Perkemahan Dalam Kegiatan Pramuka

perkemahana dalam kegiatan pramuka

Update Terakhir: 27 Juli 2021 oleh Abdul Jalil

Tahukan kamu perkemahan merupakan kegiatan yang seru dan juga menarik lho terutama di Pramuka. Mengapa bisa seperti itu? Karena biasanya perkemahan sangat identik dengan kegiatan yang dilakukan di alam terbuka dengan banyak peserta.

Ada banyak sekali maksud dan tujuan dalam melakukan perkemahan. Di artikel kali ini akan dibahas tentang perkemahan yang ada di kegiatan Pramuka. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Perkemahan

Pengertian berkemah pada awalnya adalah kegiatan menetap atau tinggal sementara waktu dalam kondisi darurat. Arti positif berkemah didunia modern saat ini bisa berarti menginap dan berkegiatan diluar rumah yang biasanya dilakukan bersama dengan teman-teman. Lebih khusus berkemah biasanya dilakukan tidak bersama kerabat atau anggota keluarga.

Lebih jauh ketika internet sudah bisa diakses dengan mudah seperti saat ini, mulailah muncul istilah bootcamp. Kemah (kamp) pelatihan jangka pendek untuk memperoleh keterampilan baru yang dilakukan dengan orang-orang baru. Berkegiatan di luar rumah dalam hal ini maknanya bisa diartikan dalam kondisi di luar pengaruh lingkungan rumah (berinteraksi secara daring).

Perkemahan adalah kegiatan alam terbuka diikuti oleh peserta didik (Pramuka) atau sekelompok orang (komunitas/organisasi) yang dilaksanakan dalam waktu terbatas (1 sampai 7 hari). Kegiatan berkemah merupakan salah satu kegiatan yang paling dinanti dalam dunia kepramukaan terutama anak-anak peserta didik. Mengikuti kegiatan berkemah berarti kita akan mendapatkan suasana belajar baru diluar ruang kelas. Berkegiatan dan belajar hal baru dengan teman-teman diluar ruangan dan di luar jam belajar normal pada umumnya.

Kegiatan diluar ruangan dalam wujud perkemahan biasanya diterapkan secara wajib pada saat peserta didik masuk lingkungan tingkatan pendidikan baru. Meskipun terkesan wajib, hal ini nantinya dimaksudkan untuk mendorong nilai kemandirian dan sukarela yang merupakan sifat dasar dari kegiatan kepramukaan itu sendiri.

Kegiatan kepramukaan tidak lepas dari lingkungan lembaga pendidikan, semenjak diterbitkannya UU No 12 Tahun 2010 tentang kegiatan pramuka. Pada undang-undang tersebut tercantum beberapa hak dan kewajiban peserta didik dalam hal kepramukaan. Oleh sebab itu pembagian golongan juga tidak jauh dari pembagian tingkatan pada lembaga pendidikan.

Baca juga:

Bentuk Perkemahan Berdasarkan Tingkatan

Tingkat Siaga

Perkemahan dalam Kegiatan Pramuka
Pesta Siaga Kwaran Mranggen – Tribatanews

Perkemahan untuk pramuka siaga berlangsung selama satu hari penuh (Persari) dari pagi hingga sore hari dan dilaksanakan pada hari Minggu.

Bentuk kegiatannya bervariasi mulai dari bentuk permainan atau outbond, membuat kerajinan tangan bersama, darmawisata, pentas seni budaya, karnaval, maupun kegiatan penunjang untuk ujian SKU. Fokus kegiatan berupa permainan dan pengenalan budaya maupun lingkungan sekitar.

Tingkat Penggalang

Regu Penggalang Pramuka – Republika

Pada usia penggalang peserta didik sudah mulai dilatih untuk mandiri, sehingga pada tahapan ini peserta didik diarahkan untuk berkemah diluar ruangan.

Kegiatan perkemahan biasanya dilakukan pada saat: penerimaan anggota/ peserta didik tahun ajaran baru, pelantikan pengurus, kenaikan tingkat tanda kecakapan umum, perkemahan akhir tahun kepengurusan, atau perkemahan gabungan (pertemuan antar gugus depan).

Perkemahan biasanya dilakukan pada hari Sabtu pagi dan selesai pada hari Minggu sore (Persami).

Tingkat Penegak dan Pandega

Kegiatan Raimuna Nasional XI – Liputan6

Pada usia penegak dan pandega peserta didik sudah mulai diarahkan untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan. Termasuk dalam hal ini pelantikan anggota maupun pengurus. Mulai membuat konsep kegiatan, menyiapkan materi hingga tahapan evaluasi kegiatan.

Waktu pelaksanaan untuk kegiatan berkemah juga lebih lama yaitu tiga hari dari hari Jumat hingga hari Minggu (Perjusami). Demikian penjelasan tentang perkemahan dalam kegiatan Pramuka. Semoga informasi yang sudah diberikan dapat bermanfaat.

Salam Pramuka !

Editor: Abdul Jalil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.