6+ Kebiasaan Hidup Sehat Pramuka Baden Powell

kebiasaan hidup sehat pramuka

Update Terakhir: 12 Juni 2022 oleh Adha Susanto

Mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu contoh kebiasaan baik untuk hidup sehat. Hal itu sering teraplikasikan oleh seorang Pramuka pelopor hidup sehat dalam menerapkan materi kesehatan dalam kehidupannya.

Dalam buku Scouting for Boys terjemahan Rene Book Baden Powell menyampaikan betapa pentingnya menjaga kebiasaan baik yang menyehatkan.

Menurutnya seorang Pramuka harus mampu menguasai pengetahuan tentang menjaga kesehatan, menangani kecelakaan, dan cedera yang mungkin menimpa. Karena tidak ada dokter yang akan membantu ketika kita berkegiatan dalam hutan.

Lalu bagaimana Baden Powell mengajarkan materi hidup sehat untuk anggota Pramuka hingga sekarang?

Menjaga diri agar tetap sehat dapat kita lakukan dengan menghirup udara segar dan berolahraga. Menurutnya hal itu lebih baik daripada kita harus membayar tagihan kesehatan ke dokter.

Menurut Baden Powell seorang Pramuka yang tidak mengetahui cara menjaga dirinya dengan baik tidak akan mencapai prestasi apa pun. Untuk itu ia akan lebih baik jika tinggal di rumah saja.

Simple Calculator Lite

Baca Juga:

Contoh kebiasaan hidup sehat

Beberapa cara hidup sehat untuk anggota Pramuka yang tertulis dalam buku Scouting for Boys merupakan materi yang sangat penting. Berikut enam uraian kebiasaan sehat menurut Baden Powell yang dapat kita aplikasikan.

Menjaga kebersihan

Menerapkan perilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan tubuh merupakan kebiasaan sederhana namun sangat penting.

Menjaga tubuh agar tetap bersih memberikan manfaat lebih bagi kita dan orang lain. Orang lain akan merasa nyaman ketika bertemu kita karena tidak ada bau yang mengganggu indra penciumannya.

Kebiasaan menjaga kebersihan tubuh kita lakukan dari luar hingga dalam. Dengan menjaga kebersihan luar dan dalam kita akan memiliki tubuh dan pemikiran yang sehat dan kuat.

Tubuh bagian luar yang harus senantiasa kita jaga kebersihannya adalah kulit dan pakaian kita. Menjaga kulit dan pakaian tetap bersih memberikan dua manfaat penting untuk kesehatan bagian luar dan dalam tubuh. Karena bagian luar tubuh yang selalu bersih juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh kita.

Cara menjaga kebersihan luar tubuh pun sangatlah mudah. Kita hanya perlu mandi sebanyak dua kali setiap hari yakni pagi dan sore.

Walau sedang berkegiatan pada alam terbuka dan tidak dapat mandi kita pun harus senantiasa menjaga kebersihan kulit. Caranya pun sangatlah mudah. Kita hanya perlu menggosokan handuk basah ke seluruh badan hingga bersih.

Demikian pula dengan cara menjaga kebersihan tubuh bagian dalam. Hal itu dapat kita lakukan dengan menghirup udara bersih melalui pernapasan dalam. Juga dengan mengeluarkan kotoran dalam perut seperti buang air besar secara rutin sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga:

tidak merokok adalah contoh hidup sehat
Tidak merokok adalah contoh hidup sehat – unsplash

Kebiasan hidup sehat dengan tidak merokok

Dalam Dharma Pramuka ada poin yang memang tidak tersebutkan. Poin itu mengajarkan kita betapa pentingnya kebiasaan hidup sehat, yaitu “Pramuka tidak bodoh”.

Itulah sebabnya, Pramuka yang masih remaja tidak merokok untuk menjaga kesehatannya pada masa pertumbuhan.

Pramuka remaja tidak akan merokok karena ia tidaklah bodoh. Ia tahu bahwa merokok pada masa pertumbuhan akan membuat jantungnya lemah.

Alasan seorang remaja yang mulai merokok bukan karena ia suka. Melainkan karena ia takut tertindas oleh teman – temannya yang merokok. Dan godaan untuk merokok dari teman – temannya pun bertambah besar.

Baca Juga: Literasi Sains Pramuka. Apakah Itu?

Sehingga untuk memberikan rasa aman dari penindasan maka ia akan merokok. Dengan merokok ia akan merasa lebih hebat dari sebelumnya (remaja lemah).

Seorang Pramuka tidaklah bodoh maka ia tidak akan merokok. Tidak merokok akan tampak lebih hebat dan jauh lebih jantan. Uang pun tidak habis terbakar dan dapat kita tabung untuk keperluan masa depan.

Tidak mengkonsumsi minuman keras

Pepatah lama mengatakan “minuman keras membuat manusia lemah“. Serta seorang pemabuk mustahil menjadi Pramuka.

Selain itu kebiasaan buruk seperti minum minuman keras memiliki bdampak negatif yang sangat besar.

Dampak itu tidak hanya merugikan diri sendiri namun, juga merugikan orang lain. Orang lain akan merasa terganggu oleh seorang pemabuk, karena pemabuk memiliki emosi dan tidak memiliki kesadaran normal.

Mabuk – mabukan juga dapat menyebabkan kemiskinan serta penderitaan dunia lainnya. Sebab seorang pemabuk rela membuang uang dan waktu demi minuman keras dan tidaklah peduli dengan masa depannya.

infografis pramuka pelopor hidup sehat
Infografis Pramuka hidup sehat

Oleh karena itu, Baden Powell berpesan sedari awal bertekatlah untuk melakukan kebiasaan hidup sehat dengan menjauhi minuman keras. Dan jadilah seorang Pramuka pelopor hidup sehat.

Mawas diri

Rokok dan minuman keras merupakan dua dari beberapa kebiasaan buruk yang sangat menggoda bagi sebagian orang. Namun, tidaklah menggoda bagi sebagian orang karena tahu dampak negatifnya.

Bapak pandu dunia selalu mengingatkan kita untuk senantiasa bersikap paranoia konstruktif. Karena suatu saat pasti terdapat godaan yang akan kita hadapi.

Namun, dengan keberanian untuk menolak godaan tersebut kedepannya kita akan lebih mudah menghadapinya. Oleh sebab itu, cobalah untuk mencari kesibukan lain yang lebih bermanfaat untuk menghindari godaan tersebut.

Seorang Pramuka yang merupakan pelopor hidup sehat dapat berperan penting dengan memberikan contoh dan cara menolak godaan kebiasaan tidak sehat tersebut.

Kebiasaan hidup sehat dengan bangun pagi

Pada kegiatan perkemahan umumnya kita akan selalu terdisiplinkan dengan kegiatan kerohanian sebelum adzan subuh berkumandang.

Baca Juga: Kegiatan Perkemahan Pramuka Penggalang

Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih kita sebagai seorang Pramuka agar melakukan kebiasaan baik dengan bangun lebih pagi.

Bangun lebih pagi akan membuat kita lebih produktif karena mempunyai waktu yang lebih panjang daripada seseorang yang bangun siang.

Tersenyum

Jika ada kesempatan untuk tertawa karena ada sesuatu hal yang lucu maka tertawalah. Serta buatlah orang lain mengalami hal demikian, karena hal itu bagus untuk mereka.

olahraga adalah cara untuk hidup sehat
Olaharaga adalah cara untuk hidup sehat – unsplash

Mengapa Baden Powell menganjurkan kita untuk tertawa?

Alasannya sangat sederhana sekali. Menurutnya jika kita tertawa berarti kita sedang dalam keadaan senang sehat.

Apalagi jika kita dapat membuat seseorang tertawa. Bahkan ketika pada saat sedih atau kesulitan, Baden Powell berpesan agar kita dapat selalu tersenyum sebagai tanda bahwa kita baik – baik saja.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →