Makna Logo dan Maskot Jambore Nasional Tahun 2022

makna logo jamnas 2022

Update Terakhir: 1 April 2022 oleh Adha Susanto

Akhirnya yang telah kita tunggu – tunggu telah hadir. Logo dan maskot Jambore Nasional atau Jamnas ke XI tahun 2022 telah resmi rilis dari Kwarnas. Lalu apa saja makna yang tersampaikan dalam logo Jambore Nasional tahun 2022 ini? Yuk simak uraian singkatnya.

Kurang lebih lima bulan lagi salah satu pertemuan Pramuka terbesar akan di mulai. Tepatnya tanggal 14 – 21 Agustus 2022 yang berlangsung di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Baca Juga:

Sebanyak ribuan peserta Jambore dari 11, 2 juta peserta didik penggalang akan berkemah dan berkegiatan ceria selama satu minggu. Untuk menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan berbagi pengalaman sesama anggota penggalang dari seluruh penjuru nusantara.

Dan datang dengan tujuan yang sama yakni meningkatkan persaudaraan dan kekeluargaan sebagai anggota Pramuka Indonesia.

Untuk lebih menggambarkan secara mendalam terhadap tujuan tersebut. Maka tergegaslah sebuah logo dan maskot Jambore Nasional tahun 2022 yang begitu indah dan penuh makna. Yang resmi rilis sejak terbitnya Surat Keputusan Kwarnas Nomor 029 Tahun 2022.

Simple Calculator Lite

Makna logo dan Maskot Jambore 2022

Jambore adalah salah satu kegiatan berbasis edukatif pada alam terbuka dengan nuansa ceria terbalut dengan persaudaraan dan penuh dedikasi. Dengan tujuan untuk mencetak Pramuka yang berprestasi sebagai calon kader pemimpin masa depan.

Agar menciptakan kesan yang selalu teringat dalam benak peserta Jamnas, maka logo dan maskot menjadi bagian yang penting.

Berikut desain logo dan maskot beserta kandungan maknanya.

Logo

Logo Jamnas ke XI tahun ini berbentuk dasar Tunas Kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka. Angka 11 sebagai penanda bahwa kegiatan sudah terlaksana kesebelas kalinya. Sedangkan huruf “J” yang mewakili kata “Jambore”.

Selain itu tersemat pula Fleur-de-lis, lambang World Organization of the Scout Movement dan Tunas Kelapa yang menjadi satu kesatuan logogram.

Berdampingan dengan nama kegiatan dengan tulisan Jambore Nasional Xl. Serta nama daerah pelaksanaan kegiatan Jambore tahun 2022 di Jakarta.

Logogram

  1. Huruf J, mewakili kata Jambore
  2. Angka 11, menandakan bahwa Jambore Nasional Tahun 2022 merupakan kegiatan Jambore Nasional yang kesebelas kalinya
  3. Siluet Tunas Kelapa dan Lambang Gerakan Pramuka adalah penanda bahwa Jambore terselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Indonesia
  4. Lambang WOSM, menandakan Gerakan Pramuka sebagai bagian dari organisasi kepanduan dunia.

Arti warna pada Logo Jambore Nasional 2022

Merah

Mengartikan sebagai kegembiraan, keberanian, dan kekuatan

Ungu

Mengekpresikan imajinasi, independen, kebijaksanaan, dan visioner

Hitam

Menegaskan keteguhan, kekuatan dan tangguh

Putih

Menggambarkan kesederhanaan, kemurnian dan kecerdikan

Makna logo dan maskot Jambore Nasional atau Jamnas ke-XI Tahun 2022
Makna logo dan maskot Jambore Nasional atau Jamnas ke-XI Tahun 2022

Maskot Jamnas XI Tahun 2022

Untuk mendongkrak image dan brand Jamnas ke XI tahun ini maka maskot menjadi salah satu bagian yang penting. Tujuannya untuk menciptakan kenangan tersendiri yang abadi dalam diri peserta.

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah maskot yang terpilih pada jambore tahun 2022. Dengan beberapa pertimbangan yang melambangkan akan suatu makna mendalam yakni sebagai berikut:

  1. Menurut para ahli dianggap sebagai burung yang mewakili lambang negara yaitu Garuda
  2. Burung merupakan lambang keceriaan, yang memiliki arti bahwa Jambore Nasional Xl Tahun 2022 bernuansa ceria
  3. Elang terbang sendiri, yang berarti sebagai Pramuka penggalang agar selalu berusaha menjadi pribadi yang mandiri dan berdikari
  4. Elang menyukai terbang tinggi, memiliki arti sebagai pramuka penggalang harus menjadi manusia yang mau terus belajar
  5. Nusa mewakili lndonesia yang juga merupakan singkatan dari Nusantara
  6. Maskot menggunakan setengan leher merah putih adalah kelengkapan dari seragam Pramuka dan bagian dari Tanda Pengenal Gerakan Pramuka

Sumber: jamnas11.pramuka.or.id

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →