Pramuka Penegak dan Kegiatannya

Update Terakhir: 26 September 2021 oleh Abdul Jalil

Pramuka penegak adalah tingkatan pendidikan kepramukaan yang terhimpun dalam sebuah ambalan yang terdiri dari berbagai sangga. Pendidikan kepramukaan pada kegiatan sehari – harinya anggota Pramuka berpedoman pada kode kehormatan yang berlaku.

Pramuka yang beranggotakan peserta didik aktif tingkat sekolah menengah lanjut ini memiliki berbagai macam kegiatan menarik. Apalagi kegiatannya sesuai dengan yang telah terprogramkan oleh satuan kwartir setempat.

Untuk lebih jelasnya mengenai kegiatan kepramukaan penegak, yuk kita simak ulasan singkat berikut ini.

Pramuka Penegak

Setiap sekolah menengah lanjut atas atau sederajat memiliki sebuah gugus depan. Tujuannya untuk melatih peserta didik agar lebih terampil dan membentuk kepribadian yang baik. Anggota pelajar aktifnya berusia 16 – 19 tahun adalah seorang anggota Pramuka dengan tingkatan penegak.

Pada kegiatan kepramukaannya anggota penegak terhimpun dalam sebuah ambalan. Ambalan menjadi sebuah organisasi satuan gerak untuk golongan penegak yang menghimpun sangga.

Sedangkan sangga adalah kelompok kecil anggota penegak dalam sebuah ambalan yang beranggotakan 7 – 10 orang. Sebutan untuk pemimpin sangga adalah akronimnya yaitu seorang PINSA.

Pemimpin dari sangga – sangga Pramuka penegak adalah seorang pradana. Pradana terpilih berdasarkan hasil diskusi atau musyawarah anggota penegak sebuah ambalan.

Pradana dalam sebuah ambalan terdiri dari pradana putra dan putri. Pada pelaksanaan tugas seorang pradana. Pradana didampingi juru adat, krani, juru uang dan lain – lain.

Untuk nama gugus depan penegak berasal dari nama – nama pahlawan nasional. Contohnya Gugus Depan Ki Hajar Dewantara dan Cut Meutia. Nama pahlawan nasional Ki Hajar Dewantara peruntukannya untuk penegak putra. Sedangkan Cut Meutia untuk untuk penegak putri.

Kode kehormatan Pramuka

Pada pelaksanaannya dalam kegiatan sehari – hari seorang anggota Penegak memiliki kode kehormatan yang sama dengan Pramuka penggalang dan pandega. Kode kehormatannya adalah sebuah janji Tri Satya dan 10 poin Dasa Dharma.

kegiatan pramuka tingkatan penegak sangga dan kode kehormatan adalah
Kegiatan Pramuka PenegakAdha Susanto

Baca juga

Tingkatan Pramuka penegak

Penegak terdiri dari dua tingkatan yaitu, bantara dan laksana. Kedua tingkatannya memiliki perbedaan yang berdasarkan peranannya di ambalan dan masyarakat. Berikut uraian singkat perbedaan kedua tingkatan penegak yang bersumber dari point Syarat Kecakapan Umum (SKU).

Bantara

Tingkatan pertama yang harus tertempuh anggota didik. Tingkatan penegak bantara merupakan pelajar yang duduk pada sekolah menengah tingkat lanjut atas kelas 10 menuju 11.

Perannya dalam ambalan adalah sebagai anggota aktif yang mengikuti setiap pertemuan dan kegiatan. Contohnya mengikuti musyawarah rutin ambalan setiap bulannya.

Demikian pula pada kegiatan masyarakat setempat anggota Pramuka penegak bantara dapat berpartisipasi secara aktif. Contohnya mengikuti secara aktif dalam kegiatan rutin gotong royong tingkat RT, RW, atau Desa.

Laksana

Laksana menjadi tingkatan tertinggi bagi peserta didik yang duduk pada sekolah menengah tingkat lanjut. Seorang anggota laksana lebih memiliki peran aktif. Salah satunya mampu memimpin ambalan dan lingkungan masyarakat.

Contohnya mampu memimpin ambalan sebagai pradana yang didampingi oleh pembina. Sedangkan dalam masyarakat yakni dapat memimpin kegiatan gotong royong yang terselenggarakan secara rutin.

Kegiatan Penegak

Tujuan dari pendidikan kepramukaan tingkat penegak adalah membentuk kepribadian dan keterampilan. Dapat ikut serta membangun masyarakat melalui kegiatan belajar, melakukan, bekerja kelompok, berkompetisi dan bakti kepada masyarakat.

Baca juga:

Berbagai macam kegiatan yang ada pada tingkatan penegak terangkum dalam poin – poin SKU. Serta terprogram dalam sebuah musyawarah – musyawarah rutin ambalan dan musppanitra.

Musyawarah menjadi kegiatan yang bertujuan untuk menampung berbagai macam aspirasi anggota pramuka penegak. Khususnya merancang kegiatan – kegiatan baktinya kepada masyarakat setempat. Serta program kependidikan lainnya.

About Adha Susanto

Pandega Bala Shark Racana Diponegoro Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →