Macam Sumber Air Minum Ketika Survival

macam macam sumber air minum

Update Terakhir: 23 Juli 2022 oleh Abdul Jalil

Manfaat air bagi tubuh sangatlah besar, karena tanpa air kita hanya mampu hidup selama 3 – 5 hari saja. Lalu bagaimana cara mendapatkan sumber air dengan ciri layak konsumsi saat sedang dalam keadaan kritis atau survival? Berikut berbagai macam sumber air yang dapat kita minum langsung ketika dalam keadaan sulit di hutan.

Selama sedang dalam masa sulit dan berusaha untuk keluar, maka membutuhkan perjuangan untuk dapat tetap hidup. Salah satunya berusaha untuk mendapatkan air minum yang sangat penting dan mutlak untuk tubuh kita.

Namun, air yang kita dapatkan pun bukan hanya sekedar zat cair semata. Tapi air yang benar – benar sesuai ciri layak konsumsi. Seperti untuk tidak minum air laut.

Oleh karena itu, mengenal ciri air layak konsumsi atau minum dari berbagai macam sumber menjadi pengetahuan penting dalam survival.

Baca Juga:

Adapun beberapa ciri air minum yang baik untuk tubuh kita ketika sedang survival adalah sebagai berikut:

Simple Calculator Lite
  1. Tidak berbau menyengat
  2. Bersih dan berwarna bening
  3. Tidak berasa aneh dan asam
  4. Air tidak terasa lengket

Untuk mendapatkan air yang layak minum ketika survival di alam bebas. Maka memanfaatkan alam yang terdiri dari berbagai macam tumbuhan, mata air, sungai pun menjadi salah satu jalannya.

Macam Sumber Air Minum

Memanfaatkan variasi alam menjadi salah satu cara untuk keluar dari keadaan kritis. Salah satunya ketika sulit untuk mendapatkan air minum.

Maka pengetahuan kita akan ciri ketersediaan air minum pada alam menjadi sangat penting. Adapun cara untuk mendapatkan sumber air minum yang umum kita jumpai berasal dari sungai yang mengalir dan mata air.

Dan berikut beberapa sumber air lainnya yang dapat kita temui ketika survival di hutan atau alam bebas.

Air Hujan

Hujan merupakan bagian dari siklus air di bumi. Memanfaatkan air hujan sebagai air konsumsi pun memiliki manfaat penting bagi tubuh kita. Karena air hujan termasuk salah satu sumber air layak konsumsi. Dan untuk tidak lupa memasaknya terlebih dahulu agar lebih aman.

Untuk memanfaatkan air hujan sebagai air minum, maka kita perlu cara untuk mengumpulkannya. Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk mengumpulkan air hujan adalah dengan memanfaatkan wadah penampung. Atau membuat lubang tanah yang kemudian kita lapisi dengan plastik atau bahan lainnya yang kedap air.

Embun

Ketika sedang berada pada daerah yang beriklim ekstrim dimana yang siang harinya sangat panas, sedangkan malam hari sangat dingin. Maka kita dapat memanfaatkan variasi alam ini sebagai salah satu sumber air konsumsi yang berasal dari embun.

ciri air minum layak konsumsi dan manfaat bagi tubuh
Embun Sumber Air Minum – Unsplash

Untuk menampung embun sebagai air minum, maka kita memerlukan kain, busa, platik, dan bahan lain yang kedap air.

Baca Juga:

Sumber Air Dari Yang Tertampung Tumbuhan

Alam yang terdiri dari berbagai macam jenis tumbuhan menyimpan dan menampun air untuk kehidupan dia sendiri dan manusia. Seperti yang ada pada beberapa jenis tumbuhan berikut ini.

Tumbuhan dan atau lumut

Proses respirasi yang terjadi pada berbagai macam tumbuhan pun dapat kita manfaatkan sebagai sumber air minum.

Cara untuk mendapatkan air dari proses respirasi tumbuhan ini terbilang cukup mudah. Yaitu selubungkan sebuah ranting dan daun dengan sebuah kanton plastik yang ujungnya terikat. Air akan mengumpul melalui penguapan sebagai salah satu siklus hidrologi.

Sedangkan sumber air yang berasal dari lumut. Kita dapat memperolehnya dengan cara menyerap langsung dari lumut dengan bahan yang mudah menyerap air seperti kain.

Tanaman Rambat

Ketika sedang tersesat di dalam hutan hujan tropis. Maka salah satu sumber air minum yang dapat kita manfaatkan berasal dari salah satu macam tumbuhan rambat yakni rotan.

Air yang terdapat di dalam rotan ini dapat kita minum dengan cara memotong salah satu ujungnya dengan senjata tajam. Kemudian air yang menetes keluar dari rongga rotan itulah yang dapat langsung kita minum.

Baca Juga:

Air Pada Daun Lebar

Hutan yang terdiri dari berbagai jens tumbuhan sangatlah bermanfaat bagi kehidupan kita. Salah satunya sebagai wadah untuk menampung air embun dan hujan. Seperti pada ruas bambu, kantong semar, dan daun yang berbentuk mangkok.

Buah Kelapa

Sumber air minum yang sangat nikmat dan sangat baik bagi tubuh kita ketika kita dapat menemukannya di hutan.

Demikianlah beberapa cara untuk mendapatkan air minum layak konsumsi yang memiliki manfaat bagi tubuh kita.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →