Pramuka Milenial: Pengertian, Peran, dan Tantangannya

Apa yang kalian ketahui tentang Pramuka Milenial ? Seperti yang kita ketahui bersama, Pramuka adalah kepanjangan dari Praja Muda Karana. Untuk kata milenial itu lebih merujuk ke “nama generasi”. Anak-anak yang lahir di zaman teknologi (komputasi dan internet) sedang berkembang dengan pesat, umumnya generasi yang lahir pada pertengahan tahun 90-an.

Di zaman sekarang ini teknologi canggih seperti telepon pintar (Smartphone) dan internet. Telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari generasi milenial termasuk seorang anggota Pramuka.

Sebagai anggota Pramuka wajib hukumnya untuk selalu berinovasi, dan berkreasi tentang kepramukaan yang berkembang di zaman sekarang ini. Tidak lupa selalu memperbarui informasi mengenai perkembangan Kepramukaan yang ada di Indonesia dan dunia.

Pengertian

Pramuka Milenial adalah sebutan untuk peserta didik anggota aktif Pramuka di zaman sekarang ini. Kata “Milenial” diambil dari nama kelompok demografi setelah generasi X. Generasi yang lahir kisaran tahun 80-an, pertengahan 90-an sampai awal 2000-an sebagai tahun terakhir dari kelahiran Milenial.

Hingga saat ini belum ada pengertian yang baku mengenai pengertian Pramuka Milenial itu sendiri. Sebutan Milenial memang sangat cocok untuk anggota aktif yang sedang menempuh pendidikan Kepramukaan di jaman sekarang ini. Hampir sebagian besar anggota Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega) sudah menikmati perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Pramuka dan teknologi menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Setiap anggota tentu harus memiliki peran aktif mengenai perkembangan ilmu kepramukaan dan teknologi, guna menunjang inovasi dan kreativitas pembelajaran.

Bagaimana peran Pramuka di generasi milenial?

pramuka milenial
Anggota Pramuka Jawa Tengah (by: Fajar.co.id)

Setiap anggota aktif Pramuka memiliki peran yang penting terutama untuk pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan sesuai dengan kondisi sekarang ini. Pemanfaatan teknologi yang tepat sesuai perkembangan zaman akan berdampak baik untuk membangun kepribadian kuat yang berkarakter.

Tantangan zaman akan selalu ada dan terus berkembang semakin kompleks. Maka dari itu sebagai anggota aktif Pramuka harus memiliki inovasi dan kreativitas untuk mengembangkan sebuah potensi. Minimal potensi untuk mengembangkan minat dan bakat, hasil akhirnya dapat diaplikasikan ke masyarakat umum.

Peranan lain yang bisa diterapkan untuk setiap anggota Pramuka adalah penerapan nilai-nilai kejujuran. Jika dalam proses pendidikan karakter sudah ditanamkan nilai-nilai kejujuran sejak usia dini (Pramuka Siaga). Maka, generasi milenial tentu akan dikenal sebagai generasi yang jujur dan jauh dari setiap perbuatan yang buruk.

Tantangan apa yang dihadapi Pramuka di era sekarang ini?

generasi milenial
Tantangan generasi milenial (by: Antaranews.com)

Tantangan besar yang dihadapi oleh anggota Pramuka sekarang ini adalah mengenai isu “Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan” (SARA). Bahkan tidak menutup kemungkinan masalah terorisme, narkoba, dan korupsi pun juga dapat menjadi sebuah tantangan serius.

Penguatan pendidikan karakter untuk setiap anggota Pramuka mutlak harus dilakukan guna mencetak generasi milenial yang tangguh dan siap menghadapi tantangan zaman.

Sebagai penutupnya, kita sebagai generasi milenial harus benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Karena nasib masa depan bangsa Indonesia ada di tangan generasi muda. Kita tidak ingin kan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbelakang?

Demikian artikel yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat ^_^

Editor: Abdul Jalil

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.