Beberapa Manfaat Mengikuti Pramuka Undip

Update Terakhir: 19 Oktober 2021 oleh Abdul Jalil

Universitas Diponegoro atau Undip adalah perguruan tinggi negeri yang memiliki organisasi Pramuka Pandega di Kota Semarang. Yang mana Pramuka adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Undip yang memiliki berbagai macam kegiatan yang menarik. Selain itu ketika mengikuti Pramuka kita akan merasakan berbagai macam manfaat. Baik untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Contohnya lebih menghargai waktu, percaya diri, dan mampu bersoasialisasi dengan baik pada lingkungan sekitar kita.

Pramuka yang ada pada perguruan tinggi merupakan Pramuka dengan tingkatan Pandega. Pada tingkatan Pandega kita akan mengenal kegiatan Pramuka yang lebih kompleks. Mulai dari mengembangkan berbagai macam kecerdasan dan mengenal sistematika keorganisasian.

Maksud dan Tujuan Menuliskan Manfaat Mengikuti Pramuka

Jika menguraikan manfaat mengikuti Pramuka secara mendalam pada artikel ini mungkin terlalu sok tau. Apalagi hanya berdasarkan satu sudut pandang penulis. Untuk manfaat tentunya setiap orang akan merasakan berbeda – beda. Itu semua tergantung dari kepentingan setiap individu.

Uraian manfaat Pramuka berikut ini akan sedikit menggambarkannya secara umum. Umum dalam artian setiap anggota Pramuka Pandega perguruan tinggi memperoleh manfaat yang kemungkinannya merasakan hal yang sama.

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan rekomendasi bagi Anda mahasiswa baru Undip. Mahasiswa yang masih sangat segar dan haus akan ilmu dan pengalaman. Mengembangkan akal budi untuk menyusun pemikiran yang rasional dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Manfaat Mengikuti Pramuka

Berikut ini akan kami uraikan ragam manfaat bagi Anda yang sedang mencari pengalaman dalam sebuah organisasi. Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Undip mungkin dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Serta sesuai dengan kebutuhan Anda pada masa depan. Yuk simak uraian singkat berikut ini.

manfaat mengikuti pramuka pandega kegiatan undip kota semarang
Anggota Pramuka Pandega Undip

1. Relasi Pertemanan Yang Luas

Menjadi bagian dari Undip mungkin salah satu hal luar biasa bagi kita. Bagaimana tidak Undip adalah salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia dengan nama besar. Mempunyai jejaring alumni yang luas dan ternama.

Teman – teman satu jurusan Anda pun pastinya dari berbagai daerah. Yang pastinya pada suatu saat Anda akan membutuhkan bantuan teman. Apalagi jika Anda sering bepergian dengan biaya seminimal mungkin.

Nah jika masuk ke dalam bagian Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Undip Anda akan menerima manfaat yang lebih. Anda akan banyak mengenal teman – teman Pramuka dari kampus tetangga atau daerah lainnya.

Apalagi Pramuka Undip dan tiga perguruan tinggi lainnya seperti ITS, UNAIR dan UGM. Mengadakan kegiatan rutin tahunan yang bernama Latihan Gabungan 4 Perguruan Tinggi (Latgab).

Selain itu setiap Pramuka Pandega Kota Semarang hingga luar daerah Semarang sering mengadakan acara Milad. Acara Milad sering mengundang Pramuka perguruan tinggi di sekitarnya.

Yang pastinya Anda akan menemukan banyak teman baru dari berbagai perguruan tinggi lainnya bukan.

Baca Juga:

2. Mengembangkan Kecerdasan

Untuk manfaat yang kedua ketika mengikuti Pramuka berlandaskan pada tujuan pendidikan kepramukaan. Khususnya pada kegiatan kepramukaan perguruan tinggi yang tertuang pada pasal 21 UU RI Nomor 12 tahun 2010.

Pada peraturan tertuliskan kegiatan Pramuka Pandega mengacu pada pengembangan kecerdasan anggota. Adapun pengembangan kecerdasan yang termaksud adalah spiritual, intelektual, emosional, sosial, dan kinestetik.

Spiritual

Merupakan kecerdasan jiwa yang mengintegrasikan banyak fragmen kehidupan, aktivitas, dan keberadaannya.

Pengembangan kecerdasan spiritual saat mengikuti Pramuka maka akan memperoleh beberapa manfaat berikut ini:

  • Mengenal dan memiliki kesadaran tujuan hidup
  • Menghargai perbedaan
  • Memiliki sifat responsif terhadap kehidupan

Emosional

Pengembangan kecerdasan untuk melatih diri dalam mengelola ketamakan dan ketakutan. Contohnya kita akan di latih untuk selalu sabar dan saling mengingatkan.

Intelektual

Seperti halnya kegiatan mahasiswa lainnya. Pada kegiatan Pramuka Undip juga mengembangkan kemampuan anggotanya untuk menggunakan indera dan akal. Dengan tujuan untuk menggunakan pemikiran rasional dalam menyelesaikan permasalahan.

Sosial

Mengembangkan kecerdasan dalam kehidupan bersosial. Mampu dalam dalam memahami cara berinteraksi dengan orang lain. Dengan tingkat kepercayaan diri yang maksimal.

Kinestetik

Bagian terakhir untuk manfaat mengikuti Pramuka adalah melatih kecerdasan kinestetik atau fisik. Tujuannya melatih keterpaduan antara kegiatan fisik yang memadukan pengendalian gerak tubuh, mental dan pikiran.

Pengembangan kecerdasan kinestetik inilah bagian kegiatan yang paling menyenangkan bagi setiap anggotanya. Sebab banyak sekali kegiatan menarik seperti outbond, haiking, halang rintang dan lain sebagainya.

Baca Juga:

3. Memiliki Rumah

Manfaat mengikuti Pramuka Undip yang terakhir adalah memiliki rumah. Memiliki rumah yang kita maksud adalah kantor kesekretariatan yang ada di kampus Peleburan Kota Semarang. Lokasinya sangat strategis sekali karena berada pada pusat Kota Semarang dan markas Kwarda Pramuka Jateng.

Selain itu rumah bagi semua anggota aktif maupun alumni ini selalu terbuka 24 jam. Jadi jika Anda nanti sedang main ke Kota Semarang dapat singgah melepas penat atau berteduh saat hujan.

Sekian uraiang singkat manfaat Pramuka dari kami. Yuk segera bergabung dengan kami di Racana Diponegoro Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Undip.

Baca juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →