa kesatria merupakan orang yang mampu menegakkan keadilan dalam lingkungan masyarakat. Mampu menjadi pemimpin yang adil dan memberikan manfaat lebih untuk masyarakat sekitar.

Setia

Selalu mengabdi penuh kepada raja dan negara, serta siap dan rela mati dalam membela keduanya merupakan prinsip seorang ksatria dari zaman dahulu.

Sikap rela mati untuk membela negara merupakan salah satu contoh sikap patriotisme yang sering di tanamkan dalam diri anggota Pramuka.

Ksatria yang disiplin dan patuh

Sifat seorang anggota Pramuka yang lainnya yakni memiliki kepribadian yang disiplin dan patuh. Selalu patuh dan disiplin untuk menjalankan tugas dan arahan dari pemimpin merupakan ciri dari seorang Pramuka yang ksatria.

Bersikap disiplin dan patuh bukan berarti untuk mengekang seseorang untuk taat pada atasan sepenuhnya. Melainkan suatu bentuk simbol keberartian untuk mempermudah jalan dan meyakinkan diri bahwa yang dilakukan itu benar.

prinsip anggota pramuka yang ksatria sopan adalah
Prinsip anggota Pramuka – Freepik

Berani dan kuat

Tidak banyak orang yang terlahir sebagai pemberani dan ketahanan yang bagus. Namun, siapa pun itu sebenarnya dapat menjadi pemberani dan kuat. Terutama jika ia memulainya sejak kecil serta selalu melatihnya.

Ciri seorang pemberani dan kuat adalah mereka yang dapat langsung menembus bahaya tanpa ada keraguan. Sementara sebaliknya terjadi pada seorang pecundang yang akan mundur teratur dari medan perangnya.

Jiwa ksatria Pramuka yang berani dan kuat adalah mereka yang tak akan pernah mengatakan “mati” hingga kematian benar – benar terjadi.

Namun, yang terjadi banyak orang yang menyerah atau ketakutan jauh sebelum waktunya. Banyak yang berhenti bekerja keras karena merasa kesuksesan tak kunjung datang. Tapi jika kita mau bekerja keras dan bersabar menunggu waktunya kesuksesan pun akan teraih.

Sebab orang harus bersakit – sakit dahulu, baru kemudian bersenang – senang.

Baca Juga:

Demikianlah beberapa nasihat Baden Powell mengenai sifat dan prinsip seorang ksatria yang sopan untuk kita tanamkan dalam kehidupan.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →