5 Fungsi Tongkat Pramuka yang Serba Bisa

ukuran warna tinggi tongkat pramuka

Update Terakhir: 20 Agustus 2022 oleh Adha Susanto

Tinggi kira – kira sehidung, diameter 5 cm dan terbuat dari kayu dengan warna menarik tongkat Pramuka memiliki beragam fungsi. Apa saja fungsinya? Temukan jawabannya hanya pada artikel ini ya kak.

Dalam berbagai kegiatan kepramukaan tongkat menjadi alat dan bahkan sahabat yang tidak pernah terlupakan.

Tentunya hal ini bukan berarti tanpa alasan. Karena tongkat memiliki beragam fungsi ketika kita berkegiatan pada alam bebas.

Selain itu pada kegiatan yang tidak mengharuskan di alam bebas. Tongkat menjadi alat kreativitas anggota. Karena tongkat menjadi alat penjalin kerjasama tim untuk membentuk sebuah bangunan menarik pada kegiatan yang kita sebut pionering.

Lalu apa saja fungsi tongkat dalam Gerakan Pramuka? Jawabannya tentu sangat beragam ya kak. Hanya bagaimana saja kita menempatkan tongkat sebagaimana mestinya untuk kebutuhan tertentu.

Baca Juga:

Simple Calculator Lite

Kami pun merangkum beberapa fungsi tongkat yang menarik untuk kakak ketahui. Oleh karena itu, tetap simak uraian singkat artikel ini ya kak.

Fungsi tongkat Pramuka

Dalam Pramuka salah satu alat (tongkat) berfungsi sebagai sahabat untuk melewati berbagai medan. Serta terbuat dari bahan yang kuat dengan warna menarik sesuai keinginan.

Nah, pada umumnya di Indonesia tongkat memiliki kriteria yang umum. Adapun kriteria umum tongkat Pramuka terbuat dari kayu atau bambu lurus setinggi 160 cm dengan diameter 5 cm. Sedangkan warna tongkat yang umum kita jumpai dalam Gerakan Pramuka Indonesia adalah hitam-putih atau merah-putih.

Dengan tinggi dan diameter yang tepat tongkat Pramuka menjadi alat dengan fungsi yang serba bisa. Berikut adalah rangkuman beberapa fungsi dari tongkat yang dapat kita gunakan sesuai kebutuhannya.

Mengukur kedalaman sungai

Ketika berada pada alam bebas dan harus melewati sungai untuk mencapai titik lokasi tujuan. Maka tongkat Pramuka yang memiliki tinggi sehidung orang dewasa dapat menjadi penolong. Karena dengan tongkat kakak dapat memperkirakan seberapa dalam sungai yang akan kita lewati.

Caranya dengan memasukkan tongkat kedalam air sungai hingga mencapai dasar. Lalu lihatlah batas air dengan ciri wilayah basa dari tongkat. Kemudian dekatkan dengan tubuh kita untuk menjadi pengukur seberapa dalam sungai tersebut.

Penghubung antar anggota regu

Pada malam hari di alam bebas yang minim penerangan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika tidak kita pun dapat terpisah dari anggota regu lainnya saat mengembara alam yang sangat gelap.

Tapi itulah fungsi utama membawa tongkat ketika malam hari sama seperti tali untuk menghubungkan antar anggota regu Pramuka.

Caranya peganglah ujung tongkat untuk anggota regu yang berada di depan dan belakang. Dengan saling memegang erat maka minim sekali kita akan terpisah dari anggota regu lainnya saat mengembara pada malam hari.  

Membuat tandu

Saat berkegiatan di alam bebas dengan berbagai medan yang mudah hingga sulit. Resiko kecelakaan yang berdampak fatal karena kelalaian pun akan selalu ada. Atau karena hal tertentu seperti kelelahan sering pula terjadi.

Untuk membantu anggota regu yang masalah kesehatan seperti yang telah tersebutkan menjadi hal wajib dalam Pramuka. Aapalagi saat berkegiatan pada alam bebas yang tidak tersedia alat penunjang kesehatan memadai. Maka membuat tandu darurat menjadi salah satu fungsi dari tongkat Pramuka yang telah menjadi sahabat.

Tiang tenda darurat (bivak)

Cuaca alam yang tak menentu atau sudah kelelahan dan membutuhkan tempat peristirahatan sementara. Membangun tenda darurat seperti bivak pada alam bebas sangat berfungsi untuk membuat istirahat menjadi lebih nyaman.

fungsi tongkat pramuka yang memiliki tinggi dan diameter
Fungsi tongkat menurut BP.

Bivak yang dapat berbentuk prisma tanpa dinding dapat kita buat dengan cepat. Adapun alat yang kita butuhkan berupa tongkat Pramuka yang memiliki fungsi sebagai tiang. Serta tali alami (rotan atau tumbuhan menjalar) dan terpal atau penutup lainnya yang lebar.  

Baca Juga:

Tiang bendera

Mendaki gunung dengan medan bebatuan yang terjal membutuhkan alat bantu seperti tongkat untuk membantu pergerakan kita.

Selain untuk membantu perjalanan mendaki dan menuruni gunung. Membawa tongkat dapat menjadi tiang bendera merah putih yang ideal dan cantik untuk menjadi objek foto di puncak. Apalagi yang kakak bawa naik gunung tongkat Pramuka dengan warna merah-putih juga.

Nah demikianlah beberapa fungsi tongkat Pramuka yang kami rangkum spesial untuk kakak. Semoga bermanfaat.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →