Materi Sandi Morse Pramuka dan Cara Menghafalkannya

Update Terakhir: 8 September 2021 oleh Abdul Jalil

Sandi Morse adalah salah satu materi pada pembelajaran kegiatan Pramuka. Morse menjadi salah satu media pembelajaran mengenai sandi untuk melatih konsentrasi serta menjadi penggunaan metode belajar menantang. Selain itu Morse menjadi salah satu materi yang menantang karena sulit untuk menghafalkannya. Artikel ini menyampaikan rekomendasi materi mengenai cara menghafalkan sandi Morse bagi Pramuka penggalang, penegak dan pandega.

Pengertian Sandi Morse

materi sandi morse pramuka penggalang dan cara menghafalkan adalah media penggunaan
Kode Morse – Kompas.com

Kode Morse atau adalah salah satu macam materi yang menjadi media pembelajaran anggota Pramuka. Melalui materi sandi anggota Pramuka dapat melatih kemampuan untuk mengingat, konsentrasi, ketelitian, dan ingatan.

Pencipta kode Morse terdiri dari dua orang yakni Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Mereka pun menciptakan kode Morse sebagai sistem representasi huruf, angka, tanda baca, dan sinyal. Representasinya berbentuk garis () dan titik (.) yang telah disusun mewakili karakter tertentu. Semua negara pun menyepakai kode Morse sebagai kode yang mengglobal.

Pada kegiatan Pramuka materi sandi Morse menjadi salah satu kemampuan yang harus ada pada anggota. Khususnya bagi anggota Pramuka tingkat penggalang dan penegak karena telah tercantum pada poin SKU. Serta menjadi salah satu pos penting dalam setiap kegiatan pertemuan Pramuka.

Baca juga:

Cara Menghafalkan Morse

Masalah yang umum pada anggota Pramuka mengenai materi sandi adalah menghafalkannya. Sehingga materi adalah materi yang sangat berat bagi anggota Pramuka penggalang dan penegak.

Cahaya atau suara menjadi media penggunaan Morse dalam kegiatan Pramuka. Cahaya bersumber dari sebuah alat penghasil cahaya seperti senter. Sedangkan suara berasal dari pluit yang ada pada setiap anggota.

Untuk membedakan kode Morse yang berupa titik dan garis maka yang menjadi penekanannya pada media suara atau cahaya adalah durasinya. Jika kode garis maka suara atau cahaya dalam durasi yang lama. Sedangkan kode titik maka suara atau cahaya dengan durasi yang relatif pendek.

Merangkum dari berbagai sumber berikut cara untuk menghafalkan sandi Morse terdiri dari:

Pengelompokan Sandi Morse

Menghafalkan kode Morse dengan cara mengelompokkan yakni huruf alphabet terkelompokkan dengan kode yang yang berkebalikan. Yakni berkebalikan posisi antara titik dan garis. Atau dapat juga sebagai lawan dari kode huruf alphabet.

Misalnya untuk huruf F dengan kode . . _ . berlawanan dengan huruf L berkode . _ . .

Alphabet dengan kode berkebalikan contohnya adalah S berkode . . . berkebalikan dengan O berkode – – –

Untuk huruf dengan yang tidak mempunyai pasangan adalah C, J dan Z. Demikian pula untuk mengelompokkan kode Morse pada angka. Contohnya angka 1 (satu) berkode dengan angka 9 (sembilan).

Untuk lebih jelasnya, yuk simak video dari Kak Eliz cara menghafal Morse dengan metode pengelompokkan.

Cara Cepat Hafal Morse – Kak Eliz

Metode Koch

Sandi Morse Dalam Metode Koch

Cara menghafalkan Morse dengan metode Koch menggunakan sistem gradual. Seorang anggota Pramuka memulai latihan menghafal kode hanya dua huruf E dan T terlebih dahulu. Semua huruf yang berada di kotak putih dikodekan dengan TITIK (.) atau nada pendek jika menggunakan peluit. Sedangkan huruf yang di kotak abu-abu dikodekan dengan STRIP (-) atau nada panjang jika menggunakan peluit

Adapun tujuan menghafal dengan metode Koch adalah untuk melatih atau membiasakan dalam menulis atau mengartikan kode dan juga interval panjang atau pendeknya durasi. Terkhusus untuk penggunaan media suara berupa peluit untuk menguasai sandi Morse.

Berikut video latihan cara menghafal Morse dengan metode Koch.

Menghafal Morse Dengan Metode Koch – Kak Eliz

Metode Substitusi

Menghafalkan materi sandi Morse Pramuka dengan cara substitusi ini dengan cara membuat padanan kata. Yakni padanan kata yang berawal dari huruf latin. Dan untuk setiap O mewakili garis (-) dan setiap huruf vokal lainnya A, I, U, E mewakili titik (.)

Berikut contoh latihan cara menghafalkan Morse dengan metode Subtitusi.

Metode Subtitusi – Kak Eliz

Nah, itulah ketiga cara yang paling populer untuk menghafal sandi atau kode Morse untuk anggota Pramuka dan semua orang. Cara tersebut memiliki tingkat keberhasilan tinggi dalam menghafal Morse. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terima kasih ^_^

Baca juga:

About Adha Susanto

Pandega Bala Shark Racana Diponegoro Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →