Pesta Siaga Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Update Terakhir: 8 Oktober 2021 oleh Abdul Jalil

Pesta Siaga adalah kegiatan pertemuan antar Pramuka golongan siaga . Kegiatan tersebut menjadi salah satu kegiatan yang sangat menarik, asyik dan juga penuh kegembiraan. Dalam dunia pendidikan kepramukaan Pesta Siaga bisa menjadi sarana untuk belajar, bermain, saling mengenal, dan berkompetisi antara sesama anggota.

Untuk mengikuti kegiatan Pesta Siaga anggota Pramuka harus memiliki umur antara 7 sampai 10 tahun (sesuai penggolongan usia Siaga). Pada kegiatan tersebut juga dapat menjadi wadah bagi anggota untuk mengisi poin – poin SKU. Kegiatan Pesta Siaga akan memberikan pengalaman baru kepada setiap anggota Pramuka yang mengikutinya.

Baca juga:

Manfaat Mengikuti Pesta Siaga

Ada beragam manfaat untuk setiap anggota Pramuka (peserta didik ) yang mengikutinya antara lain:

  • Menambah Pengalaman

Setiappeserta didik akan mendapatkan pengalaman baru tentang berbagai kegiatan menarik selama kegiatan berlangsung. Dari pengalaman yang sudah didapatkan, nantinya dapat menceritakan kembali kepada teman-teman di sekolahannya.

  • Melatih Sikap Bertanggung Jawab

Setiap peserta akan mendapatkan tugas untuk menyelesaikannya. Dari situ pembimbing/pembina di pos jaga dapat melihat bagaimana sikap/perilaku dari anggota Pramuka ketika mengerjakan tugas.

  • Mendapat Teman Baru

Menjadi momen yang bagus dan sangat tepat ketika ingin peserta didik ingin mendapatkan teman baru dari sekolah lainnya yang mengikuti Pesta Siaga. Yaitu ketika ada kegiatan Pramuka minimal tingkat kecamatan. Karena pastinya ada banyak sekali peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

  • Menguji/Meningkatkan Kemampuan Diri (Peserta Didik)

Lomba pada kegiatan tersebut yang berbentuk taman-taman berisi berbagai macam tugas dari kakak pembimbing atau penjaga taman. Hasil dari tugas yang telah mereka dapatkan bisa menjadi bahan penilaian sejauh mana peserta didik mampu dalam menyerap ilmu saat latihan Pramuka di sekolah. Sekaligus dapat menjadi bahan evaluasi untuk pembimbing/pembina.

  • Dapat Menjadi Motivasi

Adanya kegiatan besar di tingkat kecamatan (Kwarran) akan memunculkan keinginan dari anak-anak untuk mengikuti latihan rutin Pramuka setiap minggu. Tentu saja ada manfaat kalau bisa mengikuti kegiatan seperti Pesta Siaga. Pembina akan menyeleksi anggota atau peserta didik yang rajin hadir dan yang terbaik.

  • Meningkatkan Semangat Berkompetisi

Anak-anak suka dengan kegiatan Pramuka yang ‘berbau’ kompetisi. Ketika pembina menyampaikan pesan akan ada lomba, anak-anak umumnya antusias ingin mengikutinya. Kegiatan seperti itu akan memacu peserta didik untuk membuktikan siapa yang menjadi terbaik, mendapatkan penghargaan, dan juga berhak untuk mewakili sekolah/kecamatan/kabupaten/provinsi pada kegiatan Pramuka.

Baca juga:

Pesta Siaga Kecamatan Banyumanik Tahun 2019

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →