Anggota Pramuka Perlu Mengenal Manfaat Tumbuhan Untuk Obat Alami

Sebagai anggota Pramuka yang sering berkegiatan di alam perlu mengenal tumbuhan dan manfaatnya. Mengenal manfaat tumbuhan yang ada di alam menjadi modal penting bagi seorang anggota Pramuka dalam menghadapi halang rintang.

Luka, sakit perut, dan kembung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami oleh anggota Pramuka yang berkegiatan di alam. Pengetahuan yang luas mengenai tumbuhan sebagai obat herbal yang mudah ditemukan di alam selama berkegiatan merupakan hal yang harus dikuasai. Dasar penggunaan tumbuhan di alam sebagai obat herbal umumnya melalui ilmu turun temurun dan kandungan bioaktivitasnya.

Anggota Pramuka atau siapa saja dapat mempelajari manfaat tumbuhan yang bisa digunakan untuk obat

Berikut ini adalah tiga tumbuhan alami yang dapat dimanfaatkan oleh anggota Pramuka untuk mengatasi gangguan kesehatan ketika berkegiatan di alam liar.

Ageratum conyzoides L.

 Mengenal Manfaat Tumbuhan Alam
Tumbuhan Ageratum conyzoides L. Silalahi (2018)

Anggota Pramuka perlu mengetahui Ageratum conzyoides L atau akrab dikenal dengan tumbuhan Bandotan dan dalam bahasa internasionalnya dikenal sebagai Billy goat weeds. Tumbuhan bandotan adalah tumbuhan berada di alam liar daerah tropis dan sub-tropis yang banyak dimanfaatkan sebagai obatan herbal tradisional.

Anggota Pramuka dapat mempelajari manfaat tumbuhan bandotan yang berasal dari alam sebagai obat luka, lepra, bisul dan kembung. Bandotan diketahui mengandung senyawa aktif seperti alkaloid, flavanoid, tannin, glikosida, dan terpenoid. Daun adalah bagian yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.

Sebagai anggota Pramuka dapat memanfaatkan tumbuhan bandotan pada daun dengan merebusnya di air panas dan meminumnya untuk mengatasi perut kembung. Pengobatan luka menggunakan daun bandotan dilakukan dengan menggilingnya sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang terluka. Alam sudah menyediakan tanaman seperti bandotan, masih ragu untuk tidak memanfaatkannya?

Crassocephalum crepidioides

Manfaat Tumbuhan
Tumbuhan Crassophalum crepidiodes http://www.dlium.com

Crassocephalum crepidioides atau sintrong merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai di alam bebas. Jika anggota Pramuka mengalami pegal maka dapat memanfaatkan tumbuhan ini sebagai cara herbal untuk menghilangkan pegal-pegal. Cara pemanfaatannya adalah merebus bagian daunnya dan air rebusan kemudian diminum.

Perlu diketahui sebagai anggota Pramuka bahwa tumbuhan ini yang dari alam mengandung senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, flavanoid, steroid dan triterpenoid. Kandungan senyawa tersebut yang mampu memberikan manfaat bagi tubuh.

Gracinia sp.

Gracinia sp. adalah tumbuhan yang sudah tak asing lagi bagi anggota Pramuka. Rasanya yang manis menjadikan buah ini sangat favorit. Perlu diketahui manggis merupakan tumbuhan alam yang dapat digunakan sebagai obat malaria.

Mengenai manfaatan tumbuhan alam seperti manggis sebagai obat malaria dapat diaplikasikan oleh anggota Pramuka dengan memanfaatkan kulit batang manggis. Kulit batang manggis harus direbus dan air rebusannya diminum oleh anggota Pramuka yang tiba-tiba menderita malaria.

Kayu dan kulit buah manggis juga dapat dimanfaatkan oleh anggota Pramuka untuk pengobatan diare, antiinflamasi, dan sumber antioksidan. Kandungan senyawa bensofenon, tanin, flavanoid, tiga senyawa xentone merupakan senyawa dengan bioaktivitas yang bermanfaat untuk tubuh.   

Referensi: Jurnal Ilmiah

Editor: Abdul Jalil

2 Comments on “Anggota Pramuka Perlu Mengenal Manfaat Tumbuhan Untuk Obat Alami”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.