Tanda Jabatan Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak

Update Terakhir: 24 Oktober 2021 oleh Abdul Jalil

Pemimpin dalam setiap regu atau tim dalam Gerakan Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak memiliki tanggungjawab yang besar. Dalam Gerakan Pramuka seorang pemimpin akan mengenakan sebuah penanda atau tanda jabatan yang berbentuk janur. Tanda jabatan akan terpasang sebagai kelengkapan atribut pada seragam Pramuka lengkap.

Maksud dan Tujuan

tanda jabatan pramuka
Ilustrasi anggota Pramuka dan tanda jabatannya – Freepik

Pramuka adalah organisasi kependidikan kepanduan yang bertujuan mengembangkan berbagai macam kecerdasan pada setiap diri anggotanya. Misalnya untuk mampu memimpin diri sendiri dan orang lain dalam bentuk sebuah tim.

Maka seorang pemimpin pun setidaknya memiliki kecerdasan seperti emosional, intelektual, dan sosial. Untuk memberikan pengaruh besar dalam sebuah tim dalam mengambil sebuah keputusan dan tindakan yang tepat.

Pemimpin merupakan seseorang dengan tugas dan tanggung jawab yang besar. Tugas dan tanggung jawabnya membutuhkan pemikiran dan juga tangan kreatif dan inovatif serta terampil. Untuk itu maka seorang pemimpin membutuhkan sebuah motivasi dan gairah yang lebih.

Pada sebuah Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan kita telah mengenal sebuah tanda jabatan bagi seorang pemimpin. Dengan maksud dan tujuan dapat menunjukkan tugas dan tanggung jawab, meningkatkan rasa percaya diri karena bangga menggunakan tanda jabatan. Sehingga dapat meningkatan gairah dan motivasi untuk menghasilkan pemikiran kreatif dari akal budi yang bijak.

Baca Juga:

Tanda Jabatan Pramuka Siaga

Setiap barung pada Pramuka Siaga berjumlah antara 5 – 10 anggota. Dalam satu barungnya terdapat satu pemimpin barung. Tanda jabatan pemimpin barung putra dan putri terbuat dari kain berbentuk “balok”. Tanda balok sebagai tanda jabatan pemimpin barung berwarna hijau tersematkan pada seragam Pramuka lengkapnya,

Pemimpin Barung Utama (Sulung)

tanda jabatan pramuka siaga
Tanda Jabatan Barung Utama

Setiap barung Pramuka Siaga mengusulkan satu anggotanya untuk menjadi pemimpin barung utama atau sulung. Seorang sulung akan mengenakan tanda jabatan berupa tiga balok berwarna hijau.

Pemimpin Barung

Tanda Jabatan Pemimpin Barung

Seorang pemimpin barung akan mengenakan dua balok berwarna hijau sebagai tanda dan juga tanggung jawabnya dalam satu barung.

Wakil Pemimpin Barung

Tanda Jabatan Wakil Pemimpin Barung

Sedangkan seorang wakil barung akan mengenakan satu balok hijau sebagai atribut pada seragam Pramuka.

Baca juga:

Tanda Jabatan Pramuka Penggalang

Anggota Pramuka Penggalang yang berusia 11 – 15 tahun akan membentuk sebuah regu dengan jumlah anggota sebanyak 5 – 10 orang. Selain itu, satu regu anggota akan mengusulkan seorang pemimpin regu. Pemimpin regu atau Pinru beserta wakilnya akan mengenakan tanda jabatan yang berbentuk balok berwarna merah.

Pemimpin Regu Utama (Pratama)

tanda jabatan pramuka penggalang
Tanda Jabatan Pratama

Pinru utama Pramuka Penggalang akan mengenakan tanda jabatan dengan tiga balok merah.

Pemimpin Regu

Tanda Jabatan Pemimpin Regu

Seorang pemimpin regu Pramuka Penggalang dengan tanggung jawab memimpin satu regu akan mengenakan tanda jabatan dengan dua balok merah.

Wakil Pemimpin Regu

Tanda Jabatan Wakil Pemimpin Regu

Untuk membantu tugas dan tanggung jawab seorang Pinru. Maka Pinru memiliki seorang wakil. Wakil pemimpin regu Penggalang akan mengenakan satu balok merah merah pada seragam Pramuka.

Baca juga:

Penegak

Demikian pula dengan Pramuka Penegak. Seorang pemimpin sangga utama atau Pradana, pemimpin sangga dan wakilnya juga mengenakan tanda jabatan balok kuning.

Pradana

tanda jabatan pramuka penegak
Tanda Jabatan Pradana

Menjadi pemimpin dari berbagai sangga dalam Pramuka Penegak akan memiliki tanggung jawab lebih. Karena juga harus memimpin roda keorganisasiannya dalam sebuah Dewan Ambalan.

Untuk memberikan suntikan semangat dan motivasi memimpin sangga dan juga Dewan Ambalan. Pradana mengenakan tanda jabatan Pramuka dengan tiga balok kuning berwarna kuning dan sebuah roda dengan 10 buah gigi.

Pemimpin Sangga

Tanda Jabatan Pemimpin Sangga

Sebagai Pinsa yang memimpin 7 – 10 anggota akan mengenakan tanda jabatan berbentuk dua balok kuning.

Wakil Pemimpin Sangga

Tanda Jabatan Wakil Pemimpin Sangga

Membantu Pinsa dalam menjalankan keorganisasian menjadi salah satu tugasnya wakil. Dalam menjalankan tugasnya seorang wakil Pinsa akan mengenakan tanda jabatan satu balok kuning.

Itulah pembahasan mengenai tanda jabatan di Pramuka golongan Siaga, Penggalang, dan juga Penegak. Semoga bermanfaat ^_^

Baca juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →