Kwarnas Seleksi Petugas Upacara Jambore Nasional XI 2022

Update Terakhir: 19 Juni 2022 oleh Abdul Jalil

Bertempat di Gedung Dasa Darma Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Cibubur Jakarta Timur, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso membuka seleksi petugas upacara Jambore Nasional XI 2022 dan Hari Pramuka ke-61, Sabtu (18/06/2022).

Peserta sudah datang ke Buperta sehari sebelumnya. Pramuka Penggalang yang mengikuti seleksi terdiri dari 23 orang pemimpin upacara, 14 pembawa acara, 5 orang pembaca doa, 12 pengucap Pembukaan UUD 1945/Pancasila/Dasa Darma Pramuka.

“Saya berharap agar adik-adik mengikuti seleksi ini secara sungguh-sungguh dan menampilkan yang terbaik dalam diri adik-adik. Yakinlah bahwa adik-adik mampu dengan tetap memohon petunjuk dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Kak Budi Waseso dalam sambutannya saat acara pembukaan.

Pembukaan Seleksi Petugas Upacara Oleh Kak Budi Waseso – Pramuka.id

“Untuk kakak-kakak panitia seleksi, saya berharap agar penilaian dilakukan dengan cermat. Pilihlah yang terbaik, bukan karena unsur kolusi dan nepotisme, tetapi memang yang terbaik dari segala segi. Tentu saja, sebagai Pramuka kita juga harus selalu bersiap sedia atau dikatakan oleh Bapak Pandu Sedunia, Lord Baden-Powell, untuk be prepared.

Karenanya, selain petugas utama, perlu pula disiapkan petugas cadangan, yang tidak kalah baiknya. Petugas cadangan itu harus siap bila sewaktu-waktu karena suatu dan lain hal, harus menggantikan petugas utama,” ujar Ka Kwarnas.

Sementara itu Kak A. Agus Ridhallah, Ketua Bidang Upacara Protokol dan Keamanan Jamnas 2022 mengatakan, “Tujuan dari seleksi petugas upacara ini adalah memberikan kesempatan kepada adik-adik penggalang dari seluruh Kwarda se-Indonesia untuk ikut seleksi dengan harapan akan mendapatkan petugas upacara yang terbaik, demi suksesnya acara Jambore Nasional XI  2022”.

Simple Calculator Lite

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal Kwarnas Mayjen TNI (Pur) Dr. Bachtiar, S.IP, M.AP, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kak Prof. Dr. S. Budi Prayitno, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Kakoma Kak Mayjen TNI Mar (Purn) Yuniar Ludfi, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Kerjasama Luar Negeri, Kak Drs. Ahmad Rusdi, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika Kak Berthold DH. Sinaulan,  MS, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Bela Negara Brigjen TNI (Purn) Kak Hasto Prastisto Yuwono, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Aset dan Usaha, Kak Yulius, ST , Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Dr. Sigit Muryono, M.Pd. , Kepala Buperta Kak Ermadi, dan Direktur Utama PT Madu Pramuka Kak Purbo Winarno.

  • Penulis: Siti Komara
  • Foto: Kak Siswanto

Sumber Asli: Gerakan Pramuka

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →