Materi dan Kegiatan Pramuka Online

Update Terakhir: 20 Agustus 2021 oleh Adha Susanto

Salam Pramuka! Adalah salam yang selalu terdengar dalam setiap kegiatan Pramuka baik tingkat Siaga Penggalang, Penegak dan Pandega. Bunyi salam Pramuka pun tetap terdengar walau sekarang banyak kegiatan secara online (daring).

Kegiatan Pramuka secara online mengharuskan setiap peserta didik tingkat Siaga, Penggalang, dan Penegak berbagi materi dan juga berkegiatan secara online. Seperti kegiatan mengisi poin – poin materi Syarat Kecakapan Umum (SKU).

Sebagai anggota Pramuka tentu memiliki ide kreatif dalam menjalankan berbagai kegiatan. Apalagi untuk mengisi kegiatan latihan rutin Pramuka.

Pada artikel kali ini akan memberikan rekomendasi materi dan kegiatan yang dapat terlaksana secara online. Khususnya pada materi – materi yang tersusun dalam SKU untuk penjenjangan tingkat.

Selain itu, karena pengisian SKU harus selalu tetap berjalan untuk memenuhi kompetensi wajib anggota Pramuka. Berikut beberapa materi yang dapat menjadi pilihan untuk peserta didik tingkat Penggalang dan Penegak.

Materi Pramuka Penggalang Secara Online

Latihan rutin penyampaian secara online pada anggota penggalang dapat mengisi materi SKU. Beberapa rekomendasi materi SKU yang dapat terisi saat latihan rutin online adalah sebagai berikut.

  • Mengoperasikan dan merawat teknologi informasi

Teknologi informasi (TI) adalah materi pada SKU yang dapat kita sampaikan saat latihan Pramuka online tingkat penggalang.

Materi yang terdapat pada poin SKU ini bertujuan untuk mencapai kompetensi anggota dalam mengenal teknologi dan fungsinya. Terutama teknologi yang berfungsi sebagai pengolah data. Yang mana data akan bermanfaat menjadi sumber informasi.

Materi kegiatan pramuka penegak penggalang syarat kecakapan umum online
Kegiatan Pramuka Siaga

Penyampaian materi untuk anggota Pramuka penggalang tentang poin TI adalah sebagai berikut.

  1. Mengenalkan teknologi dengan fungsi mengolah data yang ada pada sekitar anggota
  2. Menyampaikan cara penggunaan teknologi tersebut secara singkat
  3. Menampilkan hasil olahan data
  4. Memberikan ilustrasi menggunakan hasil olahan data menjadi informasi bermanfaat
  5. Mendemonstrasikan cara merawat teknologi yang sesuai prosedur
  6. Meminta anggota perwakilan untuk mendemonstrasikan kembali dengan contoh yang berbeda

Baca juga:

Materi Pramuka Penegak Secara Online

Kegiatan Pramuka penegak umumnya adalah berupa penerapan materi – materi dalam kegiatan sehari – sehari. Yakni pada lingkungan keluarga dan masyarakat. Tapi bukan berarti penguatan materi dalam kegiatan latihan rutin Pramuka online tidak terbutuhkan.

Dengan adanya penyampaian materi secara online yang ada pada Syarat Kecakapan Umum. Maka dapat memberikan wawasan tambahan bagi anggota terhadap pentingnya pendidikan kewarganegaraan. Serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme dan bela negara.

Berikut adalah beberapa materi Pramuka penegak online yang tersusun pada poin SKU mengenai pendidikan kewarganegaraan.

Penegak Bantara

  • Menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila

Pancasila adalah dasar negara republik Indonesia. Yang menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia yang terdiri dari lima dasar. Lima dasar tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Untuk kegiatan latihan rutin Pramuka penegak secara online dapat menggunakan materi pengamalan Pancasila sebagai pemenuhan poin SKU. Yakni dengan cara memahmi isi 45 butir – butir pengamalan Pancasila berdasarkan Tap MPR No II / MPR / 2003.

Penegak Laksana

  • Sejarah, arti, tata cara penggunaan dan kiasan Sang Merah Putih

Bendera adalah sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan negara. sebagaimana yang telah teramanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dengan adanya materi poin SKU tentang bendera anggota Pramuka penegak memiliki beberapa kompetensi. Yakni mampu memahami sejarah, arti, tata cara penggunaan, dan kiasannya bagi negara dan bangsa ini.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →