Bumi Perkemahan Adalah: Pengertian dan Contohnya

buperta cibubur

Update Terakhir: 5 September 2022 oleh Abdul Jalil

Salam Pramuka ! Halo kakak-kakak semua, kali ini saya akan membahas satu materi yaitu tentang “Bumi Perkemahan”. Kakak-kakak semua perlu mengetahui bahwa Bumi Perkemahan adalah salah satu tempat pertemuan antara sesama anggota Pramuka pada suatu kegiatan. Di artikel ini juga akan membahas beberapa daftar lokasi perkemahan yang ada di Indonesia.

Bumi Perkemahan memiliki peran penting terhadap berlangsungnya sebuah acara atau kegiatan. Umumnya lokasi perkemahan memiliki luas yang memadai dan cukup untuk menampung ratusan hingga puluhan ribu orang.

Beberapa fasilitas di lokasi perkemahan seperti penerangan, air bersih, dan toilet harus tersedia. Karena hal tersebut untuk menunjang kegiatan agar berjalan dengan baik. Kakak-kakak mungkin pernah mengikuti beberapa kemah pramuka.

Lokasi perkemahan yang umumnya berada di lapangan sepak bola atau lapangan desa saat kegiatan Pesta Siaga atau Jambore Ranting. Karena memang menyesuaikan dengan tersedianya tempat dan jenis kegiatannya.

Namun, pada artikel ini saya akan berbagi informasi seputar tempat yang khusus untuk Bumi Perkemahan. Berikut pembahasannya.

Baca juga:

Simple Calculator Lite

Pengertian

Standar Bumi Perkemahan menurut Peraturan Mentri Pariwisata RI Nomer 24 Tahun 2015 menjelaskan bahwa Bumi Perkemahan adalah tempat di alam terbuka, di mana para pemakai dapat mendirikan perkemahan untuk keperluan bermalam dan melakukan kegiatan sesuai dengan motivasinya.1

Bumi Perkemahan merupakan sebidang lahan yang memenuhi persyaratan mendirikan tenda untuk berteduh atau menyelenggarakan kegiatan berkemah. Melalui perkemahan, kegiatan menikmati alam, serta mengembangkan bakat dan keterampilan.

Kegiatan kegiatan tersebut dikembangkan melalui fungsi konservasi, pendidikan, dan juga pariwisata untuk kawasan lanskap seperti taman nasional.2

Prinsip-prinsip pembangunan Bumi Perkemahan menurut PHPA (1986) untuk memenuhi fungsi konservasi adalah sebagai berikut.

  • Layout Bumi Perkemahan harus seminimal mungkin mengubah alam lingkungan.
  • Penyebaran area tidak terlalu luas agar dapat dikendalikan secara efektif.
  • Pembangunan dan pemanfaatannya tidak akan menimbulkan kerusakan atau menurunkan potensi ekosistem lingkungan.
  • Harus mampu memberikan perlindungan dan keamanan yang cukup terhadap area perkemahan.
  • Mempunyai fasilitas dan akomodasi yang memadai bagi kepuasan pengguna area perkemahan.
  • Mudah untuk mengelolanya tanpa memerlukan biaya tinggi oleh pihak pengelola.

Prinsip-prinsip pembangunan Bumi Perkemahan untuk memenuhi fungsi pendidikan dan pariwisata adalah sebagai berikut :

  • Tanahnya rata, atau sedikit miring dan berumput.
  • Ada pohon pelindung.
  • Ada saluran pengeringan / pembuangan air.
  • Dekat sumber air.
  • Pemandangan menarik.
  • Ada arena petualangan.
  • Terjamin keamanannya.
  • Tidak terlalu dekat dengan kampung dan jalan raya.
  • Tidak terlalu jauh dari pasar, pos kesehatan, pos keamanan dan lain-lain.
  • Harus jauh dari rawa-rawa.
  • Lokasi relatif jauh dari pohon kelapa yang sedang berbuah atau tidak di bawah pohon yang mudah patah/tumbang.
  • Ada sinar matahari.

Baca juga:

Berikut Beberapa Daftar Bumi Perkemahan Yang Ada di Indonesia

beberapa lokasi perkemahan adalah buperta cibubur
Buperta Cibubur

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur (Buperta Cibubur)

Buperta Cibubur dulunya adalah hutan karet yang kemudian berubah fungsi lokasi untuk berkemah. Memilliki lahan seluas 210 hektar yang dapat menampung hingga 20 ribu orang.

Selain itu, bumi perkemahan yang diresmikan tahun 1981 tersebut juga memiliki fasilitas yang lengkap, di antaranya toilet, tempat ibadah, hutan wisata, hingga kolam renang.

Jika kakak-kakak ingin berkemah tapi tidak memiliki tenda, di Buperta Cibubur juga menyediakan penyewaan berbagai ukuran kemah dan peralatan camping lainnya. Buperta Cibubur juga terdapat Sarana Outbound dan kawasan rekreasi wisata air di Danau Situ Baru.

Seulawah Scout Camp

Lokasinya berada di Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh. Memiliki luas area sekitar 120 hektar yang cukup untuk menampung ribuan orang. Jika berkunjung ke Kota Banda Aceh dengan menggunakan transportasi darat, gerbang besar Bumi Perkemahan ini sudah terlihat.

Area ini diresmikan oleh mantan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 30 November pada 30 November 2010.

Bumi Perkemahan Sibolangit

Jambore Nasional ke-2 dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang pada tahun 1977 oleh Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Bumi perkemahan ini berlokasi di kaki Gunung Sibayak, yang berjarak sekitar 75 km dari Kota Medan.

Bumi Perkemahan Danau Teluk Gelam

Lokasinya terletak di Ogan Komering Ilir (OKI) yang merupakan tempat pelaksanaan Jambore Nasional Pramuka pada tahun 2011. Lokasi Perkemahan Danau Teluk Gelam memiliki luas 65 hektar ditambah area danau seluas kurang lebih 400 hektar.

lokasi Perkemahan Danau Teluk Gelam diresmikan pada tahun 2011 sebelum berlangsungnya Jambore Nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga:

Bumi Perkemahan Sukamantri

Sekitar 10 km dari pusat Kota Bogor, luas area sekitar 5 hektar yang dijadikan lokasi perkemahan. Awal mulanya, kawasan ini merupakan milik Perum Perhutani. Pembukaan kawasan berkemah dimulai sejak tahun 1980-an.

Kawasan perkemahan Sukamantri dengan ketinggian rata-rata 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Memiliki kontur bukit yang bergelombang dan kawasan hutan yang sangat asri.

Area perkemahan Sukamantri terletak di Kecamatan Ciapus ini mampu menampung sampai sekitar kurang lebih 30 tenda dan saat malam hari menampilkan pemandangan indah kelap-kelip lampu di Kota Bogor.

Bumi Perkemahan Cikole

Merupakan salah satu daftar lokasi perkemahan untuk kegiatan Pramuka dan kegiatan outdoor lainnya. Lokasinya relatif dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu, Bandung. Terdapat sebuah bumi perkemahan yang berjarak 30 kilometer dari Kota Bandung. Lokasi perkemahan tersebut dikelola oleh Perum Perhutani memiliki luas 10 hektar.

Selain itu, beberapa kompleks perkemahan masing-masing mampu menampung sekitar 50 tenda kemah. Awal mula daerah ini merupakan hutan produksi pinus, tidak mengherankan jika pohon pinus tersebar di seluruh area perkemahan Cikole yang memiliki ketinggian 1300 mdpl.


Bumi Perkemahan Blahkiuh

Sekitar 19 km dari Kota Denpasar terdapat sebuah area perkemahan unik. Bumi Perkemahan Blahkiuh dulunya merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan Mengwi. Lokasinya terletak di desa Blahkiuh, kecamatan Abiansemal, kabupaten Badung.

Jika berada di tengah area ini, terdapat sebuah kolam dan pancuran pemandian kuno. Suasana yang tenang, udara yang segar dan juga sejuk sejuk. Membuat perkemahan akan semakin asyik.

Selain itu, lokasinya yang dekat dengan objek wisata Taman Ayun dan Sangeh, membuat Blahkiuh jadi tujuan alternatif wisata di pulau Bali. Di sini juga terdapat sumber air alam yang airnya mengalir ke pancuran pemandian kuno dengan ukiran khas Bali.

Wana Wisata Baturraden

Di daftar terakhir lokasi perkemahan terdapat “Wana Wisata Baturaden”.Pada tahun 2001 menjadi tempat pelaksanaan Jambore Nasional Pramuka ke-7.

Hawa sejuk dari Gunung Slamet, gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa, langsung terasa dalam perjalanan menuju kawasan wisata yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini.

Dari ketinggian 670 mdpl, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, dan pantai di Cilacap yang terlihat di kejauhan.

Wana Wisata ini juga menyediakan area perkemahan yang berjarak 2 kilometer dari kawasan wisata Baturaden.

Demikian pembahasan mengenai pengertian bumi perkemahan dan juga beberapa daftar lokasi perkemahan yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kakak-kaka semua.

Referensi:

  1. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  2. IPB Repository
  3. Wikipedia Bahasa Indonesia
  4. Triptrus

About Abdul Jalil

Pandega "Anguilla Rostrata" di Racana Diponegoro

View all posts by Abdul Jalil →