Materi Sandi Pramuka Penggalang dan Contohnya

Update Terakhir: 15 September 2021 oleh Abdul Jalil

Sandi morse, koordinat, dan ular adalah beberapa contoh materi sandi pada tingkat Pramuka Penggalang. Artikel berikut ini akan menguraikan secara singkat beserta contoh soal dan cara membaca sandi pada kegiatan Pramuka.

Mengenal macam – macam sandi adalah salah satu materi yang ada pada kegiatan Pramuka penggalang. Dan tertuang pada poin – poin Syarat Kecakapan Umum bagi anggota Pramuka.

Pengertian Sandi Pramuka

Sandi adalah salah satu media pembelajaran dalam kegiatan Pramuka untuk melatih ketelitian dan kecerdasan anggota. Selain untuk melatih kecerdasan dan ketelitian anggota Pramuka juga berfungsi untuk memberikan tantangan yang menarik dalam sebuah kegiatan.

Untuk penyampaian materi sandi Pramuka pun harus kita sesuaikan dengan tingkatannya yakni siaga, penggalang dan penegak. Agar anggota mampu menerima dan memahami dengan mudah. Sehingga tujuan pembelajaran pun dapat tercapai.

Ada banyak macam sandi Pramuka yang telah kita kenal hingga saat ini. Untuk dapat memahaminya maka kedudukan sandi pramuka tidaklah harus baku. Kecuali pada sandi Morse atau kode morse yang telah baku dalam skala internasional.

Maka cara untuk membaca dan membuat sandi pun berbeda – beda. Salah satu contoh sandi Pramuka Penggalang dengan cara penyebutan berbeda adalah sandi koordinat.

Sandi koordinat ada yang menyebutnya sandi MERAH PUTIH atau GUDEP SEDIA atau dengan nama lainnya sesuai daerah. Yang menjadi dasar huruf pada kolom atau baris berjumlah enam. Untuk lebih lengkapnya dapat kita bahas pada contoh soal sandi koordinat.

Sehingga untuk cara membaca atau sebutannya sebuah sandi dapat menyesuaikan pada setiap kegiatan Pramuka daerah masing – masing.

Baca juga:

Contoh – Contoh Sandi Pramuka Tingkat Penggalang

Beberapa contoh dan soal pada materi sandi pramuka penggalang yang kita ulas adalah morse, ular dan koordinat.

Sandi Morse

Kode morse atau sandi morse adalah salah satu sandi internasional yang dapat kita kenali bersama dalam sebuah kegiatan Pramuka. Nama dari sandi atau kode morse berasal dari para penemunya. Yakni Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail sekitar pada tahun 1835.

Bentuk dari sandi morse adalah sebuah titik dan garis. Maka morse adalah sandi yang merepresentasikan huruf, angka, tanda baca dan sinyal. Titik dan garis pada sandi morse Pramuka mewakili karakter tertentu pada alfabet, angka atau sinyal.

Penyampaian sandi morse dalam kegiatan Pramuka penggalang dapat menggunakan media suara dari peluit dan cahaya dari senter. Sedangkan untuk cara menghafalkannya dapat menggunakan beberapa metode. Seperti pengelompokan, substitusi, dan koch. Untuk lebih jelasnya silahkan klik artikel berikut ini.

Baca juga:

Sandi Ular

Ciri khas sandi ular adalah terletak pada cara membaca yang berkelok – kelok. Kelokan ini sesuai dengan pergerakan ular yang badannya akan berliuk – liuk saat melata pada tanah.

Cara membuat sandi ular pun cukup mudah. Yakni hanya menyusun ke bawah dari kiri kekanan secara urut. Untuk lebih jelasnya simak contoh berikut.

Contoh soal sandi ular untuk Pramuka penggalang.

materi dan contoh soal sandi pramuka penggalang morse dan ular
Cara membaca sandi ular

Dari contoh dapat kita terjemahkan bahwa kode sandi ular terbaca

BINTANG LAUT ADALAH HEWAN FILUM ECHINODERMATA   

Contoh soal diatas tersusun dari 40 huruf yang terangkai dalam satu kalimat. Untuk menyusunnya menjadi sandi ular bagilah huruf menjadi empat baris. Setiap baris terdiri dari 10 huruf.

Sandi Koordinat

Materi sandi Pramuka penggalang dengan penamaan yang berbeda pada setiap daerah salah satunya adalah koordinat. Penamaan yang umum kita kenal adalah sandi MERAH PUTIH dan GUDEP SEDIA. Dua kata tersebut terbagai dalam kolom dan baris dengan jumlah enam huruf. Setiap kolom berisikian huruf dari A sampai Y. Berikut contoh soal dan cara membaca sandi koordinat.

contoh cara membaca sandi koordinat pramuka
Cara membaca sandi koordinat

PRAMUKA ITU ASIK

MI RI MP RT MH MT MP AU HI MH MP AI MT

Dari contoh soal pembacaan sandi kita awali dengan melihat daftar huruf. Misal huruf R. Maka kita cari huruf pada kotak. Lalu tarik ke atas dan ke samping. Maka terlihat kode huruf adalah R dan I. Kemudian tuliskanlah kode huruf berdampingan yakni RI.

About Adha Susanto

Pandega Bala Shark Racana Diponegoro Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →