Syarat Memilih Tempat Berkemah Yang Ideal

tips memilih tempat berkemah

Update Terakhir: 13 Juli 2022 oleh Abdul Jalil

Berbicara mengenai berkemah, pernahkah Anda memikirkan tempat terbaik untuk berkemah bersama keluarga, teman-teman atau pasangan? Tentu saja Anda akan memilih beberapa syarat khusus mengenai tempat ideal untuk berkemah.

Ada beragam tempat yang cocok untuk menjadi destinasi berkemah bersama orang-orang tersayang. Salah satunya Anda pasti memilih tempat memiliki suasana yang nyaman dan juga pemandangan yang bagus.

Berikut ini kami rangkum beberapa syarat atau tips memilih tempat berkemah yang cocok untuk keluarga, rekan kerja, teman atau pasangan Anda. Yuk, simak rangkuman di bawah ini.

1. Tempat Mudah Diakses

Salah satu syarat berkemah yang ideal adalah tersedia akses menuju lokasi baik menggunakan kendaraan seperti motor maupun mobil. Paling minimal adalah ada akses jalan untuk pejalan kaki (namun hal ini tidak menjadi rekomendasi kami).

2. Lokasi Masih Asri dan Minim Polusi Udara

Simple Calculator Lite

Anda harus memastikan lokasi yang akan menjadi tempat berkemah masih memiliki lingkungan yang asri. kualitas udara juga harus minim polusi. Salah satu rekomendasi kami adalah Anda bisa memilih lokasi berkemah di bawah hutan pinus.

3. Tersedia Fasilitas Kebersihan

Jika berkemah hanya seorang diri mungkin poin di atas Anda bisa mengabaikannya. Lain cerita jika Anda berkemah bersama keluarga. Tentu saja fasilitas kebersihan seperti toilet akan menjadi hal yang tidak boleh Anda abaikan.

4. Tersedia Air Bersih

Air bersih merupakan salah kebutuhan primer manusia. Oleh karena itu, ketersediaan air bersih di sekitar lokasi berkemah harus Anda pertimbangkan.

5. Jauh Dari Bahaya Hewan Liar

Bahaya serangan hewan liar bisa datang kapan saja. Alangkah baiknya Anda tidak melakukan kegiatan perkemahan di lokasi yang rawan serangan hewan liar. Contoh serangan dari babi hutan dan ular berbisa.

6. Pilih Kontur Tanah Yang Datar

Pemilihan lokasi tanah yang datar dan kering tentu akan memudahkan Anda ketika ingin mendirikan tenda untuk beristirahat.

Baca juga:

Tips Lainnya Ketika Ingin Memilih Tempat Berkemah

7. Tersedia Jaringan Internet 4G

Tidak ada salahnya memilih lokasi perkemahan yang terdapat sinyal internet 4G. Meskipun Anda lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Tentu saja Anda ingin sekali langsung membagikan dari tempat berkemah momen kebersamaan di media sosial tanpa kendala yang berarti.

8. Tersedia Lahan Parkir Untuk Motor dan Mobil

Jika Anda memutuskan berkemah bersama keluarga atau rekan kerja. Pastinya Anda akan membawa kendaraan bermotor untuk menuju ke tujuan. Sebelum memilih tempat berkemah Anda harus bertanya kepada pengelola apakah lokasi cukup untuk parkir mobil.

9. Menyediakan Perlengkapan Berkemah

Untuk poin terakhir ini hanya berlaku untuk Anda yang memang tidak ingin repot-repot mempersiapkan perlengkapan dasar berkemah seperti tenda dan sebagainya. Karena beberapa pengelola umumnya sudah menyediakan layanan sewa tenda.

Namun, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra. Biasanya harga sewa sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa di tempat khusus penyewaan.

Demikian penjelasan beberapa poin mengenai syarat memilih tempat untuk berkemah yang ideal untuk Anda bersama keluarga. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Ada. Terima kasih

Baca juga:

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →