Alasan Harus Memasak: TKK Juru Masak

syarat tkk juru masak

Update Terakhir: 17 Agustus 2022 oleh Abdul Jalil

Mungkin salah satu alasan kenapa orang hobi berkemah adalah karena dia gemar memasak di alam terbuka dan membuatnya harus berkreasi. Demikian pula seorang anggota Pramuka yang hobi dan harus berjuang bagaimana cara memenuhi syarat dan mendapatkan TKK Juru Masak. Lalu apa sajakah alasan dan manfaat menarik lainnya selain untuk mendapatkan TKK memasak.

Ketika lapar kita akan meresponnya dengan makan. Makanan yang kita makan melewati suatu proses yang biasa kita sebut di masak. Namun, tidak berlaku bagi jenis buah–buahan yang siap makan.

Memasak menjadi serangkaian proses yang kita ketahui bersama memiliki beragam manfaat. Salah satu manfaatnya agar makanan terasa lebih enak.

Tapi tidak semua orang mau dan bahkan menjadikan kegiatan memasak menjadi sebuah hobi. Tentu saja itu semua pilihan masing–masing dan memiliki alasan logis kenapa menolak ketika harus memasak.

Bagi seorang dengan sifat maskulin memasak lekat dengan sifat tradisional seorang feminin. Atau bisa pula karena perempuan atau laki – laki terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Tapi ketika mampu mecoba menumbuhkan sifat feminim seperti memasak banyak juga kok yang menjadi sukses. Contohnya Chef Arnold, Chef Juna, dan lain – lain. Mereka pun di gemari banyak lawan jenis tapi yang terutama di cintai istrinya.

Simple Calculator Lite

Dalam kegiatan perkemahan Pramuka memasak memiliki manfaat penting yakni melatih anak – anak agar belajar hidup mandiri.

Baca juga:

Syarat TKK Pramuka Juru Masak

Untuk meningkatkan semangat dan hasrat dalam diri anggota agar mau belajar memasak. Maka kegiatan ini termasuk dalam Tanda Kecakapan Khusus (TKK) juru masak dan untuk mendapatkannya harus memenuhi beberapa syarat.

Syarat untuk mendapatkan TKK juru masak pun terbilang cukup mudah seperti:

  1. Mampu memilih bahan makanan bergizi
  2. Bisa menyiapkan minuman seperti teh hangat
  3. Memasak jenis lauk kering dan basak
  4. Dapat memasak salah satu menu sayur seperti tumis kangkung

Dan umumnya cara peserta didik untuk mendapatkan TKK masak melalui kegiatan perkemahan yang terselenggarakan secara rutin.

Anggota Pramuka putra dan putri umumnya sangat hobi dengan kegiatan memasak. Apalagi saat berkemah dengan berbagai alasan kenapa dia harus bisa masak.

manfaat memasak
Ikan Siap Dibakar

Salah satunya untuk menunjukkan kepada seseorang bahwa dirinya bisa diandalkan dan cakap dalam hal urusan memasak.

Baca Juga:

Alasan Harus Memasak

Tidak hanya berlaku bagi seorang anggota Pramuka yang sedang kemah. Tetapi memasak menjadi keterampilan dasar yang penting bagi setiap orang.

Karena ada beberapa alasan dan manfaat menarik mengapa memasak menjadi keterampilan penting dalam hidup kita.

Minimalnya keterampilan memasak yang kita miliki bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri dan keluarga. Walau hanya memasak telur ceplok, nasi goreng, dan tumis kacang panjang.

Basic Life Skill

Alasan satu ini sangat logis dan bermakna dalam. Sejatinya memasak bukan hanya lekat sebagai sifat tradisional seorang feminin. Tapi memasak adalah keterampilan dasar yang harus kita punyai tanpa memandang sifat tradisional seorang maskulin dan feminin.

Manfaat utama memasak sebagai basic life skill adalah keterampilan yang bisa menyambung hidup. Terutama saat sedang keadaan kepepet karena istri sedang sakit, kita bisa menyelamatkan istri agar dapat menyambung hidup.

Mungkin contohnya terkesan berlebihan tapi kenyataannya ketika Anda tak punya siapa pun untuk diandalkan. Maka diri sendirilah yang bisa menyelematkan.

Mempererat Hubungan

Aktivitas ini pun terbilang menyenangkan apalagi bisa di lakukan bersama keluarga dan teman. Baik dalam rumah dan di alam terbuka ketika berkemah atau bertamasya.

alasan harus hobi memasak
Kegiatan Memasak – Unsplash

Dengan memasak kita bisa menaikkan gairah untuk meningkatkan hubungan sebagai anggota keluarga atau teman tercinta. Karena memasak dapat menciptakan momen baru yang menyenangkan dan membuat ketagihan untuk melakukannya lagi di lain waktu.

Menurunkan Stress

Alasan ini sering terjumpai pada individu yang sedang dalam tekanan pekerjaan, dan memasak adalah hal yang harus dia lakukan. Agar dia dapat melupakan sejenak pekerjaan dan merefresh pemikirannya agar lebih kreatif dan produktif ke esokan harinya.

Sehingga dapat kita katakan memasak memiliki manfaat untuk menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh pemicu stress. Memasak pun dapat menjadi pilihan sebagai kegiatan rutinitas hingga hobi untuk menurunkan kadar hormon pemicu stress.

Baca Juga:

Melatih Kreativitas

Pemikiran yang tenang karena terbebas dari berbagai beban dapat membuat kita berhasrat untuk melakukan banyak kegiatan bermanfaat. Salah satunya memasak yang dapat memacu pemikiran lebih kreatif untuk memilih bahan, menyiapkan tempat, dan menyajikannya.

Semua proses dalam memasak khususnya saat berkemah bersama keluarga dan teman. Memasak di alam terbuka membutuhkan kreativitas agar menghasilkan masakan yang enak dan menyenangkan.

Demikian beberapa alasan kenapa kita harus bisa memasak bahan makanan walau sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →