Kegiatan Persami dan Susunan Acaranya

kegiatan persami

Update Terakhir: 30 Januari 2022 oleh Adha Susanto

Umumnya banyak Sekolah Dasar mengisi hari sabtu dan minggu dengan kegiatan kemah yang biasa kita sebut persami. Untuk membuat kegiatan persami yang mengesankan maka perlu persiapan jadwal dan susunan acara perkemahan yang menarik pula. Lalu terdiri dari apa sajakah itu persiapan dan susunan acara persami?

Perkemahan sabtu minggu tidaklah serta merta langsung dapat terlaksana dengan persiapan yang singkat. Melainkan membutuhkan persiapan yang matang. Seperti kesiapan panitia, lokasi, alat, dan bahan kemah.

Untuk memberikan referensi terhadap berbagai macam persiapan tersebut. Maka ada baiknya simak uraian persiapan dan susunan acara perkemahan sabtu minggu atau persami berikut ini.

Persiapan kegiatan persami

Perencanaan yang maksimal pada kegiatan kemah memang sangat penting. Terlebih lagi untuk mendapatkan kenangan yang mengesankan mengenai keingin tahuan apa itu persami.

Persiapan itu sangatlah penting dalam melengkapi keperluan yang umum dan bahkan hingga tak terduga. Maka kebutuhan seperti alat, personel, dan bahan lainnya membutuhkan waktu yang relatif panjang.  

Simple Calculator Lite

Kesiapan panitia

Panitia memiliki tugas yang berat. Adapun tugas panitia lebih terasa lebih dahulu daripada peserta kegiatan persami. Seperti mengonsep hingga mengeksekusinya di lapangan.

Pembentukan personel kepanitian pun membutuhkan pertimbangan yang matang. Terutama untuk menempatkan setiap individu pada sie yang tepat sesuai dengan kepribadian dan visi kerjanya.

kegiatan dan susunan acara apa itu persami
Panitia kegiatan persami

Pemilihan lokasi

Kegiatan persami akan relatif menyenangkan bila pemilihan lokasinya yang tepat. Utamakan memilih lokasi dengan fasilitas yang memadai. Seperti tersedianya toilet umum, lapangan lebar dan tidak jauh dari rumah warga.

Kesiapan peserta

Menyiapkan peserta dari jauh hari dengan memberikan pembekalan materi kelengkapan berkemah akan jauh lebih baik. Terutama untuk membentuk pemikiran anggota yang kritis dan kreatif.

Simak artikel persiapan berkemah: Peralatan Berkemah Bagi Anggota Pramuka

Mampu menyiapkan bahan kebutuhannya sendiri dengan kelengkapan yang tepat. Sehingga dengan begitu maka para pendamping tidak terlalu kewalahan dalam mendampinginya saat di lapangan.

Susunan acara kegiatan persami

Pada umumnya susunan acara dan jadwal kegiatan perkemahan sabtu minggu tidaklah baku. Semuanya fleksibel untuk menyesuaikan waktu dan kondisi lapangan yang ada.

Walau sebelumnya kita telah memperkirakan beberapa kemungkinan lainnya. Tapi karena sifatnya yang acak maka hal tak terduga pasti akan terjadi. Oleh sebab itu kreativitas di lapangan akan membantu kesuksesan acara.

Mendirikan tenda

Ketika sudah berada pada lokasi perkemahan. Alangkah baiknya anggota Pramuka langsung berbaris untuk menerima arahan atau briefing dari panitia. Arahan utamanya adalah persiapan mendirikan tenda sesuai bloknya masing – masing.

Fungsi kegiatan pendirian tenda adalah untuk melatih anggota Pramuka penggalang dalam bekerjasama tim. Untuk lebih memacu kerjasama tim maka kegiatan pendirian tenda harus teralokasikan waktu sesuai dengan jadwal. Agar peserta disiplin dalam menjalankan tugasnya sesuai waktunya.

Upacara pembukaan

Saat mendirikan tenda maka sebagian dari anggota penggalang mempersiapkan upacara pembukaan. Upaca pembukaan kegiatan kemah persami di lakukan dengan tujuan membuka secara resmi rangkaian susunan acara. Dengan memberikan gambaran rangkaian acara kepada anggota penggalang maka mereka dapat mempersiapkan lebih awal.

Istirahat

Setelah rangkaian upacara pembukaan selesai sesuai jadwal kegiatan. Selanjutnya peserta mempersiapkan diri untuk melakukan ibadah dan makan siang.

Sembari menunggu maka dapat pula peserta kita arahkan untuk mempersiapkan kegiatan selanjutnya.

Kegiatan lomba persami

Pelaksanaan lomba persami sifatnya santai. Pelaksanaannya sesuai jadwal pos lomba. Jadi jika ada dua cabang lomba. Maka kegiatan terlaksana pada dua waktu yang berbeda.

Baca Juga: 4 Game Seru dan Lucu di Perkemahan Pramuka

Berikut dua contoh cabang lomba persami.

