Jenis Jenis Tenda Perkemahan Untuk Kegiatan Outdoor

Update Terakhir: 25 Juli 2022 oleh Abdul Jalil

Saat kita berkemah di alam terbuka, tentu saja ada satu perlengkapan yang tidak boleh terlupakan. Yaitu tenda dan pada kesempatan akan membahas mengenai seputar jenis jenis perkemahan, seperti Tenda Dome, Tenda Tunnel, Tenda Geodesic Dome, Tenda Quick Pitch dan Tenda Ridge.

Keamanan dan ketahanan tenda perkemahan menjadi sangat penting. Mengingat fungsi dari tenda itu sendiri sebagai tempat untuk beristirahat dan juga sebagai tempat berlindung. Oleh karena itu sebelum melakukan perkemahan, perlu kita ketahui jenis tenda perkemahan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut jenis-jenis tenda perkemahan yang ada di pasaran. Mungkin, kalian tidak asing dengan salah satu tenda di bawah ini. Simak baik-baik ya.

Baca juga:

Jenis Jenis Tenda Perkemahan dan Keunggulannya

Tenda Dome

kubah
Tenda Dome – Unsplash

Memiliki ciri khusus bentuk yang melengkung di masing-masing tiang penyangga. Terdapat dua atau tiga kutub tiang yang membujur setengah lingkaran untuk menyangga tiang. Jenis tenda  ini cocok untuk kegiatan perkemahan dan nyaman untuk tidur.

Simple Calculator Lite

Jenis tenda ini sangat mudah untuk pasang dan bongkar di pegunungan sekalipun. Keunggulan dari jenis tenda ini adalah bahan dan berat bebannya yang ringan. Selain itu, tenda jenis ini juga terdapat alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. 

Tenda Tunnel

jenis jenis tenda pekemahan pada Tenda Tunnel
Tenda Tunnel – Unsplash

Jenis Tenda Tunnel yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik. Memiliki kesan agak terbuka namun cocok untuk kegiatan perkemahan keluarga. Tenda Tunnel memiliki ciri-ciri pada bagian tengah mempunyai ukuran bingkai yang lebih tinggi daripada bagian tepi.

Tenda ini berbentuk terowongan yang memanjang, di dalamnya memberikan ruangan lebih cukup untuk beberapa orang. Oleh karena itu tenda jenis ini sangat cocok digunakan kemah rame-rame.

Keunggulan dari tenda jenis ini adalah ujungnya yang cukup runcing memberikan perlindungan yang lebih terhadap hembusan angin. Namun, untuk proses pemasangannya membutuhkan minimal 2 orang dan waktu pendirian relatif lama.

Tenda Geodesic Dome

Geodesic Dome

Terlihat mirip dengan tenda Dome, perbedaannya pada bagian depan yang terlihat tertutup. Tenda jenis Geodesic Dome ini memiliki banyak ukuran dan struktur yang kuat. Oleh karena itu, tenda ini sangat cocok untuk tempat berlindung dan tahan terhadap hembusan angin kencang.

Desain terlihat bulat memberikan ruang yang lapang dengan langit-langit yang lebih tinggi. Sehingga cocok dan nyaman digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Keunggulan dari tenda ini adalah kemampuannya bertahan di cuaca ekstrem karena mampu menahan hujan salju lebat, angin, dan juga hujan. 

Tenda Quick Pitch

Tenda Quick Pitch

Merupakan tenda modern jenis terakhir yang sekarang ini sedang nge-trend di kalangan petualang. Tenda ini bentuknya agak panjang dari pada tenda dome, memiliki beberapa rangka cincin setengah lingkaran, yang menjadi topangan kain tendanya.

Ciri utama Quick Pitch yakni kain dan rangkanya bersatu permanen, sehingga dalam pemasangan tinggal di buka dan dipasang. Keunggulan dari tenda ini yaitu ruangan di dalam lebih panjang, cocok untuk para petualang yang memiliki tinggi badan yang relatif tinggi.

Tenda Ridge

Tenda Ridge

Tenda jenis ini adalah model paling awal dari tenda modern yang kita kenal saat ini. Tidak hanya kokoh, bentuknya pun persis seperti atap rumah. Ciri utama dari tenda ini, yakni mereka memiliki dua sisi sama besar, dengan dua kutub yang dihubungkan dengan tali, sehingga dinamai Tenda Ridge.

Kelebihan tenda ini yakni stabil dan kokoh, serta mudah untuk di dirikan. Kekurangannya, tenda ini idealnya untuk dua-tiga orang, karena semakin tinggi tiang pancang, angin yang menerjang akan semakin kuat.

Baca juga:

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →