Kegiatan Menarik Saat Berkemah Yang Bisa Kamu Coba

Update Terakhir: 15 September 2021 oleh Abdul Jalil

Ada beragam kegiatan menarik saat berkemah yang perlu kamu coba. Pada kesempatan ini saya akan memberikan referensi atau tips untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan berkemah di alam terbuka.

Kegiatan berkemah di alam terbuka memang salah satu yang paling kita tunggu-tunggu pada akhir pekan. Dalam rangka liburan melepas penat lelahnya bekerja setiap hari. Kegiatan berkemah bisa menjadi cara yang tepat untuk mendapat “Quality Time” untuk diri sendiri, bersama teman-teman atau keluarga.

Tentu saja saat agar kegiatan berkemah tidak membosankan, maka kita perlu melakukan sesuatu untuk mengisi kegiatan tersebut. Berikut ini beberapa contoh kegiatan yang bisa kamu coba ketika berkemah.

1. Pesta Api Unggun

sejarah fungsi api unggun perkemahan
Api UnggunFreepik.com

Kegiatan berkemah tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan pesta api unggun atau sekedar membuat api untuk menghangatkan badan saat malam hari tiba. Kegiatan ini paling sering dilakukan oleh orang-orang saat berkemah.

Ketika api unggun menyala kita bisa menyelipkan obrolan, nyanyi, dan tidak lupa sambil makan camilan. Hal ini akan membuat momen bersama orang-orang tersayang menjadi lebih berkesan.

2. Pesta Barbeque

Saat kegiatan berkemah jangan lupa membawa makanan yang cocok untuk pesta barbeque. Usahakan membawa makanan yang memang orang-orang suka dan tidak ada pantangan soal makanan. Tidak lupa juga alat pemanggang untuk menunjang kegiatan tersebut. Jika perut kenyang hati jadi senang dan kebersamaan dengan orang-orang terdekat akan semakin seru.

3. Memancing/Berburu

Memancing – Unsplash.com

Untuk kegiatan yang satu ini sebenarnya lebih ke hobi beberapa orang. Jika kebetulan lokasi perkemahan dekat danau atau sungai. Sangat bisa sekali untuk melakukan aktivitas memancing. Jika dekat dengan hutan bisa juga melakukan berburu. Tentu saja harus mematuhi segala peraturan yang berlaku di lokasi setempat. Agar kegiatan berkemah bisa terus menjadi kegiatan yang positif untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga:

4. Fun Games

kegiatan latihan pramuka siaga
Fun Games – Unsplash.com

Ada begitu banyak permainan seru yang bisa dimainkan secara beramai-ramai contoh seperti: Scavenger Hunt, Human Knot, The Perfect Square, The mine field, dan masih banyak lagi. Tujuan dari kegiatan fun games ini untuk memecah suasana kaku saat berkemah dan bisa juga untuk membangun kerja sama tim agar semakin solid.

5. Menjelajah Alam

Jalan-Jalan – Unsplash.com

Selain melakukan aktivitas di sekitar tenda, tidak ada salahnya setelah sarapan untuk melakukan penjelajahan jarak pendek untuk melihat-lihat lingkungan sekitar. Menghirup udara segar alam sekitar adalah nikmat hidup yang harus kita syukuri.

6. Hunting Foto

hunting foto
Hunting Foto – Unsplash.com

Kegiatan hunting (berburu) foto bisa dilakukan saat menjelajahi alam. Pastinya akan menemukan spot-spot foto yang keren di lokasi penjelajahan. Setelah pulang dari kegiatan pasti akan muncul rasa ingin mengunggahnya ke media sosial untuk mendapatkan respon dari teman/publik. Bisa juga menjadi koleksi pribadi di galeri (foto kenangan/pajangan di dinding)

Itulah beberapa contoh kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berkemah. Semoga contoh-contoh yang sudah saya sebutkan di atas bisa bermanfaat. Terima kasih ^_^

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →