Perkemahan Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

tenda di perkemahan

Update Terakhir: 15 Juli 2021 oleh Abdul Jalil

Perkemahan atau tempat berkemah adalah salah satu tempat kegiatan di luar ruangan yang menarik untuk kita ikuti. Dari jaman SD hingga SMA kira-kira kamu sudah ikut berkemah berapa kali? Momen apa yang membuatmu bisa merasa senang bisa ikut berkemah?

Sebagai informasi tambahan, perkemahan itu tidak hanya untuk anak Pramuka saja. Melainkan, orang-orang yang memang sedang ada misi (perang), perjalanan jauh di tengah hutan dan butuh tempat berkemah untuk beristirahat.

Di sini saya akan membahasnya secara umum mengenai pengertian, fungsi, dan tujuan perkemahan itu sendiri. Yuk, mari simak pembahasan berikut ini.

Pengertian

perkemahan atau tempat berkemah adalah
Tenda Biru di Perkemahan

Perkemahan (kemah) adalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu: hal berkemah1, himpunan kemah2 (pramuka, pasukan, dan sebagainya) atau tempat berkemah3. Jadi, perkemahan merupakan tempat kegiatan yang umumnya dilakukan lebih dari 1 orang.

Tempat berkemah umumnya sangat luas seperti lapangan atau cukup sepetak tanah untuk mendirikan tenda. Hal itu bisa sangat menyenangkan sekali jika berkemah di tempat yang memiliki pemandangan bagus.

Tidak heran jika di Indonesia banyak sekali tempat-tempat bagus dan indah yang cocok untuk kegiatan di luar ruangan. Contoh yang bisa kamu lakukan ketika melakukan kegiatan luar ruangan adalah mendaki gunung, menjelajahi hutang, atau kegiatan lainnya.

Perkemahan memiliki fungsi dan peranan yang cukup penting sebagai salah satu tempat untuk menunjang kegiatan bersama. Umumnya tempat tersebut sudah dipersiapkan sebaik mungkin menyelenggarakan suatu acara atau kegiatan. Contoh Bumi Perkemahan Pramuka di Cibubur.

Baca juga:

Tujuan Perkemahan

Kegiatan di luar ruangan yang mengharuskan kita kemah sebenarnya memiliki tujuan baik. Contoh seperti dalam kegiatan kemah kepramukaan baik itu Persami maupun Jambore. Berikut ini adalah tujuan dari Perkemahan.

  • Memberikan pengalaman baru

Memberikan pengalaman baru mengenai keterkaitan alam dan kebutuhan untuk melestarikannya. Menjaga lingkungan dan ikut serta bertanggung jawab akan masa depan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

  • Mengembangan skill

Menjadi tempat mengembangkan skill individu dan kelompok untuk mengatasi berbagai tantangan khususnya di alam terbuka. Memberikan pemahaman baru di setiap individu bagaimana cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.

  • Menjalin persaudaraan

Membangun kerjasama yang kuat antar individu demi menjaga rasa persatuan dan kesatuan. Dengan demikian, sikap memusuhi dan salah paham dapat diminalisir.

Bagaimana penjelasannya, mudah bukan ? Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →