Kenapa Harus Ada Perkemahan di Pramuka ?

Update Terakhir: 27 Juli 2021 oleh Abdul Jalil

Berbicara mengenai acara Pramuka, kenapa harus ada kegiatan perkemahan ? Jika tidak ada kegiatan tersebut, rasanya seperti ada yang kurang. Apakah kamu pernah merasakannya? Atau hanya biasa saja seolah-olah kamu tidak peduli?

Buat kamu yang sedang tidak peduli, saya sarankan membaca artikel ini sebentar saja untuk mengetahui mengapa kegiatan Perkemahan itu sangat identik dengan anggota Pramuka. Contoh jelasnya bisa kamu rasakan jika pernah mengikuti kegiatan Persari (Perkemahan Satu Hari) atau Pesta Siaga.

Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), umumnya anggota baru tingkat penggalang akan mengikuti kegiatan tersebut. Bisa juga Perjusami (Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu) dan Jambore.

Nah, untuk anggota Pramuka Penegak dan Pandega ada juga Persami dan Jambore, tapi untuk tingkat ini biasanyakegiatannya memiliki ruang lingkupnya lebih luas seperti Perkemahan Wirakarya.

Jika kamu adalah apelaku sejarah pada waktu itu ketika berkegiatan Pramuka. Kira-kira apa yang kamu rasakan? Cinta sebatas patok tenda? 😀

Baca juga:

Kenapa Harus Ada Perkemahan?

kenapa harus ada perkemahan
Jambore Ranting Kec. Bancak

Berikut ini adalah beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan di atas. Yuk simak baik-baik 🙂

  • Karena kegiatan Pramuka dilaksananakan lebih dari satu hari

Jika kegiatan Pramuka lebih 1 hari, pastinya setiap peserta menginap di tempat kegiatan. Contoh seperti Persami, Perjusami, Jambore, dan lain sebagainya. Bahkan untuk tingkat Penegak dan Pandega bisa sampai 1 minggu. Khusus untuk Persari (Pesta Siaga) tidak ada acara menginap dan mendirikan tenda.

  • Sebagai sarana pelatihan bagi peserta didik

Kegiatan kepramukaan umumnya bertujuan untuk melatih keterampilan setiap peserta didik. Ketika kegiatan berkemah sedang berlangsung tentu saja para pelatih/pembina akan membagi anak ke dalam beberapa kelompok (regu/sangga).

Setiap kelompok akan memiliki seorang ketua yang bertugas untuk memimpin sebuah regu. Di sinilah kepemimpinan akan dilatih bagaimana mengatur tiap-tiap anggota untuk melaksanakan tugasnya masing-masing.

  • Sebagai sarana menjalin persaudaraan

Selain menjalin kerja sama antar kelompok regu (satu sekolah). Setiap peserta didik secara tidak langsung dituntut untuk menjalin kerja sama dengan kelompok lain (beda sekolah) ketika melakukan ketiga melakukan kegiatan bersama. Menambah lingkaran pertemanan di kegiatan Pramuka.

  • Sebagai sarana untuk menambah pengalaman baru

Biasanya tempat berkemah pada kegiatan Pramuka berada di bumi perkemahan, lapangan sepak bola atau tempat terbuka lainnya. Namun, tidak sedikit juga kegiatan tersebut dilaksanakan tempat-tempat baru di dalam hutan atau pantai. Tergantung dengan tema kegiatan yang sedang berlangsung.

Sederhananya seperti ini “setiap ada kegiatan Pramuka, pasti ada pengalaman baru”. Bagaimana menurut mu? Tidak percaya akan hal itu ? Terserah

Demikian penjelasan yang sudah saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat ^_^

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →