Pakaian Seragam Pramuka: Jenis dan Fungsi

pakaian seragam pramuka

Update Terakhir: 5 Juni 2022 oleh Adha Susanto

Seragam Pramuka menjadi ciri khas identitas keanggotaan yang dikenakan pada setiap kegiatan kepramukaan. Karena sebagai identitas pakaian seragam Pramuka berdasarkan bentuk kegiatannya terbagi menjadi empat jenis seragam yakni harian, latihan, khusus, dan upacara. Lalu bagaimana fungsi dan kegunaan keempat jenis seragam tersebut? Simak uraian singkat berikut ini ya.

Secara pengertian seragam Pramuka merupakan busana yang terkenakan oleh anggota dengan bentuk, warna, dan tata cara pemakaiannya telah tertetapkan oleh Kwarnas.

Dan seragam Pramuka seperti yang kita lihat hingga sekarang berwarna coklat muda dan coklat tua. Terpilihnya warna coklat bertujuan untuk mengingatkan kita bahwa pada masa perjuangan kemerdekaan Tahun 1945 – 1949 pejuang mengenakan pakaian berwarna coklat.

Penggunaan seragam pun telah teratur rapi dan lebih kekinian. Sehingga pakaian seragam Pramuka menyesuaikan dengan jenis kelamin, perkembangan jasmani dan rohani.

Serta menyesuaikan dengan bentuk kegiatan kepramukaan yang terlaksanakan dan menyesuaikan dengan keadaan lapangan.

Dengan catatan tetap mematuhi sebagaimana yang tertuang dalam aturan tata cara pemakaiannya. Pakaian Seragam harus dikenakan oleh mereka yang berhak, secara lengkap, rapi, bersih, dan benar sesuai ketentuan yang berlaku. Apalagi sedang melakukan kegiatan pada lingkungan khalayak.

Simple Calculator Lite

Baca Juga:

Berikut jenis seragam Pramuka yang telah tersesuaikan dengan beragamnya bentuk kegiatan kepramukaan.

Pakaian seragam Pramuka harian

Fungsi utama seragam harian adalah untuk menunjang kegiatan harian anggota Pramuka dapat mengenakan jenis seragam harian. Selain itu juga dapat terkenakan pada saat kegiatan upacara Pramuka.

pakaian seragam harian dan upacara
Pakaian seragam harian dan upacara – Pramukadiy

Pakaian seragam upacara

Seragam upacara adalah salah satu jenis pakaian yang peruntukkannya bagi anggota dewasa Gerakan Pramuka khusus. Terutama bagi para andalan dan anggota majelis pembimbing (mabi) pada tingkat Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka.

Penggunaan seragam pun hanya pada saat upacara peringatan hari besar dan penting lainnya seperti:

  1. Hari Nasional dan hari Pramuka
  2. Pelantikan pengurus Kwartir / Mabi
  3. Upacara TNI menggunakan seragam PDU4
  4. Acara resmi luar negeri
  5. Kegiatan resmi lainnya yang terslenggarakan oleh Kwarnas

Seragam latihan

Saat berkegiatan tubuh membutuhkan ruang gerak luas dan pastinya membutuhkan pakaian yang fleksibel dengan beragam fungsi. Seperti untuk menyimpan kompas, tali, dan buku saku maka memerlukan pakaian lapangan yang lengkap dengan kantong atau saku berukuran besar.

pakaian seragam latiha dan tambahan
Pakaian seragam latihan dan tambahan – Pramukadiy

Menggunakan pakaian seragam Pramuka khusus untuk latihan menjadi salah satu kunci agar anggota nyaman melakukan beragam aktivitasnya.

Baca Juga:

Pakaian seragam khusus Pramuka

Jenis pakaian ini penggunaannya hanya secara khusus karena adanya pertimbangan tertentu. Seperti seragam Pramuka muslim dengan lengan panjang dan berkerudung untuk putri yang serba tertutup.

pakaian seragam khusus
Pakaian seragam khusus – Pramukadiy

Baca Juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →