7 Tujuan dan Manfaat Berkemah di Alam Terbuka

Tujuan dan Manfaat Berkemah di alam terbuka

Update Terakhir: 15 Juli 2021 oleh Abdul Jalil

Taukah kamu ada banyak sekali tujuan dan manfaat berkemah di alam terbuka. Kamu yang memiliki hobi geser layar smartphone sambil rebahan setiap hari perlu membaca artikel ini. Agar pengetahuanmu mengenai dunia luar semakin luas.

Berkemah merupakan salah kegiatan yang menyenangkan dan bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan sejenak keruwetan dunia kerja. Kamu butuh berkemah, meskipun jaraknya hanya 10 kaki dari rumahmu.

Namun, alangkah baiknya jika kamu ingin berkemah mencari tempat yang nyaman, jauh dari perkotaan, dan tentunya memiliki pemandangan bagus.

Tidak perlu menunggu lama apa itu tujuan dari berkemah, yuk simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Berkemah

tujuan dan manfaat dari berkemah adalah untuk refreshing
Berkemah – Pexels/Destroir
  • Refreshing

Jika kamu sudah mumet memikirkan tugas kuliah atau pekerjaan kantor yang tidak ada habisnya. Kamu hanya perlu istirahat sejenak untuk refreshing otak biar tidak meledak.

  • Melatih Keterampilan

Meskipun ketika berkemah kamu sudah membawa persiapan bekal dan tempat berteduh. Tanpa kamu sadari sebenarnya sedang melatih keterampilan. Contoh seperti mendirikan tenda, membuat penerangan, mengolah bahan makanan seadanya, membuat alat perlindungan diri dari hewan liar dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan Kerja Sama

Berkemah umumnya dilakukan secara berkelompok. Setiap aktivitas yang di tempat berkemah dilakukan bersama-sama seperti mendirikan tenda, mengolah bahan makanan dan ada pula yang bertugas untuk mencari kayu untuk api unggun. Tidak ada tempat untuk bersikap egois !

  • Meningkatkan Kewaspadaan

Risiko yang paling mungkin terjadi ketika berkemah di alam terbuka adalah serangan hewan liar. Untuk mencegah terjadinya serangan, tidak ada salahnya membuat peringatan dini ketika ada hewan liar yang ingin masuk ke lingkungan perkemahan.

  • Lebih Bertanggung Jawab

Ketika sedang berkemah, setiap individu mengharuskan memiliki sikap bertanggung jawab terutama soal menjaga kesehatan. Segala aktivitas dilakukan secara mandiri, maka dari itu barang bawaan pribadi menjadi tanggung jawab masing-masing.

  • Ikut Serta Dalam Bakti Sosial

Berkemah tidak hanya soal refreshing dan berekreasi, melainkan kita bisa memanfaatkan momen berkemah untuk saling menolong dengan melakukan kegiatan sosial di sekitar lingkungan perumahan. Kegiatan ini cocoknya di desa-desa atau kawasan pedalaman yang masih asri.

  • Melatih Kepedulian Untuk Menjaga Alam

Kegiatan berkemah biasanya dilaksanakan rata-rata paling lama 3 – 7 hari. Selama melakukan kemah di tempat terbuka dan menyatu dengan alam yang indah. Apakah kita tega merusak lingkungan sekitar dengan membuang sampah di tempat perkemahan? Menjaga keindahan dan kelestarian alam adalah satu tugas kita di muka Bumi ini.

Baca juga

Manfaat

Selain menjelaskan tujuan dari berkemah, saya juga membagikan informasi mengenai apa saja manfaat dari berkemah. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

manfaat dari berkemah di alam terbuka hijau
Lingkungan Hijau – Pexels.com/Johannes
  • Menghirup Udara Segar

Manfaat yang akan kamu dapatkan ketika berkemah di alam terbuka adalah dapat menghirup udara segar. Lingkungan hijau yang masih asri dapat dengan mudah asupan oksigen bersih dan juga dapat memperlancar sistem pernafasan.

  • Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga atau Rekan Kerja

Menghabiskan waktu jauh dari lingkungan perkotaan bersama keluarga adalah momen terbaik yang perlu kamu lakukan. Sesekali menjauhi gadget dan lebih banyak ngobrolin atau bisa juga aktivitas seru, dapat meningkatkan kualitas hubungan keluarga maupun rekan kerja.

  • Lebih Aktif Melakukan Kegiatan

Ketika berkemah, jangan sampai menghabiskan waktu di dalam tenda saja. Kamu dapat melakukan aktivitas seru dan mungkin memacu adrenalin. Bisa juga melakukan penjelajahan di lingkungan sekitar, dengan begitu kamu akan dapat mengenal alam beserta ekosistem penunjangnya.

  • Mengembalikan Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

Melihat lingkungan pepohonan hijau dengan udara segar yang melimpah. Pastinya akan membuat suasana hatimu menjadi lebih baik. Untuk mendukung kembalinya mood baik, pastikan tidak memikirkan sesuatu yang berat (cth: urusan pekerjaan).

  • Tidur Lebih Nyenyak

Aktivitas seru yang kamu lakukan tentu saja berdampak baik dengan suasana hatimu. Tidur malam akan terasa enak-enak saja dan terkesan akan menjadi malam yang indah. Meskipun, tidur di alam terbuka dengan beralaskan matras tipis dengan bantal seadanya, dari segi biologis kualitas tidurmu akan jauh lebih baik.

  • Menurunkan Stres

Lingkungan hijau yang jauh dari perkotaan, suara alir mengalir, burung-burung berkicau dan masih banyak lagi. Semua hal tersebut terbukti dapat menurunkan stres, selama kamu memaksimalkan waktu untuk menjauhi perangkat elektronik seperti smartphone.

  • Menciptakan Kenangan

Berkemah dapat menciptakan kenangan bersama keluarga. Di masa mendatang, kenangan itu sebagai pengingat kalau dulu pernah melakukan sesuatu yang indah dan sulit terlupa.

Bagaimana penjelasannya ? Semoga artikel yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →