7 Tips Mendapatkan Pekerjaan di Masa Pandemi, Anak Pramuka Pasti Bisa !

Halo angkatan korona! Pasti rasanya sangat tidak menyenangkan ketika kamu lulus kuliah dan ingin segera mendapatkan pekerjaan, tetapi berada dalam kondisi sulit ditengah pendemi seperti ini. Seperti kita ketahui, korona memberikan dampak negatif yang sangat besar di beberapa sektor, termasuk sektor bisnis dan ekonomi.

Beberapa perusahaan besar bahkan harus rela menutup usahanya karena memang sudah tidak mampu bertahan dengan keadaan. Akibatnya lowongan pekerjaan menjadi terbatas, dan tentunya kita harus siap bersaing dengan pelamar yang lain jika kita ingin mendapatkan pekerjaan yang layak. Menanggapi hal ini, tentunya kita tidak bisa menyalahkan keadaan terus menerus dan kemudian berputus asa.

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di musim pandemi ini, simak tips dari kami?

Berikut kami berikan beberapa tips mendapatkan pekerjaan di masa pandemi”

tips mendapatkan pekerjaan
Ilustrasi Mencari Pekerjaan oleh Freepik

Bangun Relasi dan Jalin Hubungan Baik


Beri tahu kerabat atau teman dekat bahwa kamu memang dalam kondisi sedang mencari pekerjaan, beri tahu pula kesibukanmu saat ini. Beberapa lowongan pekerjaan mungkin bersifat quick dan personal, yaitu disampaikan ke staff internal perusahaan terlebih dahulu sebelum lowongan tersebut diumumkan di media cetak maupun online. Tentunya akan menjadi nilai tambah jika kamu melamar pekerjaan dari informasi teman dekat, relasi, maupun alumni karena berarti kamu termasuk pelamar yang direkomendasikan.

Manfaatkan Teknologi dalam Mencari Lowongan


Era internet dalam genggaman tangan memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal termasuk melamar pekerjaan. Perusahaan besar biasanya mempunyai halaman khusus yang berisi informasi karir atau informasi lowongan pekerjaan. Kamu bisa langsung berkunjung ke situs resmi perusahaan tersebut.

Kamu juga bisa bergabung di situs-situs penyedia lowongan pekerjaan populer seperti LinkedIn atau Jobstreet. Beberapa lowongan pekerjaan lokal juga biasanya diumumkan di media sosial seperti IG atau komunitas Facebook.

Kamu juga bisa memanfaatkan career center beberapa universitas terkemuka. Dalam situs tersebut selain informasi lowongan pekerjaan biasanya juga ada magang atau internship untuk meningkatkan kualitas kerja freshgraduate, meskipun biasanya ditujukan khusus (gratis) untuk alumni.

Latihan Interview Online, Video/Telepon


Adanya kebijakan pembatasan kontak fisik personal dan berkumpul di tempat umum menjadikan proses melamar dan interview kerja mengalami beberapa trend perubahan. Pengiriman berkas lamaran melalui media email dan interview secara online tentunya harus kamu pelajari dan kemudian kamu kembangkan, terlebih jika kamu adalah pelamar angkatan lama yang trend-nya mengirimkan berkas secara manual dan interview tatap muka langsung.

Bergabung di Komunitas dan Beritahu ke Publik Tentang Diri Anda


Biasanya lowongan pekerjaan di media sosial atau komunitas bersifat lokal, dibutuhkan cepat dan terkadang menawarkan pekerjaan tidak tetap/ paruh waktu. Mengambil pekerjaan sementara/ paruh waktu bisa dijadikan alternatif untukmu yang ingin mendapatkan pengalaman kerja atau sekedar mencari kesibukan sebelum mendapatkan pekerjaan tetap nantinya.

Buatlah akun di situs pencari kerja. Situs lowongan kerja memberikan kemudahan akses melamar, sortir kategori jenis pekerjaan, dan pemberitahuan info lowongan teraktual. Beberapa situs terkadang memberikan informasi personal seperti nominal gaji yang hanya akan terlihat jika kamu mempunyai akun.

Buatlah website portofolio untuk diri kamu sendiri. Membuat website portofolio tentunya juga akan memberi nilai tambah pada diri kamu. Kamu bisa belajar sendiri atau jika kamu ingin tampilan websitemu lebih menarik, kamu dapat membayar jasa profesional.

Manfaatkan Waktu Luang


Isi kesibukanmu dengan hal-hal positif, belajar ilmu baru, ambil pekerjaan paruh waktu, atau bergabunglah di komunitas belajar. Bila memungkinkan ambilah kelas/ kursus meskipun itu berbayar. Hal ini akan meningkatkan nilai tambahmu saat interview atau tambahan nilai pada CV kamu tentunya.

Selalu Update Informasi Terkini


Kemudahan teknologi bisa kamu manfaatkan untuk mencari lowongan pekerjaan populer dan yang banyak dicari. Kamu juga dapat gunakan kemudahan tersebut untuk menambah trend skill atau keterampilan apa saja yang bisa kamu pelajari untuk dijadikan penunjang karir atau nilai tambah. Jangan lupa selalu update informasi terkait kebijakan dan aturan yang harus dijalankan dan ditaati di masa pandemi.

Berwirausaha


Ketika semua jalur dirasa sudah dicoba atau kamu sudah bosan dengan lingkungan kerja yang monoton, berwirausaha bisa dijadikan alternatif. Terkadang berdiam diri sejenak dari kesibukan dunia menjadikan dirimu lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Lihat dan kemudian rasakan, barangkali memang ada potensi yang bisa dikembangkan untuk dijadikan kesibukan.

Baca juga artikel menarik lainya di Pramuka-Ku. Semoga bermanfaat

Editor: Abdul Jalil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.