Kegiatan Pesta Siaga: Contoh dan Fungsi

bentuk kegiatan pesta siaga

Update Terakhir: 29 September 2021 oleh Abdul Jalil

Pramuka golongan siaga adalah Pramuka dengan kegiatan yang bersifat rekreatif, banyak gerak, dan bersenang – senang. Salah satunya pada kegiatan pesta siaga yang berisikan pertemuan untuk golongan Pramuka siaga yang terkemas dengan berbagai macam lomba. Seperti kegiatan perkemahan siang hari bagi Pramuka siaga.

Gerakan Pramuka merupakan bentuk pendidikan non formal bagi peserta didik. Pendidikan Pramuka umumnya dapat terlaksana selain pendidikan dari keluarga dan lingkungan sekolah.

Dapat menjadi penunjang pendidikan yang ada pada sekolah dan lingkungan keluarga. Bentuk kegiatan pendidikan yang ada pada kepramukaan antara lain disiplin, pembentukan watak, persaudaraan, keterampilan, dan juga bakti terhadap masyarakat.

Pengertian Kegiatan Pesta Siaga

Pesta siaga adalah kegiatan pertemuan antar Pramuka untuk golongan Siaga. Sifat dari kegiatan siaga ini pun harus rekreatif, bersenang – senang, riang gembira dan sesuai perkembangan rohani dan juga jasmani peserta didik usia siaga.

Untuk mengikuti Pesta Siaga setiap peserta didik umumnya berasal dari kelas 2 sampai 4 SD/MI. Pada kegiatan tersebut juga dapat menjadi wadah bagi anggota untuk mengisi poin – poin SKU. Dengan menyesuaikan tingkatan siaga yang terdiri dari Mula, Bantu dan Tata. Oleh karena itu, kegiatan tersebut akan memberikan pengalaman baru kepada setiap peserta didik yang mengikutinya.

Simple Calculator Lite

Baca juga:

Fungsi Kegiatan Pesta Siaga

Pertemuan sesama Pramuka siaga dapat memberikan berbagai macam fungsi untuk anggotanya sebagai berikut:

  1. Memberikan suntikan semangat dan motivasi untuk mengikuti latihan rutin Pramuka setiap minggunya.
  2. Menjadi wadah berbagi pengalaman, pengetahuan dan kecakapan antar sesama anggota Pramuka.
  3. Sebagai bahan penilaian dari kegiatan dan kecakapan peserta didik.

Bentuk Kegiatan Pesta Siaga

Kegiatan yang rekreatif, riang gembira dan bersenang – bersenang menjadi ciri khasnya golongan siaga. Termasuk pada Pesta Siaga umumnya berisikan berbagai macam lomba yang menarik dan menantang untuk mengasah pengetahuan dan kecakapan setiap peserta didik.

macam bentuk lomba kegiatan pramuka pesta siaga dan perkemahan
Pesta Siaga Kwarran Banyumanik tahun 2019

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan bagi setiap peserta didik:

  1. Perkemahan siang hari Pramuka Siaga.
  2. Pawai hias.
  3. Bazar siaga.
  4. Permainan bersama untuk mencari jejak.
  5. Rekreasi.
  6. Darmawisata.
  7. Pentas seni dan budaya.

Pada kegiatan Pesta Siaga yang terkonsep dalam berbagai macam lomba umumnya terbagi dalam bentuk taman – taman. Berikut adalah contoh taman – taman pada lomba Pesta Siaga.

Keagamaan

Beberapa taman keagamaan sering kita jumpai seperti “Ketakwaan dan Toleransi Beragama“. Setiap peserta didik akan melaksanakan tugas sesuai dengan kepercayaannya (agama). Walaupun berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama.

Ketangkasan dan Keterampilan

Yang termasuk dalam taman ketangkasan dan keterampilan adalah “Siaga Pintar, Scouting Skills, Baris Berbaris, dan Fun Ball“.

Pentas Seni Budaya

Dalam kegiatan pesta siaga pentas seni budaya menjadi salah satu macam cabang lomba yang menarik dengan bentuk “Karnaval Siaga“. Selain itu, dapat mementaskan tarian daerah secara individu berkelompok.

Bakti Masyarakat

Untuk mencapai tujuan pendidikan non formal, Pramuka menekankan pentingnya mengenalkan kegiatan bakti masyarakat sejak usia siaga. Bentuk bakti masyarakat pada Pramuka golongan siaga dapat berupa menjaga kebersihan lingkungan dan bisa juga bumbung kemanusiaan (kotak amal).

Nah, itulah sedikit pengetahuan seputar Pesta Siaga, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa kunjungi artikel pengetahuan lainnya di Pramukaku.com. Terima kasih ^_^

Baca juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →