Apa Tujuan Pemberian Penghargaan Bintang Tahunan di Pramuka?

penghargaan bintang tahunan pramuka

Update Terakhir: 26 Agustus 2022 oleh Abdul Jalil

Untuk menanamkan kebanggaan pada diri angggota, maka Bintang Tahunan Pramuka menjadi tujuan dari pemberian tanda penghargaan. Lalu apa saja syarat untuk mendapatkan penghargaan Bintang Tahunan ini? Berikut uraian singkatnya.

Seperti yang telah kita kenal penganugerahan tanda penghargaan adalah salah satu bentuk dukungan dari Gerakan Pramuka kepada anggotanya.

Penganugerahan tanda penghargaan berlaku bagi semua anggota Pramuka yang telah memenuhi kriteria. Hal itu pun berlaku pada penghargaan Bintang Tahunan yang menjadi hak bagi setiap anggota muda yang berpartisipasi aktif.

Tujuan pemberian tanda penghargaan kepada anggota berdasarkan pasal 2, ayat 1. Menyebutkan Memberi penghargaan atas kesetiaan, keaktifan, jasa, prestasi kerja, dan darma bakti seseorang yang telah bersumbangsih kepada Gerakan Pramuka.

Sedangkan tujuan penghargaan Bintang Tahunan Pramuka berdasarkan ayat 2 adalah untuk menanamkan kebanggaan pada seseorang. Yang diharapkan dapat mendorong penerima untuk meningkatkan penghargaan pribadinya dan jasanya kepada Gerakan Pramuka.

Lalu apa saja syarat yang harus terpenuhi oleh anggota muda untuk mendapatkan penghargaan tahunan ini? Pramukaku.com telah merangkum beberapa syaratnya untuk Anda yang sayang jika terlewatkan.

Simple Calculator Lite

Baca Juga:

Syarat Mendapatkan Bintang Tahunan Pramuka

Bintang Tahunan merupakan penghargaan yang peruntukannya bagi anggota muda golongan siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Dan tidak berlaku kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka. 

Karena peruntukannya bagi anggota mudah. Kesetiaan, kepatuhan, kerajinan dan ketertiban anggota dalam mengikuti beragam kegiatan kepramukaan menjadi syarat penting untuk mendapatkan penghargaan ini. Dengan lama bakti minimal satu tahun penuh dan kelipatannya secara berturut – turut.

Sebagai penghargaan yang sifatnya terbuka Bintang Tahunan memiliki beberapa syarat yang harus terpenuhi oleh anggota Pramuka.

Adapun beberapa syarat untuk mendapatkan penghargaan Bintang Tahunan adalah sebagai berikut:

  1. Anggota yang bersangkutan telah terlantik sebagai siaga mula, penggalang ramu, penegak bantara atau pandega
  2. Selalu setia mengikuti kegiatan dengan baik pada beragam kegiatan selama satu tahun sejak terlantik
  3. Patuh menjalankan tugas dan kewajiban yang telah tertugaskan oleh pembina Pramuka
  4. Giat dan rajin melatih diri untuk meningkatkan jasmani dan rohaninya
  5. Menunjukkan usahanya untuk menepati dan menjalankan Dwisatya dan Dwidarma, Trisatya dan Dasadarma

Jika persyaratan telah terpenuhi dan terdapat bukti secara tertulis bahwa yang bersangkutan aktif mengikuti kegiatan dan mejalankan tugasnya dengan baik. Maka Pembina Pramuka Gugus Depan kemudian mempunyai kewenangan untuk mengusulkan pemberian tanda penghargaan kepada anggota.

Dalam memeriahkan dan memberikan kesan yang mendalam. Penganugerahan dan penyematan tanda penghargaan pun sebaiknya terlaksana pada waktu yang tepat.

Adapun waktu yang tepat untuk penganugeragan tanda penghargaan Bintang Tahunan Pramuka, yakni sebagai berikut:

  1. Upacara pembukaan atau penutupan latihan rutin
  2. Hari ulang tahun Gugus Depan
  3. Upacara ulang janji Pramuka
  4. Kegiatan lainnya

Baca Juga:

Bentuk dan Aturan Pemakaian Penghargaan

Sesuai dengan penamaannya bentuk fisik penghargaan ini adalah berbentuk segi lima (tiga dimensi) atau yang kita kenal berbentuk Bintang.

Komposisi bahan yang membentuk tanda penghargaan tiga dimensi bersudut lima adalah material logam yang berwarna perak. Dengan ukuran jari – jari sebesar 6 mm.

Untuk memberikan penanda bahwa anggota telah mengabdi lebih dari satu tahun. Pada tanda penghargaan terdapat angka yang menerangkan lama masa bakti sebagai anggota berdasarkan golongannya.

syarat dan bentuk bintang tahunan pramuka
Bentu Bintang Tahunan

Angka yang menerangkan masa bakti (tahunan) itu pun terletak pada tengah – tengah lingkaran berwarna dasar hitam dan bergaris tengah 6 mm.

Karena Bintang Tahunan Pramuka memiliki tujuan untuk memberikan semangat dan kebanggaan. Tanda penghargaan ini pun harus terkenang dan tersematkan dengan kokoh.

Oleh sebab itu, bahan yang berkualitas untuk alas tanda penghargaan menjadi hal yang perlu di perhatikan. Sehingga yang kita lihat alas tanda penghargaan ini pun terbuat dari laken, kulit, atau bahan lainnya yang berkualitas dan kokoh.

Bukan hanya sekedar sebagai alas untuk melekatkan tanda penghargaan. Namun, alas memiliki fungsi lain, yakni sebagai pembeda setiap golongan Pramuka berdasarkan warna.

Adapun warna yang menjadi ciri khas dan syarat tanda penghargaan Bintang Tahunan setiap golongan adalah sebagai berikut:

  1. Hijau untuk masa bakti sebagai seorang Pramuka Siaga
  2. Merah untuk masa bakti sebagai seorang Pramuka Penggalang
  3. Kuning untuk masa bakti sebagai seorang Pramuka Penegak
  4. Coklat untuk masa bakti sebagai seorang Pramuka Pandega

Fungsi utamanya yang sebagai tanda penghargaan untuk menanamkan kebanggaan karena partisipasi aktifnya pada Gerakan Pramuka. Maka penempatan tanda penghargaan Bintang Tahunan Pramuka berada pada tempat yang strategis.

Pada seragam putra penempatan tanda penghargaan ini berada di atas saku kanan baju di atas WOSM. Sedangkan untuk seragam putri penempatannya menyesuaikan.

Jika anggota memiliki tanda penghargaan ini dengan jumlah lebih dari satu, maka yang harus tersematkan adalah yang tertinggi.

Baca Juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →