Kepramukaan: Pengertian, Sifat dan Fungsinya

Update Terakhir: 12 Juli 2021 oleh Abdul Jalil

Kepramukaan atau Pramuka adalah satu organisasi kepanduan yang berasal dari Inggris dan telah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Sejarah awal mula Pramuka itu sendiri ada dikenalkan oleh Bapak Pandu Sedunia yaitu Lord Robert Stephenson Smyth Boden Powell of Gilwell. 

Untuk membahasanya lebih lanjut, pada kesempatan kali kami akan berbagi pengetahuan tentang pengertian, sifat, fungsi dari Kepramukaan secara singkat dan jelas.

Pengertian Pramuka

Banyak istilah yang ada dalam  dunia Pramuka, salah satunya adalah “Kepramukaan”. Pada hakekatnya hal itu merupakan proses pendidikan non-formal dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak dan pemuda.

Kegiatan yang langsung di bawah pengawasan dan tanggung jawab dari orang tua atau orang dewasa. Kegiatannya sendiri diutamakan kegiatan luar ruangan atau di alam terbuka dengan menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan

Sifat Pramuka

Kepramukaan mempunyai tiga sifat atau ciri khas. Sifat ini ditetapkan dalam Resolusi Konferensi Kepramukaan Sedunia pada tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark. Adapun sifat-sifat tersebut adalah :

Nasional

Sifat Nasional memiliki arti suatu organisasi yang menyelenggarakan kegiatan kepramukaan di suatu Negara harus menyesuaikan pendidikannya dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.

International

Sifat Internasonal memiliki arti bahwa organisasi kepramukaan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama anggota Pramuka dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan,  tingkat, suku, dan bangsa.

Universal

Sifat Universal memiliki arti bahwa kegiatan tersebut dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja, yang dalam pelalaksanaan pendidikannya selalu menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Fungsi Pramuka

kegiatan kepramukaan atau pramuka di alam terbuka
Ilustrasi Kemah oleh Freepik

Dari Penjabaran pengertian dan sifat Kepramukaan di atas, kegiatan tersebut memiliki fungsi sebagai berikut :

Kegiatan yang menarik bagi anak atau pemuda

Kegiatan menarik yang dimaksudkan disini adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengandung ilmu atau pendidikan. Karena hal tersebut permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, sehingga kegiatan tersebuat bukan hanya sekedar main-main yang hanya bersifat hiburan saja

Pengabdian bagi orang dewasa

Bagi orang dewasa bukan lagi permainan melainkan suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang Dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi

Alat bagi masyarakat dan organisasi

Bagi masyarakat kegiatan kepramukaan dapat digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Begitu pula bagi organisasi dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi. Jadi kegiatan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam kegiatan tersebut itu sekedar alat saja, bukan berupa tujuan pendidikannya.

Semoga bermanfaat ^_^

Editor: Abdul Jalil

3 Comments on “Kepramukaan: Pengertian, Sifat dan Fungsinya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.