Pengertian Hiking dan Manfaat Menjaga Kesehatan Tubuh.

Update Terakhir: 5 September 2022 oleh Abdul Jalil

Pengertian hiking itu sendiri adalah kegiatan penjelajahan dengan berjalan kaki di alam terbuka. Umumnya ke arah perbukitan/gunung oleh satu atau beberapa orang. Kegiatan hiking memiliki manfaat menjaga kesehatan tubuh untuk semua kalangan.

Asal mula kata hiking berasal dari kata kerja to hike. Artinya berjalan kaki atau berbaris jauh dengan tujuan mendapatkan kesenangan atau latihan (gerak badan). Jadi, orang yang berjalan kaki menuju suatu tempat bisa juga sedang melakukan hiking.

Namun, tidak semua orang berjalan kaki itu sedang hiking. Bisa jadi orang yang sedang berjalan kaki itu mungkin dalam keadaan terpaksa atau tidak memiliki alat transportasi.

Perjalanan di alam terbuka bukan berarti berjalan dan membuang banyak tenaga. Namun perlu kita ketahui bahwa akan selalu ada pelajaran atau pengalaman seru saat di alam terbuka.  Bagaimana kegiatan hiking bisa memberikan manfaat untuk kita? Berikut ulasan lengkapnya

Baca juga:

Manfaat Hiking di Alam Terbuka

pengertian dan manfaat hiking untuk kesehatan tubuh
Beberapa Orang Sedang Melakukan Kegiatan Hiking – Unsplash

Tubuh Menjadi Sehat

Simple Calculator Lite

Hiking merupakan kegiatan fisik yang menggerakkan semua anggota tubuh. Perjalanan dengan berjalan kaki mengikuti jalur tertentu dapat melatih kekuatan fisik tubuh terutama pada bagian kaki. Selain itu juga dapat melatih pernafasan.

Sebelum melakukan hiking seorang pendaki harus rajin berolahraga untuk melatih fisiknya agar tidak mudah kelelahan saat melakukan kegiatan. Selain itu juga bisa menghindarkan kita dari risiko kram otot.

Meningkatkan Keterampilan Hidup

Seseorang yang melakukan kegiatan hiking harus terampil dalam mengurus diri sendiri dan menjaga orang-orang di sekitarnya. Karena di alam terbuka bisa saja datang fenomena alam yang mengancam maupun serangan binatang liar.

Hal ini mengharuskan setiap orang yang melakukan kegiatan hiking, memiliki ilmu yang cukup sebelum melakukan perjalanan penjelajahannya.

Melalui kegiatan hiking seorang dapat menyimpulkan bahwa keterampilan hidup bukan hanya teori saja. Melainkan harus terus dilatih dan mengaplikasikannya.

Mendapatkan Kebahagiaan

Tujuan kegiatan hiking adalah untuk mendapatkan kebahagiaan. Hiking akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang yang melakukannya. Bahkan kesenangan tersebut tidak bisa kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melatih Ketahanan Mental

Dalam kegiatan hiking, banyak hal yang mungkin menjengkelkan. Namun emosi tersebut akan dengan mudah kita redam selama petualangan. Demi kepentingan bersama ego dan berbagai keluhan bisa kita kurangi.

Ketika kita tidak mampu mengendalikan amarah, kebahagiaan saat mengikuti hiking tidak akan kita dapatkan. Sudah sangat jelas tujuan hiking di poin sebelumnya, bahwa tujuan dari sebuah hiking adalah untuk kebahagiaan.

Baca juga:

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →