Pramuka Jarang Mandi Kok Bisa?

alasan pramuka jarang mandi saat berkemah

Update Terakhir: 12 September 2022 oleh Abdul Jalil

Bagi seorang cowok ada banyak alasan yang membenarkan kenapa jarang mandi saat berkemah Pramuka. Namun, kali ini kita tidak sedang menambahkan alasan lain dan membenarkan jarang mandi di perkemahan. Karena yang kita tahu mandi pagi dan sore hari dengan air dingin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bagi sebagian orang berkemah merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Bahkan berkemah menjadi satu dari berbagai agenda wisata yang menarik untuk bersama keluarga dan sahabat.

Demikian pula kegiatan perkemahan bagi anggota Pramuka. Walau pun sudah tahu apa saja agenda yang akan terjadwalkan dalam perkemahan. Namun, itu bukanlah beban, karena yang terpikirkan berkemah adalah moment terbaik yang paling mengesankan untuk di kenang.

Alasan Kenapa Berkemah Jarang Mandi

Karena berkemah Pramuka adalah momen yang begitu mengesankan rerata anak cowok pun membenarkan mandi adalah hal yang tidak perlu. Bahkan ada sejuta alasan yang mereka buat – buat untuk membenarkan bahwa mandi itu hanya untuk yang merasa kotor.

Walau ada satu alasan yang mungkin bisa dibenarkan, yakni fasilitas MCK yang ada dalam bumi perkemahan kadang tidak berfungsi. Bahkan jauh dari sumber air seperti sungai dengan air bersih yang senantiasa mengalir dengan deras. Sehingga alasan yang membenarkan untuk malas membersihkan tubuh pun makin menjadi.

Karena tidak mandi selama satu sampai dua hari. Muncullah pernyataan tidak mandi asalkan wangi yang sudah membudaya dalam kegiatan perkemahan.

Simple Calculator Lite

Membawa parfum, deodoran, dan baju ganti yang banyak menjadi perlengkapan utama dalam perkemahan. Agar teman yang disamping dapat merasa nyaman walau jarang mandi.

Kebiasaan hidup bersih dan sehat pun terlupakan sejenak, karena merasa punya senjata ampuh yang banyak di senangi orang. Serta tidak terlalu ribet dan waktu yang lebih cepat karena agenda yang begitu padat.

Padahal bapak Pandu Pramuka Dunia memberikan pesan agar kita anggota Pramuka selalu menjaga kesehatan tubuh dengan cara membersihkan tubuh. Salah satunya dengan mandi. Jika sulit untuk mendapatkan air Baden Powell menyarankan penggunaan handuk basah untuk menggosok tubuh hingga bersih.

Sebab menjaga kulit dan tubuh kita dalam keadaan bersih walau sedang sibuk berkemah dengan cara mandi. Dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita, lho.

Nah, bagi kakak Pramuka yang masih mencari alasan untuk jarang mandi. Simak lebih dalam manfaat mandi bagi kesehatan tubuh berikut ini ya.

Baca Juga:

Manfaat Mandi Pagi dan Sore Hari

Ada berbagai manfaat dari rutinitas hidup sehat dengan mandi sebagai cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Serta menjadi pribadi yang banyak disenangi orang lain, karena selalu bertampilan bersih, menarik, dan tampan/cantik.

Namun, selain untuk menjaga penampilan. Mandi rutin setiap harinya memberikan banyak keuntungan lainnya yang jarang di rasakan kakak Pramuka yang jarang mandi saat berkemah.

manfaat mandi pagi menggunakan air dingin untuk kesehatan tubuh
Manfaat Mandi – Freepik

Melansir dari laman halodoc tiga manfaat mandi secara rutin dapat membuat hidup lebih nyaman dan produktif.

Meningkatkan Energi

Dengan rutin mandi setiap hari saat pagi dan sore hari akan sangat bermanfaat untuk menambah energi dalam tubuh. Karena dengan mandi air yang berasa dingin akan terdeteksi oleh kulit kita. Kemudian kulit pada tubuh kita akan meresponnya dengan “bernapas” karena suplai oksigen dalam kulit meningkat.

Memperbaiki Suasana Hati

Selain untuk membersihkan tubuh, mandi juga membersihkan pikiran dalam otak kita. Jadi kakak Pramuka yang sedang mentok untuk berpikir kreatif ketika berkemah karena jarang mandi. Maka cobalah untuk segera pergi mandi menggunakan air dingin.

Karena dengan mandi secara rutin saat pagi dan sore hari air yang menyentuh tubuh kita dapat menstimulasi titik biru di otak. Titik biru dalam otam kita merupakan sumber noradrenalin; zat kimia organik yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi

Meningkatkan Konsentrasi

Agar tidak gagal fokus karena badan merasa gerah dan tidak nyaman. Mandi air dingin dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu tubuh kita menjadi nyaman dan lebih berkonsentrasi.

Sebab dengan mandi pagi dan sore hari menggunakan air dingin lebih memiliki manfaat yang baik untuk saraf tubuh. Karena saraf menjadi lebih terlatih untuk tahan terhadap stres, meningkatkan fokus, dan menstabilkan emosi.

Baca Juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →