3 Manfaat Pramuka Sebagai Ekskul Wajib

pramuka ekskul pramuka wajib dan penting

Update Terakhir: 21 September 2022 oleh Abdul Jalil

Emang ekskul Pramuka ngapain sih kok harus wajib dan terlihat penting banget gitu? Bahkan kegiatan dari SD sampai SMA terkesan gitu-gitu saja. Padahal ada berbagai manfaat ikut ekskul Pramuka yang penting banget kakak ketahui, lho. Salah satunya bisa membuka pintu rezeki!

Tidak percaya? Hehe

Dari sekian banyak alasan untuk tidak ikut ekskul Pramuka di sekolah. Ada beragam manfaat penting yang hampir kakak lupakan seperti pengetahuan dan momen indah semasa sekolah yang layak kakak dapatkan.

Jadi apa saja yang hampir kakak lupakan jika tidak mengikuti kegiatan Pramuka setingkat sekolah menengah seperti masa SMA?

Kami telah merangkumnya spesial agar kakak tidak melewati pengetahuan dan momen indah itu.

Manfaat Pramuka wajib

Jauh sebelum peraturan Menteri Pendidikan Indonesia mengaturnya sebagai kegiatan ekstrakulikuler wajib. Pramuka menjadi satu – satunya kegiatan yang menciptakan banyak momen indah dan abadi untuk kita kenang.

Tapi kemudian Menteri Pendidikan menyadari bahwa Pramuka bukan kegiatan yang tidak ngapa – ngapain.

Pramuka menjadi wadah pendidikan non formal di luar kurikulum sekolah yang terbukti mampu mebangkitkan semangat siswa. Dengan berpramuka siswa menjadi lebih kreatif, tangguh, berkarakter, berjiwa sosial, dan ceria.

Agar dapat dirasakan oleh seluruh siswa pada setiap tingkat sekolah. Menteri Pendidikan melalui aturan kurikulum 2013 Pramuka mengalami perubahan status dari ekskul pilihan menjadi wajib di sekolah.

Baca Juga:

Meluaskan Ilmu dan Pengetahuan

Bagi kita setiap orang adalah guru. Karena setiap orang yang kita jumpai memiliki ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang tidak kita miliki.

Semakin banyak kita mengikuti kegiatan kepramukaan tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah dan Nasional. Maka akan bertambah pula orang yang kita kenal lengkap dengan pengetahuannya yang layak kita dapatkan.

Entah itu ilmu sosial, sains, keuangan, teknologi, dan filosofi kehidupan. Kedepannya akan berpengaruh pada kehidupan kita yang terdiri dari empat komponen, yakni peristiwa, pikiran, emosi dan tindakan.

Seperti yang telah terajarkan bagaimana cara mengendalikan emosi diri dan filosofi kepanduan Baden Powell untuk para anggota Pramuka.

Baca juga:

Menciptakan Momen Indah Semasa Sekolah

Selain untuk menggapai tujuan pendidikan karakter dan sikap. Ada alasan penting lainnya yang menjadi pertimbangan Menteri Pendidikan dan menempatkan Pramuka sebagai kegiatan ekskul wajib.

Apalagi jika bukan momen indah semasa sekolah. Mereka yang stereotip dengan menilai Pramuka sebagai kegiatan yang tidak ngapa – ngapain atau tidak penting. Tapi tunggu dulu, tidak ngapa – ngapain bareng temen juga mengasikkan, lho. 

Emangnya kakak siap untuk selalu belajar dalam kelas setiap harinya?

Terus lihat temen – temen Pramuka sedang berkemah dan outbond seru di pinggir pantai. Tertawa ceria tanpa beban, esok harinya di sekolah mereka bercerita seru.

Sedangkan kakak hanya menjadi pendengar setia karena tidak punya cerita. Menyedihkan bukan semasa sekolah dari SD – SMA tidak punya momen indah bersama teman?

Kakak tidak mau seperti demikian bukan? Yuk jadikan Pramuka sebagai kegiatan wajib untuk menciptakan momen indah kakak.

Baca juga:

Membuka Pintu Rezeki

Untuk menggambarkan manfaat mengikuti ekskul Pramuka akan kami mulai dari pengalaman berkemah. Pada hari itu kami berkemah dan pada saat makan malam ada kakak alumni yang menghampiri.

Kehadirannya memberikan kehangatan, karena kakak purnacisya membawakan kami sekantong gorengan hangat. Rasanya enak sekali karena kebetulan kami lapar.

Jadi, dari pengalaman itu terbuktikan bahwa Tuhan memang sudah menakarkan rezeki kepada kita. Namun, kita pun masih bisa mendapatkan lebih dari itu. Karena Tuhan tidak pernah pelit atau sombong terhadap hambanya yang mau berjuang untuk mencapainya. Sekalipun mereka yang tidak taat kepada-Nya.

Selain itu pepatah lama “banyak teman banyak rezeki” pun benar. Karena rezeki itu bisa turun dari Tuhan melalui teman kita. Kemudian kita bisa memperolehnya dengan cara bergaul dengannya.

Nah, demikianlah beberapa manfaat penting jika kakak mau mengikuti kegiatan ekskul waijib di sekolah, yakni Gerakan Pramuka.

Baca Juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Universitas Diponegoro dan Racana Diponegoro dengan nama Pandega Bala Shark

View all posts by Adha Susanto →