  1. Baca naskah Undang – Undang Dasar 1945
  2. Pengucapan Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka

Persiapan upacara api unggun

Ketika kegiatan lomba telah terlaksanakan. Selanjutnya peserta dapat kita arahkan untuk melakukan persiapan upacara api unggun. Persiapan upacara api unggun terdiri dari:

  1. Pemilihan petugas upacara
  2. Bahan bakar api unggun
  3. Membangun bentuk susunan kayu api unggun

Baca Juga:

Istirahat

Menjelang maghrib setelah persiapan upacara api unggun selesai. Kemudian seluruh peserta Pramuka penggalang bersiap untuk ibadah dan makan malam. Tidak lupa juga untuk kita arahkan agar setiap regu mempersiapkan pertunjukan malam api unggun.

Upacara api unggun

Kegiatan persami yang sangat banyak ternantikan adalah malam api unggun. Pada malam api unggun peserta dapat kita bawa untuk membentuk spiritual dan emosionalnya.

susunan acara dan jadwal perkemahan sabtu minggu
Kemah sabtu minggu / unsplash

Untuk memberikan kesan yang lebih menarik. Games api unggun seperti permainan jika maka dapat menjadi salah satu pilihannya.

Istirahat

Karena besok pagi adalah kegiatan haiking. Maka peserta harus beristirahat dengan maksimal. Kemudian kita bangunkan pukul 03.15 WIB untuk membentuk spiritual peserta dengan melaksanakan ibadah malam. Khususnya untuk peserta penggalang yang beragama muslim.

Kegiatan renungan persami

Dini hari menjadi waktu yang cocok untuk membentuk spiritual dengan menyentuh hati peserta. Pada kegiatan renungan ini pembina dapat mengarahkan peserta ke lapangan terbuka untuk bersama merenung.

Isi renungan mengajak mengenal apa itu berbakti pada orang tua, guru, dan negara menjelang subuh di kemah persami.

Dengan catatan bahwa kegiatan renungan dalam susunan acara perkemahan hendaknya tidak tertuliskan pada jadwal untuk peserta. Hal ini untuk memberikan kejutan atau kegiatan sampingan saja.

Setelah kegiatan renungan selesai. Peserta mempersiapkan diri untuk ibadah sholat subuh dan peregangan otot – ototnya. Selanjutnya mengisi tenaga dengan sarapan bersama.

Masak dan sarapan bersama

Hal seru lainnya saat kemah sabtu minggu adalah masak bersama. Pada kegiatan masak bersama ini setiap regu menyiapkan sarapannya sendiri yang telah mereka tentukan. Kemudian menikmatinya bersama seluruh regu dalam bentuk lingkaran.

Baca Juga:

Haiking

Untuk lebih mengenang apa itu persami. Maka sebagian jawabannya ada pada kegiatan haiking. Haiking sebagai salah satu jenis kegiatan pengembaraan alam memang sangat menyenangkan. Apalagi pada kegiatan haiking terdapat beberapa kegiatan game yang menantang seperti:

  1. Jembatan berjalan
  2. Estafet air
  3. Tanda jejak
  4. Pengamatan

Ke empat game tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam susunan acara dan jadwal perkemahan sabtu minggu.

Rute haiking sendiri tidak perlu jauh – jauh. Cukup mengelilingi kampung atau lokasi bumi perkemahan saja. Dengan setiap pos – pos yang berisikan petunjuk pos selanjutnya atau dalam bentuk game.

Istirahat

Haiking memang kegiatan yang menguras tenaga. Maka setelah kegiatannya terlaksana semua peserta kita isitirahatkan dalam lokasi perkemahan. Mereka juga bisa membersihkan diri untuk persiapan ibadah dan makan siang.

Bongkar tenda

Sesudah memperoleh energinya kembali yang berasal dari makanan sehat. Instruksi kegiatan selanjutnya adalah persiapan pulang. Persiapan pulang menjadi tanggung jawab setiap peserta untuk mengemaskan tenda dan barang pribadinya.

Sebagai pembina atau kakak pendamping mengingatkan untuk memastikan barangnya tidak tertinggal atau tertukar. Setiap barang kelompok dan pribadi harus tersusun rapi pada setiap tempatnya. Agar tidak bingung ketika membutuhkannya lagi.

Upacara penutupan kegiatan persami

Pelaksanaan upacara penutupan menjadi rangkaian kegiatan terakhir. Terutama untuk menutup semua rangkaian susunan dan jadwal kegiatan perkemahan persami.

Alangkah baiknya setiap sebelum pelaksanaan upacara peserta yang bertugas melalukan gladi kotor dan bersih. Agar petugas tidak bingung dan minim melakukan kesalahan yang sifatnya hanyalah dasar.

Nah pada upacara penutupan kemah sabtu minggu ini terdapat beberapa penyampaian penting yang terdiri dari:

  1. Pesan kesan berkemah
  2. Mengumumkan regu terbaik
  3. Pemenang lomba – lomba
  4. Rencana kemah sabtu minggu selanjutnya

Atau beberapa hal penting lainnya sesuai pengalaman dan perencanaan kedepannya oleh sekolah.

Kesimpulan kegiatan persami

Susunan upacara perkemahan sabtu minggu sifatnya fleksibel. Tapi sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah terencanakan sebelumnya sebagai patokan.

Arti fleksibel yang termaksudkan adalah saat kegiatan tersebut selesai. maka waktu kosong dapat kita improsisaikan dengan kegiatan lainnya.

Jadi selamat mencoba dengan kreativitas kegiatan lainnya ya kak. Semangat dan salam Pramuka.  

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →