3+ Tugas Bidang Logistik di Ambalan Pramuka Penegak

tugas dewan ambalan logistik

Update Terakhir: 28 September 2022 oleh Abdul Jalil

Estimasi waktu baca: 3 menit

Setiap ambalan pasti memiliki bidang yang mengelola tata usaha dan perlengkapan rumah tangga atau aset. Yang mana tugas tersebut menjadi tanggung jawab dari bidang logistik yang terkoordinasi dalam struktur Dewan Ambalan penegak. Lalu apa saja tugas lainnya?

Sebelum jauh membahas mengenai tugas – tugasnya. Penyebutan bidang dalam sebuah organisasi kepramukaan menjadi hal yang penting. Sebab dengan sebutan bidang akan lebih cocok dengan cakupan kerjanya yang berada dalam naungan ambalan.

Sedangkan untuk penamaan bidang logistik ini sebenarnya tidaklah baku. Melainkan sesuai dengan kebutuhan setiap Dewan Ambalan. Bisa pula dengan sebutan bidang Sarpras (sarana prasana). Musyawarah Dewan Ambalan menjadi wadah mediasi dalam menentukan penamaan dan tugas – tugas pokok setiap bidang.

tugas dewan ambalan penegak bidang logistik dan struktur tata usaha.
Pramuka SMANSAGO

Baiklah untuk memperdalam mengenai tugas bidang ini yuk simak beberapa tugasnya: 

Baca juga:

Simple Calculator Lite

Tugas Bidang Logistik

Mengelola peralatan rumah tangga ambalan dan tata usaha pada umumnya menjadi tugas bidang ini. Nah berikut beberapa tugas lainnya:

Bertanggung Jawab atas Ketersediaan Perlengkapan Rumah Tangga

Ambalan yang menjadi organisasi kepramukaan dalam sekolah tentunya membutuhkan berbagai macam perlengkapan. Untuk menjamin ketersediaan perlengkapan kegiatan ambalan maka bidang logistik memiliki tanggung jawab penuh.

Bidang logistik melakukan riset kebutuhan perlengkapan rumah tangga ambalan. Hasil riset kemudian menjadi bahan musyawarah dalam rapat kerja ambalan. Yang kemudian untuk menjadi bahan pengadaan aset ambalan ke sekolah.  

Melakukan Inventarisasi dan Perawatan

Segala macam perlengkapan rumah tangga atau aset ambalan setiap tahun harus terdaftar stock opname. Walau tidak untuk menjadi barang yang akan di perdagangkan. Stock opname sangat bermanfaat untuk menyelaraskan catatan pembukuan dan ketersediaannya dalam gudang.

Catatan dan ketersediaan barang perlengkapan ambalan adalah inventariasi yang penting. Maka inventarisasi ini menjadi salah satu tugas berat bidang logistik. Tugasnya ini pun akan berlangsung selama masa baktinya menjadi bagian dari struktur Dewan Ambalan Penegak.

Mengelola Tata Usaha Rumah Tangga

Dalam satu daerah tentu terdapat lebih dari satu sekolah dan ambalan Pramuka. Demikian pula dengan kegiatan Pramuka. Setiap sekolah sudah pasti memiliki jadwal kegiatannya masing – masing.

Maka dengan perbedaan jadwal kegiatan Pramuka sekolah, bidang logistik Dewan Ambalan dapat memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Yakni usaha penyewaan barang seperti peralatan berkemah. Tentu dalam penyewaan ada aturan yang telah tersepakati untuk menjaga barang inventaris.

Oleh sebab itu, tugas untuk mengelola tata usaha rumah tangga menjadi salah satu tugas bidang logistik. Pengelolaan tata usaha ini pun memberikan manfaaat bagi ambalan. Terutama untuk menambah uang kas ambalan.

Tugas Bidang Logistik Bertanggung Jawab Kepada Pradana

Setelah satu tahun kepengurusannya dewan bidang logistik menyampaikan hasil tugasnya. Pemaparan hasil kerjanya sudah pasti ketersediaan aset rumah tangga ambalan dan statusnya. Serta rekomendasi perlengkapan lainnya yang dapat menunjang kegiatan ambalan.

Demikianlah beberapa tugas pentingnya. Untuk lebih spesifiknya setiap ambalan dapat bermusyawarah dalam menentukan poin – poin tugas bidang. Agar sesuai visi misi Pradana dan ambalan.

Baca Juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →