Tujuan Mendaki Gunung: Syarat TKK Pendaki

syarat mendapatkan tkk pendaki gunung

Update Terakhir: 12 Agustus 2022 oleh Abdul Jalil

Selain karena tujuan untuk memenuhi syarat mendapatkan TKK pendaki, mendaki gunung juga memiliki manfaat dan sensasi tersendiri. Sehingga banyak pemula yang awalnya merasakan lelah, kemudian ingin mendaki lagi di lain waktu.

Akhir – akhir ini kegiatan mendaki sangat di minati oleh banyak pemuda laki – laki dan wanita. Menurut para pendaki mendaki gunung merupakan kegiatan yang penuh tantangan untuk mencapai kebahagiaan.

Dalam Gerakan Pramuka mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang memiliki manfaat dan tujuan untuk membentuk karakter. Karena dalam kegiatan ini pula peserta didik dapat belajar bagaimana cara peduli dan kasih sayangnya terhadap alam dan manusia.

Oleh karena itu, mendaki gunung termasuk dalam salah satu jenis Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang harus di capai. kami telah merangkum beberapa syarat untuk mendapatkan TKK pendaki gunung yang sayang jika terlewatkan.

Baca Juga:

Syarat Untuk Mendapatkan TKK Pendaki Gunung

Secara garis besar anggota yang berhak mendapatkan TKK pendaki gunung purwa, madya, dan utama hendaknya telah:

  1. Mengenal gunung berapi yang aktif dan tidak aktif serta berbagai potensi bahayanya
  2. Membuat sketsa pendakian gunung
  3. Mampu menyuluhkan fungsi gunung dan pentingnya menjaga kelestarian alam
  4. Mengerti makna dan hikmah gunung serta seluruh isinya

Keseluruhan syarat tersebut memiliki tujuan agar anggota Pramuka yang mendaki dapat mengenal seluruh komponen alam. Serta memahami berbagai manfaat kehidupan yang selaras dengan alam.

Tujuan Mendaki Gunung

Ada berbagai macam tujuan yang ada dalam hati dan pikiran seseorang mengapa harus mendaki. Dan umumnya mendaki untuk memuaskan diri mendaki serta menjadi ajang pembuktian kepada orang lain.

Namun, terdapat pula beberapa tujuan lain yang menarik. Kami telah merangkumnya yang sangat sayang jika tidak di simak.

Refreshing

Dari sekian banyak tujuan seseorang untuk mendaki. Refreshing adalah tujuan utama para pendaki masa kini yang penat dengan perkotaan dan pekerjaan yang padat. Demikian pula bagi anggota Pramuka yang menikmati pendakian untuk memenuhi syarat dan mendapatkan TKK pendaki gunung.

Dengan refreshing ke alam seseorang akan mendapatkan udara atau oksigen bersih yang sangat bagus untuk melancarkan peredaran darah. Sehingga keesokan harinya ketika bekerja atau beraktivitas seperti biasanya dapat lebih produktif.

Meningkatkan rasa percaya diri

Medan yang terjal selama perjalanan jauh untuk mendaki merupakan tantangan alam yang harus terlewati. Oleh karena itu, perbekalan fisik, tenaga, dan logistik yang cukup menjadi kunci agar mampu melewati tantangannya.

Ketika terencana dengan baik tujuan mendaki gunung untuk meningkatkan rasa percaya diri pun dapat tercapai. Rasa minder sebagai pemula akan berubah seketika saat mencapai puncak gunung. Bahkan ingin lagi mendaki pada lain waktu dengan gunung dan tantangan yang berbeda.

Menikmati kehidupan alam

Sang Pencipta telah memberikan alam sebagai tempat untuk kehidupan berbagai mahluk hidupnya seperti kita sebagai manusia. Alam mengjarkan kita bahwa hidup harus selalu memberikan manfaat kepada yang lain seperti saat mendaki gunung. Agar kehidupan lebih terasa bermakna dan berwarna.

Baca Juga:

Manfaat Mendaki Gunung

Selain mencapai beberapa tujuan dari mendaki gunung, berikut beberapa manfaat untuk kesehatan yang sayang apabila tidak terbaca.

tujuan dan manfaat mendaki gunung serta syarat mendapatkan tkk pendaki
Mendaki gunung – Unsplash

Menjaga kesehatan jantung

Saat mendaki tubuh pun mengalami peningkatan kerja jantung dari biasanya. Oleh karena itu, mendaki dapat meningkatkan kinerja dan kesehatan jantung. Apalagi udara gunung yang bersih sangat bermanfaat untuk tubuh karena jantung dapat mengalirkan darah dengan lancar.

Memperkuat otot – otot tubuh

Perjalanan yang cukup lama dan terjal dapat membuat otot – otot tubuh semakin kuat. Selain itu logistik naik gunung yang terpikul juga membuat otot kaki, perut, paha, dan bagian lainnya menjadi lebih kuat.

Menurunkan berat badan

Medan mendaki yang sulit membutuhkan tenaga yang ekstra agar dapat melewatinya. Tubuh yang membutuhkan tenaga besar akan membakar kalori dalam jumlah yang banyak sebagai sumber tenaga.

Sehingga tujuan mendaki gunung tidak hanya untuk membuat hati senang. Tapi mendaki gunung juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga:

Meningkatkan kepadatan tulang

Ada berbagai cara untuk membuat tulang menjadi padat khususnya pada bagian kaki. Namun, kegiatan mendaki menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk memperkuat tulang karena terlatih dengan beratnya medan perjalanan.

Kaki dan bagian tubuh lainnya yang terlatih pada medan yang berat dapat membuat tulang menjadi lebih sehat. Penyakit tulang seperti osteoporosis dapat terhindar jika terus melakukan olahraga rutin yang membuat tulang menjadi kuat.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →