Kegiatan Dianpinsat: Tujuan, dan Contoh Kegiatannya

dianpinsat

Update Terakhir: 16 Februari 2022 oleh Abdul Jalil

Pernah mendengar isitilah Dianpinsat? Dan apakah itu? Merupakan akronim atau singkatan dari Gladian Pimpinan Satuan Penegak. Tujuan dari kegiatan Dianpinsat adalah untuk melatih pengurus ambalan penegak untuk lebih cakap, terampil dan lain – lain. Berikut adalah contoh dan bentuk kegiatan Dianpinsat.

Kegiatan ini merupakan salah satu ajang pertemuan bagi anggota Pramuka tingkat penegak. Dan tentu saja kegiatan ini sangat bermanfaat. Sehingga bagi Anda yang pernah mengikuti kegiatannya sangatlah beruntung. Sedangkan yang belum pernah dan masih SMA tenang masih ada kesempatan.

Dalam pelaksanaannya kegiatan pelatihan ini dapat di lakukan tanpa bermalam dan bisa pula bermalam. Durasi pelatihan umumnya selama tiga hari dua malam. Cukup panjang bukan untuk saling mengenal antar peserta penegak yang terlibat.

Selain sebagai ajang untuk mencari ilmu pengetahuan tentang mengelola ambalan. Kegiatan Dianpinsat lainnya adalah untuk membekali pengalaman dalam mengenal karakter, sifat, dan sikap seseorang. Dengan begitu maka kita akan memperoleh teman baru ada yang asik, jutek, dan pendiam.

Pengertian

Bersumber dari Jukran Geladian Pimpinan Satuan Penegak tahun 1987. Dianpinsat Pen adalah alat bagi para pembina Pramuka dan pembantu pembina untuk menerapkan sebuah sistem among. Melatih secara langsung dengan menggunakan teknik dan metode kepramukaan tingkat penegak.

Simple Calculator Lite
Kegiatan Dianpinsat
Kegiatan Dianpinsat SMA Negeri 2 Kota Mojokerto – pramukasmanda

Gladian atau latihan khusus untuk anggota penegak yang bertugas sebagai pengurus dewan ambalan, pemimpin dan wakil pemimpin sangga. Yang mana memiliki tujuan untuk mengembangkan anggota penegak agar:

  1. Dapat mengembangkan kepemimpinannya
  2. Meningkatkan kecakapan, keterampilan, dan kemampuan dalam teknik kepramukaan
  3. Mampu menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajibannya sebagai ketua atau wakil ketua sangga

Semua bentuk kegiatannya terkemas dengan metode kepramukaan yang menarik dan praktis. Agar anggota penegak dapat menerima semua materi dengan mudah dan tidak membosankan. Serta bagi pembina dan pembantu pembina Pramuka dapat menerapkan sistem among dan beregu dengan sebaik – baiknya.

Tujuan Dianpinsat adalah untuk melatih pengurus ambalan penegak untuk lebih cakap, dan terampil. Selain itu juga untuk membentuk jiwa kepemimpinan para pimpinan sangga. Sehingga dapat meningkatkan kerja sama antar sesama pengurus ambalan.

Baca Juga:

Bentuk dan Contoh Kegiatan Dianpinsat

Metode kepramukaan yang selalu menarik memang tidak pernah membuat bosan para anggotanya. Demikian pula pada kegiatan pelatihan ini. Dengan mengenal alam lingkungannya kegiatan semakin tidak terasa berat dengan materi – materi. Walau memang tidak terlepas dari beberapa materi yang cukup berat.

bentuk dan contoh kegiatan dianpinsat
Bentuk dan Contoh Kegiatan – pramukasmanda

Adapun bentuk materi yang umum tersajikan dalam kegiatan latihan ini terdiri dari:

Patriotisme

Isi dari materi patriotisme ini bertujuan untuk memahami bentuk – bentuk adat istiadat, budaya, dan nilai – nilai Pancasila. Salah satu contoh materi patriotisme ini adalah menceritakan nilai adat kebudayaan lingkungan sekitarnya.

Organisasi dan Administrasi

Mengenalkan berbagai macam administrasi sangga, ambalan, dan gugus depan. Serta bagaimana cara mengelola pembukuan keuangan yang sederhana. Contoh bentuk kegiatannya adalah merancang rencana anggaran biaya dan administrasi kegiatan lomba tingkat penggalang.

Peranan Pemimpin Satuan Penegak

Mampu memahami sikap kepimpinan dalam mengelola ambalan dan sangga dalam sebuah gugus depan. Adapun bentuk prakteknya adalah membuat perencanaan, persiapan, dan penyusunan laporan kegiatan satuan. Serta teknik untuk melatih anggota satuan dalam menempuh SKU dan SKK.

Kegiatan Dianpinsat

Bisa jadi dari tiga materi yang tersebutkan sebelumnya, materi kegiatan menjadi yang paling favorit. Karena isi materi kegiatan latihan lebih cenderung ke lapangan yakni berkemah dan outbond.

Pada materi kegiatan anggota akan mendapatkan pelatihan berupa:

  • Menyusun menu masakan kemah yang bergizi
  • Membuat api unggun dan nilai pendidikannya
  • Latihan berbagai jenis upacara dan adat ambalan
  • Mengenal cuaca dan tanda – tanda alam
  • Melatih fisik dengan melewati medan halang rintang
  • Serta kegiatan menarik lainnya

Itulah gambara kegiatan dan tujuan dari Dianpinsat. Lalu apakah Anda tertarik untuk ikut suatu saat? Jika memang tertarik jangan lupa untuk giat berlatih dalam ambalan. Agar bisa menjadi perwakilan ambalan untuk latihan pada tingkat Kwartir Ranting atau Cabang.

Kuota peserta latihan ini lumayan banyak lho. Jumlahnya mencapai 30 sampai 60 peserta. Cukup banyak kan? Masih ada kouta untuk Anda yang duduk dan menjadi anggota ambalan penegak. Jadi segeralah bersiap pada pertemuan berikutnya di daerah Anda.

Baca Juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →